Cara Ampuh  jadikan HP Android Sebagai Scanner Canggih.

Tips merubah kamera smartphone menjadi scanner keren – Smartphone Android memang didesain sebagai perangkat canggih yang memiliki beberapa fungsi yang sangat beragam serta fitur-fitur didalam yang memudahkan segala aktifitas penggunanya, terlebih terdapat berbagai aplikasi tambahan untuk memaksimalkan fitur yang terdapat pada smartphone tersebut.

Sebagai pengguna ponsel Android tentu saja anda ingin lebih memaksimalkan penggunaannya bukan, namun tahukan anda bahwa kamera yang terpasang pada bagian belakang body ponsel anda bisa dirubah menjadi sebuag alat pemindai yang canggih dan keren. Mungkin tak banyak yang tahu bahwa sebenarnya kamera HP android anda bisa dijadikan alat scanner yang canggih hanya dengan beberapa langkah-langkah mudah.

menjadikan-kamera-hp-sebagai-scanner

Nah pada artikel kali ini Tim detik sudah merangkumnya untuk anda, yaitu cara menjadikan HP  android menjadi scanner. Sehingga anda tak perlu repot repot membawa alat scanner yang cukup besar untuk memindai sebuah photo atau dokumen, cukup dengan ponsel Android anda dan hasilnya bisa anda lihat dan simpan di galery smartphone.

Namun untuk menjadikan HP android anda sebagai alat scanner tentu saja ada aplikasi tambahan yang harus diinstall terlebih dahulu serta beberapa langkah sederhana yang bisa langsung anda praktekan, oke dari pada anda penasaran mari kita lihat tutorialnya dibawah ini:

  • Hal pertama yang anda lakukan tentu saja mendownload aplikasi Camscanner –Phone PDF yang terdapat di google playstore untuk kemudian diinstall pada ponsel android.

aplikasi-camera-scanner

  • Setelah aplikasi terinstall di smartphone, sekarang coba klik icon aplikasi tersebut untuk kemudian anda sign In atau jika anda tak mau repot, anda bisa mengklik bagian use now untuk langsung menggunakannya.

cara-mengubah-kamera-hp-menjadi-scanner

 

  • Jika sudah masuk biasanya aplikasi sudah bisa langsung dipakai, pertama kali mungkin akan muncul pesan pop up berisi ijin untuk menggunakan fitur camera pada HP anda, anda tinggal Klik “allow” setelah itu coba anda klik icon kamera pada pojok kanan bawah layar HP sehingga fitur scanner bisa langsung anda gunakan.
  • Setelah fitur scanner sudah aktif anda tinggal mengarahkan pada objek yang ingin anda scan, dalam hal ini kita ambil contoh sebuah dokumen sebagai objek yang akan discan.
  • Setelah anda arahkan kamera pada dokumen maka proses pemindaian akan berjalan dan setelah itu anda tinggal mengklik logo centang pada bagian kanan bawah layar.

 

 

camera-scanner

  • Nah jika proses pemindaian sudah selesai maka hasilnya akan bisa langsung anda edit seperti dengan memperjelas hasil scanner ataupun menambahkan opsi lainnya layaknya anda mngedit sebuah photo.

cara-menjadikan-scanner-dari-kamera-hp

 

  • Nah jika hasil scaner sudah selesai diedit, mungkin masih bingung pada format file tersebut biasanya akan muncul pilihan akan dikonversi ke bentuk PDF atau bentuk JPG (image) sebelum anda simpan ataupun andabisa sharing hasil scanner ke social media maupun email.

 

screenshot_2016-10-24-08-50-45

 

  • Anda bisa mengirimkan hasil scanner file dokumen tersebut via messengger seperti BBM ataupun Whatapp ke teman chatting anda.

Cukup sederhana bukan? Anda hanya menggunakan apliaksi tambahan yang bisa didownload secara gratis di google playstore dan bisa menjadikan kamera HP anda sebagai alat scanner canggih tanpa perlu menggunakan scanner yang membutuhkan komputer juga dalam prosesnya. Fitur pada aplikasi camscanner ini tentu saja lebih banyak jika anda menggunakan yang versi premiumnya (berbayar)

Nah demikianlah tutorial mengenai cara menjadikan Ponsel android sebagai scanner dokumen tanpa perlu menggunakan alat scanner. Semoga dengan artikel kali ini bisa memberikan manfaat serta bisa lebih memaksimalkan fitur pada smartphone anda. terima kasiiih.

Cara Ampuh  jadikan HP Android Sebagai Scanner Canggih. | alifajar | 4.5