Cara ampuh mengatasi layar sentuh Smartphone yang Error

Tips memperbaiki Layar HP Android  yang mulai tidak responsif- seperti yang kita ketahui pada smartphone masa kini peran layar bukan hanya sebagai media untuk menampilkan berbagai tampilan dari menu dan fitur yang ada dalam sebuah ponsel pintar tetapi juga sebagai navigasi utama untuk mengoperasikan ponsel tersebut  dan hampir semua  smartphone yang beredar baru-baru ini menggunakan teknologi layar sentuh yang bisa dibilang sangat penting fungsinya dalam penggunaan HP tersebut.

perbaiki layar touchscreen yang error

bukan hanya penting tapi juga sangat krusial tak heran jika beberapa pabrikan menyematkan lapisan antigores guna melindungi layar HP tersebut dari benturan dan kerusakan agar fungsinya tetap terjaga dengan normal. Namun karena sering digunakan secara terus menerus dan juga karena faktor lain seperti kelalaian penggunanya terkadang layar smartphone menjadi error atau tidak sensitif lagi terhadap sentuhan atau bahkan tak jarang malah error.

Untuk menanggapi hal tersebut pada postingan kali ini Tim detikgadget sudah merangkum tips sederhana yang didapat dari web resmi Joy of android yang akan membahas tips mengatasi layar sentuh  HP yang kurang sensitif hanya dengan langkah-langkah sederhana tanpa bantuan aplikasi lain ataupun menggunakan laptop.  Simak selengkapnya dibawah ini:

Tips agar layar HP kembali responsif dan lancar

  1. Kalibrasi Layar HP

Jika tanda tanda layar Hp anda sudah mulai tak nyaman digunakan seperti ketika men tap icon aplikasi yang biasanya langsung masuk dalam sekali sentuhan, kali ini anda harus menekannya agar bisa membuka aplikasi tersebut, itu salah satu petanda layar HP anda mulai error dan anda diharuskan melakukan kalibrasi. Sebetulnya untuk melakukan kalibrasi anda hanya tinggal masuk ke menu setting pada HP android anda dan klik layar kemudian pilih Tab kalibrasi layar, namun pada tiap merk dan tipe HP  kalibrasi layar bisa saja berbeda langkahnya.

tips mengatasi layar HP yang kadang error

  1. Bersihkan cache pada RAM HP

Mungkin ini terdengar tak ada hubungannnya antara layar yang error dan memory RAM yang pebuh tapi tentu saja ini ada efeknya. Jika layar HP anda seringkali macet atau mulai tidak responsif bisa jadi proses pada memori RAM sedang penuh sehingga mengganggu kinerja respon layar ketika anda gunakan untuk sekedar membuka aplikasi. Terlalu banyak membuka aplikasi atau game yang sedang berjalan terlalu memberatkan kinerja RAM tentu saja akan berdampak pada kurang responsifnya layar.

bersihkan-ram-hp

Untuk mengatasinya anda hanya perlu membersihkan cache serta file junk yang tak terpakai yang memenuhi memori dan juga menutup aplikasi yang sedang tidak digunakan yang berjalan dibalik layar. Ada baiknya anda menghibernate aplikasi-aplikasi yang jarang digunakan agar fungsi dari RAM tetap lancar.

  1. Cobalah untuk merestart Smartphone anda

 Dengan mereboot perangkat android yang anda gunakan biasanya sistem akan membersihkan dan merefresh perangkat sehingga performanya akan kembali normal, biasanya cara ini berhasil terlebih jika kendala hanya terasa pada kurang responsifnya layar atau bukan karena layar HP yang rusak. Cobalah untuk merestart HP anda agar performa layar kembali responsif.

  1. Ganti Launcher

Jika anda sudah merestart HP anda dan masih dirasakan kinerja  layar HP anda yang tetap saja kurang sensitif, maka anda patut mencoba tips berikut ini yakni dengan mengganti launcher pada smartphone yang anda gunakan dengan launcher yang lebih ringan sehingga kinerja RAM akan tidak terganggu.

  1. Cek Smartphone ke gerai resmi

Jika beberapa cara diatas sudah anda gunakan namun tetap saja  layar HP anda kurang enak digunakan atau malah sering error atau sering bergerak gerak sendiri bias jadi terdapat kerusakan pada hardware layar sentuh  atau panel touchscreen yang error. Ada baiknya anda coba mengeceknya ke gerai resmi dikota anda dan konsultasikan dengan teknisinya agar permasalahan pada layar ponsel anda segera tuntas.

Pertimbangkanlah untuk mengganti launcher Anda, misalnya dengan memasang Apex Launcher, GO Launcher, atau launcher lain yang menurut Anda menarik.

 

Cara ampuh mengatasi layar sentuh Smartphone yang Error | alifajar | 4.5