10 Tips Cara merawat Kamera DSLR agar tetap awet dan bagus

Tips merawat kamera Dslr- perangkat kamera merupakan alat yang cukup rentan dan gampang sekali rusak jika kita tidak mampu untuk merawatnya sehingga kegunaan dan performanya pun akan kian turun seiring umur kamera tersebut, hanya saja jika kita bisa merawatnya dengan baik dan tetap menjaga komponen komponen didalamnya agar tetap berfungsi dengan baik. Namun unutk menjaga semua fungsinya dengan baik Kmaera DSLR membutuhkan perawatan yang tidak boleh asal dan sembarangan, salah salah malah kamera jadi rusak atau lensa tergores dll. Untuk itu kali ini Tim kita sudah menyediakan informasi yang bisa saja bermanfaat untuk anda agar kamera Dlsr anda tetap awet dan berfungsi dengan baik. Simak tips cara merawat kamera Dslr berikut ini.

10 cara merawat kamera Dslr agar tetap awet detikgadget

  • Jauhkan kamera anda dari air, ini jelas sekali karena didalam kamera Dslr anda yang berbentuk digital yang secara otomatis akan rusak jika terkena air langsung, kecuali jika kamera Dslr anda dibalut waterproof case yang dikhususkan untuk memotret didalam air, perhatikan juga kualitas dari waterproof yang akan dipasangkan pada kamera Dslr anda jangan sampai ada bocor atau fog yang mengakibatkan lensa berembun.
  • Cek penggunaan baterai pada Kamera Dslr anda, standarnya baterai pada kamera Dslr berjenis rechargeable berjenis Lithium-ion yang juga memiliki siklus charge yang biasanya hanya maksimal bertahan hingga 500kali charge, selebihnya performa baterai akan menurun. Usahakan untuk menggantinya dengan baterai baru agar performa dan arus supplai daya tetap stabil sehingga komponen elektronik didalamnya tidak terganggu.
  • Jaga kebersihan lensa dengan secara berkala membersihkannya dengan membersihkan lensanya menggunakan cairan khusus, hanya saja untuk membersihkannya anda jangan langsung menyemprotkan cairan langsung kearah lensanya, yaitu dengan menyemprotkannya terlebih dahulu ke lap berbahan microfiber setelah itu anda lap lensa kamera anda dengan lap microfiber tadi perlahan lahan secara menyeluruh.
  • Selalu matikan terlebih dahulu kamera ketika hendak mencabut baterai ataupun Memory card dari dalam kamera terlebih ketika anda menyambungkan/mencolokan kamera Dslr langsung ke laptop/PC untuk bertransfer data. Hal ini bertujuan untuk menjaga komponen didalam kamera agar tetap stabil karena komponen chipset didalamnya sangat rentan terhadap perubahan arus listrik mendadak.
  • Selalu bawa kamera dengan memasukannya kedalam tas khusus untuk kamera sehingga memininmalisir resiko terbentur dan tergores dengan aksesoris kamera lainnya didalam tas.
  • Jangan pernah menyimpan kamera anda didalam mobil untuk waktu yang lama karena suhu didalam mobil yang cenderung tidak stabil sehingga akan menggangu komponen elektronik didalamnya terlebih jika mobil anda sering terkena sinar matahari langsung.
  • Selalu lap kamera dan lensanya setelah digunakan apalagi digunakan didekat laut karena kandungan garam dalam air laut yang bersifat sangat korosif dan mengakibatkan karat pada pada bagian bagian kamera. Maka dari itu usahakan lap semua bagian kamera setelah digunakan memotret di dekat laut dengan lap basah untuk menghilangkan kandungan garam yang menempel pada bagian kamera terlebih pada bagian lensa hingga benar benar bersih dan kering.
  • Pada kamera Dlsr terdapat banyak tombol dan dan screw ataupun komponen yang bisa diputar/diatur secara manual yang bersifat mekanis, nah jika anda kesulitan untuk membuka atau menggunakannya maka anda jangan memaksakan untuk menekan atau memutarnya karena komponen tersebut biasanya sangat rentan dan tipis, berhati hatilah jika memang macet anda bisa tanyakan ke teman atau ahli yang sudah sering berurusan dengan kamera untuk menghindari kerusakan.
  • Ketika mengganti lensa usahakan lakukan dengan hati hati terlebih ketika digunakan diluar ruangan, ini berguna untuk menjaga agar sensor pada kamera tidak kemasukan debu ketika hendak membuka dan mengganti lensa kamera. Jangan sampai terdapat debu pada sensor lensa jika terdapat debu atau apapun itu, gunakanlah blower untuk membersihkannya.
  • Selalu simpan kamera Dlsr anda diruangan yang tidak terpapar sinar matahari langsung. Jika diharuskan simpanlah pada ruangan khusus yang bersih dan tingkat kelembabannya terkontrol atau bila perlu sisipkan beberapa silica gel pada tempat lemari/laci dimana anda menyimpan kamera tersebut.

Bagaimana sudah dipraktekan belum tips tips merawat kamera DSLR diatas sebelumnya? Jika belum segera praktikan agar kamera kesayangan anda tetap awet dan performanya tetap terjaga. Nah demikianlah tips dan informasi sederhana untuk merawat kamera DSLR dengan baik. Semoga tips ini bermanfaat untuk anda, silahkan baca artikel lain mengenai tips n trik smartphone android dan aplikasi edit photo terbaik di website ini.. terima kasih.

 

10 Tips Cara merawat Kamera DSLR agar tetap awet dan bagus | alifajar | 4.5