5 Cara mengatasi Error Sayangnya Whatsapp telah berhenti di android

Tips mudah menghilangkan pesan error  Sayangnya Whatsapp telah berhenti – aplikasi messengger yang juga sangat populer seperti BBM ataupun LINE yakni Whatsapp bahkan dengan basis pengguna yang sangat banyak dan menjadi yang paling populer dan banyak digunakan no.1 di seluruh dunia, bukan tanpa alasan mark Zulkenberg akhirnya mengaukusisi aplikasi ini selain simple dan mudah digunakan fiturnya pun cukup lengkap dengan mangakomodir pengiriman berbagai jenis file seperti Doc. JPG atau file multimedia seperti video. Selain itu aplikasi ini support multi paltform seperti Android, iOS bahkan Java dan registrasinya pun cukup mudah hanya dengan menggunakan no HP tanpa harus membutuhkan E-mail.

mengatasi aplikasi whatsapp error

Setelah semakin banyaknya pengguna whatsapp tentu saja kadang ditemukan kendala ataupun error yang terjadi meskipun sifatnya jarang sekali karena tergantung dari perangkat yang digunakan serta kompatibilitas dengan versi terbaru pada versi Whatsapp tersebut. Namun jika anda pengguna whatsapp dan kadang menemukan error dan muncul pesan pop-up “unfortunatelly Whatsapp has been stopped” atau “sayangnya Whatsapp telah berhenti”  yang jika dirasakan secara langsung biasanya aplikasi akan keluar  mendadak atau close secara otomatis.

SIMAK Juga:

Erro pada aplikasi tersebut bisa saja terjadi karena berbagai sebab, bisa karena memory RAM yang terlalu penuh atau kapasitas internal memory yang sudah full bahkan bisa jadi aplikasi tidak kompatible versinya atau butuh untuk diupgrade dll. Masalah dan kendala tersebut bisa terjadi pada HP android berbagai merk dan tipe mulai dari samsung  hingga evercoss. Indikasi terjadinya error biasanya aplikasi jadi terasa lemot dankinerja HP juga terasa berat. Nah jika anda merasakan hal tersebut pada ponsel android anda dan ingin segera memperbaikinya silahkan baca tips mengatasi error aplikasi whatapps yang error dibawah ini:

cara mengatasi aplikasi yang force closed

Cara ke 1 dengan menghapus file dump dan cache whatsapp

Pada sistem Android, setiap aplikasi yang berjalan akan menghasilkan file cache serta dump files yang tersimpan pada memori ROM serta RAM hp sehingga akan menumpuk pada memory RAM dan memakan kapasitas dan tentu saja kinerja HP akan kian terhamba, maka jangan heran jika ponsel semakin lama semakin lemot. Hal ini bersifat general untuk semua aplikasi yang terinstall pada hp android anda.

Untuk membersihkan sekaligus mengatasi file cache yang menumpuk sehingga whatsapp berjalan dengan sangat lambat bisa dengan menghapusnya secara manual di menu setting pada HP atau dengan aplikasi tambahan, namun jika anda ingin menghapusnya secara manual ikuti langkahnya berikut ini:

Klik menu setting pada HP klik app/aplikasi klik downloaded/unduhan kemudian cari dan klik whatsapp dan klik tombol cleas cache/hapus cache…selesai

Cara ke 2 dengan force Closed atau hapus data aplikasi Whatsapp

Jika cara pertama diatas dirasa kurang mumpuni maka anda wajib mencoba cara berikut ini untuk mengatasi aplikasi whatsapp yang tiba-tiba keluar sendiri. Dengan cara berikut ini aplikasi whatsapp anda akan kembali ringan dan cepat seperti baru pertama kali dipasang di HP, PENTING untuk anda tahu bahwa dengan menghapus data aplikasi whatsapp maka semua history chat ataupun semua yang pernah berkirim pesan gambar via whatsapp akan terhapus kontennya tetapi tenang saja karena kontak teman-teman whatsapp anda masih aman. Oke berikut langkah-langkahnya.

  • Klik menu setting pada HP klik app/aplikasi klik downloaded kemudian cari icon whatsapp dan klik tombol Force close dan hapus data. Selesai

Jika sudah dilakukan silahkan keluar dari menu setting dan masuk ke aplikasi whatsapp dan kemudian masukan no HP yang sama dan log in seperti pertama kali menggunakan whatsapp.

Cara ke 3 dengan mengupgrade versi whatsapp pada HP anda

Cara berikut ini juga termasuk cara yang manjur karena dengan mengupdate versi aplikasi whatsapp maka secara otomatis akan menghilangkan bug pada aplikasi dan juga mengoptimalkan kinerja perangkat android yang anda gunakan. Karena kadang jika aplikasi tidak komptible versinya biasanya akan sering crash dengan sistem android maka jangan heran jika whatsapp yang anda gunakan sering keluar tiba-tiba karena mungkin butuh diupgrade versinya.

Cara ke 4 dengan mengInstall ulang Aplikasi Whatsapp

Nah cara lain yang juga bisa anda lakukan jika beberapa cara diatas masih belum bisa mengatasi permasalah muncul pesan error sayangnya whatsapp telah berhenti maka ada baiknya anda menguninstall aplikasi tersebut dan kemudian menginstallnya kembali setelah itu, cara uninstall yang benar adalah sebagia berikut:

  • Masuk ke menu setting pada HP, klik app/aplikasi klik unduhan/downloaded dan cari aplikasi whatsapp kemudian klik uninstall/copot pemasangan. Tunggu sebentar dan selesai.

Nah setelah aplikasi berhasil di uninstall maka coba anda unduh kembali aplikasinya di google playstore yang tentu saja dengan versi paling baru.

Cara ke 5 dengan restart smartphone copot Micro SD , SIM dan batterai

Jika cara diatas sudah anda lakukan namun belum bisa menghilangkan secara permanent error tersebut maka cara ini juga layak anda coba yakni dengan merestart ponsel anda untuk kemudian mencopoy semua yang terpasang pada ponsel seperti SIM card, ekternal MicroSD bahkan baterai namun jika non-removable maka tak perlu dicopot juga. Setelah dicopot coba untuk dibersihkan dan dipasangkan kembali untuk kemudian HP anda nyalakan.

Tips tambahan untuk mengatasi hal error juga terjadi pada aplikasi lain bisa dengan menginstall aplikasi pembersih tambahan seperti CleanMaster,Ccleaner ataupun antivirus seperti AVG security, Avast dan lakukan pembersihan secara berkala minimal sehari sekali sehingga cache dan dump file tidak menumpuk dan menghalangi kinerja hardware perangkat android anda dan berdampak pada aplikasi yang error

SIMAK Juga:

Nah diata sudah dijelaskan tips dan cara untuk mengatasi error sayangnya whatsapp telah berhenti pada HP android semoga dengan tips dan tutorial diatas bisa membantu mengatasi permasalahan error pada ponsel anda dan semoga bermanfaat… selamat mencoba terima kasiiih.

5 Cara mengatasi Error Sayangnya Whatsapp telah berhenti di android | alifajar | 4.5