5 Tips Jitu meningkatkan kecepatan Smartphone Android yang lelet

Tips meningkatkan kecepatan pada Smartphone Android anda yang lemot – anda pengguna Smartphone berbasis Android? Tentu merasakan perbedaan dari pertama kali anda menggunakannya hingga sekarang terasa kinerjanya semakin lama semakin lelet, tenang saja hal tersebut sebetulnya wajar dan juga bisa diatasi.

tips-jitu-menigkatkan-kecepatan-hp-android-anda

Seiring penggunaannya tentu saja perangkat Android akan semakin lambat dikarenakan menumpuknya cache serta absolete file pada internal memory atau RAM yang penuh karena aplikasi yang terinstall terlalu banyak dan memaksa RAM bekerja penuh sehingga performa smartphone kian lambat terlebih jika hardware yang terpasang di perangkat Android anda tak terlalu istimewa spesifikasinya seperti RAM yang hanya 1GB dan internal memory yang tidak terlalu besar kapasitasnya, sedangkan sekarang ini aplikasi ukurannya semakin besar. Bukan hanya hal itu saja tetapi file yang memenuhi storage internal pun bisa jadi penyebab karena sisa kapasitas memory yang sempit membuat kinerja HP semakin lelet.

Nah pada artikel kali ini Tim kita sudah mengumpulkan beberapa Tips jitu dari situs ternama seperti lifetech dll yang isinya untuk meningkatkan kinerja dan performa Hp android anda yang lelet. Simak ke 5 tipsnya dibawah ini yang langsung dieksekusi pada smartphone anda:

  1. Update Sistem Operasi Android

Dengan mengUpdate sistem operasi yang terpasang pada Smartphone anda, kinerja dan performanya akan semakin lancar dan stabil karena biasanya pada sistem yang di Update tentu saja banyak bug yang sudah diperbaiki serta optimalisasi pada sistem tersebut. Sehingga kinerja hardware yang terpasang pada smartphone tidak terlalu berat dan membuat performa jadi makin lancar dan cepat.

tips-untuk-meningkatkan-kinerja-smartphone-anda-2

Untuk perangkat terbaru besutan awal 2016 mungkin anda bisa mengupdate OS android anda ke versi Android Nougat atau jika anda pengguna perangkat Android lawas anda bisa mengUpdatenya ke versi marsmallow ataupun Lollipop jika memang tak support untuk versi yang lebih tinggi.

  1. Uninstall aplikasi yang jarang dipakai

Setiap aplikasi yang terpasang atau terinstall tentu saja memakan ruang memory penyimpanan dan juga RAM yang semakin sibuk meskipun aplikasi ini tidak digunakan  namun tetap saja membuat RAM jadi semakin sibuk dan mempersempit internal, berdampak pada kinerja yang smartphone yang semakin lemot dan tidak jarang sering Hang dan mati mendadak. Biasanya pada setiap smartphone sudah terpasang aplikasi bawaan atau istilahnya bloatware bawaan dari setiap vendor smartphone yang tentu saja mempersempit ruang penyimpanan bahkan untuk menguninstallnya punterbilang cukup sulit yang hanya bisa dilakukan jika smartphone sudah dalam keadan diRoot.

  1. Nonaktifkan Aplikasi yang jarang digunakan dan tidak perlu

Meskipun saat ini anda tidak sedang membuka atau menjalankan sebuah aplikasi, tapi sebenarnya aplikasi tersebut berjalan dibalik layar atau background pada perangkat Android anda sehingga ketika icon aplikasi dibuka maka aplikasi akan langsung terbuka dan berjalan hal ini tentu saja membebani Hardware smartphone anda terlebih jika anda mengaktifkan GPS atau Sinkronisasi atau fitur-fitur lain yang sebetulnya jarang digunakan, tentu saja hal ini membuat smartphone semakin lelet.

tip-meningkatkan-kecepatan-pada-smartphone-android-anda

Untuk menonaktifkan aplikasi tertentu pada smartphone anda tinggal masuk ke menu pengaturan/ setting pilih app/aplikasi dan pilih app manager kemudian pilih aplikasi yang akan dinonaktikan dan klik disable. Dengan menonaktifkan sebenarnya anda tidak menghapus aplikasi ini dari smartphone anda. jika anda pengguna OS android versi Lollipop anda tinggal menekan tombol Home beberapa detik dan recent app akan muncul kemudian anda klik clode atau geser ke kanan atau ke kiri.

  1. Jangan menggunakan Live Wallpaper atau launcher dengan Animasi bergerak

Biasanya untuk mempercantik tampilan ataupun hanya untuk sekedar coba coba, penggunan smartphone Android menggunakan fitur live wallpaper ataupun menginstall aplikasi yang dapat membuat wallpaper bergerak secara otomatis maupun berganti secara otomatis, hal tersebut wajar saja namun anda harus lihat kondisi spesifikasi pada smartphone yang anda pakai, apakah masih cukup lega atau masih kuat RAM pada HP anda  wallpaper yang bergerak bukan hanya membuat RAM jadi kepenuhan tetapi kinerja GPU juga bekerja lebih alhasil smartphone anda bukan hanya makin lambat tapi juga boros baterai, saran kami adalah dengan tidak menggunakan fitur live wallpaper ataupun menginstall launcher yang penuh dengan animasi bergerak.

Untuk menonaktifkan fitur animasi anda bisa masuk ke pengaturan/ setting pilih developoer option dan tekan pilihan biuld number beberap detik hingga muncul opsi developer option, setelah itu anda pilih window animation scale dan klik animation scale off. Selesai

  1. Update Aplikasi yang terinstall

tips-menignkatkan-kecepatan-pada-smartphone-android-anda-3

Setelah pada poin pertama anda diharuskan mengupdate versi OS pada smartphone anda sekarang anda update juga aplikasi yang terinstall pada HP android anda  dengan mengunjungi playstore dan klik my app anda game kamudian anda pilih beberapa aplikasi yang dirasa penting dan sering digunakan. Dengan mengupdate aplikasi tersebut tentu saja perbaikan kinerja dan perbaikan bugs pada aplikasi yang terpasang membuat kinerja smartphone jadi makin lancar dan ringan. Jangan lupa setelah anda update aplikasi di playstore anda bersihkan juga file atau absolete file dan cache dengan menggunakan aplikasi cleaner ataupun aplikasi pembersih sejenisnya sehingga smarphone anda benar benar bisa optimal kinerjanya.

Nah demikian beberapa tips jitu untuk membantu mempercepat perangkat smartphone Android anda, jika anda memiliki tips yang juga dapat membantu kinerja smartphone menjadi lebih optimal dan lebih cepat, silakan share pada kami. semoga dengan artikel ini bisa membuat kinerja smartphone anda semakin lancar dan anti lelet… Terima kasih selamat mencoba

5 Tips Jitu meningkatkan kecepatan Smartphone Android yang lelet | alifajar | 4.5