7 Cara Untuk Meningkatkan Penerimaan Sinyal WiFi

Tips memperkuat penerimaan sinyal Wifi pada smartphone- Seperti yag kita tahu kebutuhan akan akses internet kali ini sudah menjadi kebutuhan pokok yang tak bisa dihindari karena itu sering kali cukup mengganggu jika akses sinyal wifi yang kita terima di smartphone malah tak cukup untuk terhubung ke internet padahal kecepatan wifi yang terpasang di rumah kita cukup kuat dan kecepatnnya cukup tinggi.

Mensiasati hal tersebut sebetulnya banyak sebab yang menyebabkan penerimaan sinyal wifi pada smartphone kita malah tidak cukup kuat seperti misal dikarenakan sinyal wifi kita digunakan oleh pengguna tanpa ijin sehingga bandwith tak cukup kuat ketika kita gunakan karena  digunakan juga oleh perangkat lain tanpa sepengetahuan kita atau bisa jadi karna faktor lain seperti misal terlalu banyak gangguan pada alat router Wifi dan masih banyak faktor lainnya.

Nah untuk memperkuat sinyal wifi hingga 2 kali lipat dari biasanya sehingga ketika digunakan pada smartphone kita kualitasnya cukup kuat dan bisa sangat cepat ketika digunakan untuk streaming video ataupun download file yang cukup besar, maka pada postingan kali ini kami sudah mempersiapkan beberapa tips sederhana yang bisa anda gunakan untuk meningkatkan sinyal wifi hingga 2 kali lipat, simak tipsnya dibawah ini.

Tips pertama : hindari berdekatan dengan alat elektronik lain

Bukan hanya pemancar dari router lain yang bisa membuat sinyal menjadi lemah, bisa jadi perangkat elektronik pun menyebabkan sinyal yang kita terima di HP android malah jadi lemah seperti dari magicjar yang memancarkan panas sehingga radiasinya bisa membuat sinyal wifi lemah. Untuk mengatasi hal tersebut cukup mudah hanya dengan menjauhkan alat elektronik tersebut dari router yang anda pasang dirumah jika dirasa belum cukup anda bisa menggunakan router dengan koneksi dual-band sehingga koneksinya bisa dipindahkan dengan mudah jika sinyal dirasa cukup lemah.

Tips kedua: gunakan Slot channel yang belum terpakai atau kosong

Jika dilingkungan anda tinggal terdapat banyak yang memasang akses internet terutama wifi bisa jadi router yang terpasang terlebih dalam satu provider telekomunikasi, maka bisa jadi channel yang digunakan terisi penuh untuk wilayah tersebut, maka anda bisa mensettingnya dengan merubahnnya ke channel wifi yang kosong yang penggunanya sedikit sehingga sinyal yang diterima router dirumah anda akan tetap kencang. Untuk mensettingnya anda hanya perlu menginstall aplikasi tambahan InSSIDer dan kemudian anda setting channelnya.

Tips ketiga: rubah password akses wifi secara berkala

Dirumah anda menggunakan paket data unlimited yang terbilang cukup kencang dan tidak banyak yang mengakses internet kecuali anda sendiri, tetap penerimaan sinyal koq tetap saja lemah dan lemot, maka bisa jadi ada yang mengakses koneksi wifi anda secara diam diam sehingga kecepatannya terbagi atau malah cenderung lambat, untuk itu anda harus memperbaharui sistem keamanan pada wifi yang terpasang dirumah anda dengan merubah passwordnya secara rutin dan rubah enkripsinya ke jenis WPA2.

Tips ke empat: mengontrol bandwith

Jika akses wifi yang terpasang ditempat anda digunakan oleh banyak orang secara bersamaan yang secara otomatis sinyal akan terbagi,namun anda tak mau ketika digunakan bersamaan tersebut malah membuat akses yang anda terima malah jadi lambat maka solusinya anda bisa mensetting penggunaan bandwith untuk perangkat lain agar disesuaikan sesuai keinginan anda.

Tips ke lima: memperkuat sinyal wifi dengan menggunakan barang tak terpakai

Jika anda senang dengan sebuah kreatiftias DIY atau (Do it by yourself) maka cara ini bisa anda gunakan dengan memanfaatkan barang bekas tak terpakai seperti kaleng minum alumunium yang bisa dimanfaatkan untuk memperkuat penerimaan sinyal wifi pada router yang anda gunakan. Lihat gambarnya dibawah ini:

Tips ke enam: pasang Wifi Repeater

Perangkat Repeater wifi merupakan sebuah perangkat yang bisa memperkuat penerimaan sinyal wifi karena mekanismenya yakni dengan memancarkan sinyal yang diterima sehingga kualitas sinyalnya akan lebih kuat, perangkat ini cocok jika dirasa sinyal yang anda terima ditempat anda cukup lemah.

Tips ke Tujuh : restart Router secara berkala

Sama halnya dengan perangkat lain seperti HP android, router pun harus direstart untuk mereboot ulang sistem perangkatnya sehingga kondisinya bisa lebih lancar ketika digunakan kembali. Restart perangkat Router secara berkala sehingga kualitas penerimaan sinyal akan kembali meningkat seperti pertama kali digunakan.

Nah itulah 7 cara meningkatkan penerimaan sinyal wifi yang bisa langsung praktekan, hanya dengan tips tips sederhana diatas anda bisa memperbaiki kualiatas sinyal wifi ditempat anda yang tadinya lemah menjadi kembali cepat sehingga aktifitas browsing maupun intenetan anda bisa lebih lancar.

Silahkan dicoba dan terima kasih.

 

7 Cara Untuk Meningkatkan Penerimaan Sinyal WiFi | alifajar | 4.5