Cara hard reset / factory Reset BB Z10 dengan mudah

Cara Hard Reset/Factory Reset BBZ10 – mungkin anda pengguna smartphone berbasis OS blackberry terutama ponsel Blackberry keluaran terbaru dengan tampilan yang mengikuti tren terkini yakni touchscreen karena ponsel Blackberry biasanya identik dengan HP bcerisi tombol fisik Qwerty pada bodynya, nah jika sebelumnya kita sering kali membahas mengenai ponsel berbasis OS Android maka tak ada salahnya jika kali ini kita bahas ponsel pintar asal pabrikan kanada ini yang beberapa waktu lalu merilis smartphone mereka bertajuk Blackberry Z10 dengan tampilan yang minimalis dan berbeda dari seri balcberry yang ada.

Tak mau kalah dengan produsen lain blackberry merilis ponsel pintar BBZ10 ini dengan bekal hardware yang cukup tangguh untuk bersaing di pasaran terutama pasar tanah air yang memiliki basis pengguna Blackberry yang cukup banyak dan setia, alhasil BB Z10 pun diterima dengan baik dipasaran dan cukup banyak penggunanya diindonesia.

Nah dengan pengguna yang cukup banyak tentu saja setiap pengguna memiliki kebiasaan yang berbeda satu sama lain ketika berurusan dengan smartphone mereka selain itu keluhannya pun berbeda beda tapi tetap saja cara yang dilakukan untuk mengatasinya terbilang sama seperti pada BB Z10 ini ketika nge hang atau sering restart sendiri atau bisa juga terdapat aplikasi error biasanya pengguna melakukan proses pembersihan virus atau cache aplikasi atau bahkan proses hard reset atau factory reset jika dirasa sudah terlalu parah error yang dialami.

Mungkin anda sebagai pengguna blackberry Z10 masih kebingungan bagaimana caranya untuk melakukan hardreset/factory reset pada ponsel BB Z10 yang anda gunakan, guna menjawab semua itu pada postingan kali ini kami sudah siapkan informasi bagaimana cara hard rest Bb Z10 dengan mudah dan aman, mari kita simak penjelasannya dibawah ini:

NOTE: Sebelum melakukan hard reset pastikan semua data penting seperti kontak, data aplikasi dan file penting sudah dibackup atau dipindahkan ke media penyimpanan lain seperti memori card atau penyimpanan lain, hal ini dimaksudkan karena pada prosesnya hard reset akan membersihkan atau menghilangkan semua data yang tersimpan dan settingan yang ada pada HP BB Z10 anda jadi lakukan back up sebelum melakukan factory reset.

Cara Melakukan Hard Reset BB Z10

  • Pertama yang harus diperhatikan adalah pastikan ponsel anda dalam keadaan OFF/non-aktif
  • Setelah ponsel BB dalam keadaan mati silahkan anda buka penutup baterai pada belakang bodinya.
  • Jika baterai sudah dilepas maka coba anda tekan tombol power pada bagian atas smartphone BB Z10 selama beberapa detik kemudian lepaskan.
  • Tombol power sudah ditekan dan dilepaskan, tunggu _+ 1menit jika sudah maka saatnya anda pasangkan kembali baterai yang tadi dilepas.
  • Baterai sudah terpasang dan silahkan coba nyalakan kembali dengan menekan tombol power tadi.
  • Jika step diatas sudah dilalui maka biasanya ponsel BB Z10 anda sudah melalui proses hard reset dan ketika kembali menyala maka Blackberry akan kembali normal seperti biasa hanya saja semua akan kembali seperti pertama kali anda membelinya.

Jika cara Hard reset masih belum cukup untuk mengatasi masalah pada ponsel blackberry anda maka tak ada salahnya anda melakukan soft reset pada BB Z10, simak caranya dibawah ini:

Cara Soft Reset  BB Z10 dengan cepat dan aman

  • Pertama pastikan smartphone Blackberry Z10 anda dalam keadaan On dan kondisi baterai terisi sekitar 80%.
  • Oke jika sudah siap maka anda bisa keluarkan keyboard seperti ketika ingin mengetik pesan singkat, nah jika keyboard sudah muncul silahkan tekan tombol “Alt” selama beberapa saat.
  • Cara ini dilakukan untuk anda pengguna smartphone balckberry yang tak dibekali tombol keyboard fisik,jadi anda harus menampilkan keyboard dengan metode seolah-olah akan mengetik pesan.
  • Jika tombol Alt sudah ditekan coba anda tekan kombinasi tombol “Right Shift + Alt + Backspace” secara bersamaan beberapa detik
  • Jika kombinasi ketiga tombol diatas ditekan bersamaan beberapa saat maka ponsel Blackberry akan merestart secara otomatis dan proses soft reset BB Z10 sedang berlangsung.
  • Tunggu hingga ponsel kembali menyala seperti biasa maka ketika ponsel hidup ponsel Blackberry sudah kembali normal dan proses soft reset sudah dilalui.

Jika dua trik diatas masih belum cukup juga mungkin anda ingin melakukan factory reset yakni mengembalikan smartphone ke kondisi pabrikan atau seperti pertama kali anda membelinya. Ingat cara ini akan menghilangkan semua data pada ponsel secara permanent

Cara Factory reset BB Z10 mudah dan aman

  • Cara factory reset ini lebih simple jika dibandingkan 2 trik diatas karena memang pada settingan ponsel terdapat menu untuk melakukannya, oke pertama masuk ke menu option pada home screen HP BB Z10 anda
  • Jika sudah masuk menu Option maka cari dan klik opsi Security setelah diklik akan muncul opsi lain maka anda tinggal pilih “ Security Wipe” nah pada opsi ini anda bisa memilih
  • Nah pada opsi Security wipe ini anda bisa memilih opsi mana saja file dan data yang anda hapus dengan mencentang terlebih dulu file mana yang akan dihapus jika ingin menghapus semuanya tinggal centang semuanya.
  • jika file dan data sudah dipilih maka tinggal anda input kode dengan memasukan “Blackberry” pada kontak silahkan pilih opsi “Wipe”
  • tunggu prosesnya beberapa saat maka proses factory reset akan berlangsung otomatis, jika proses sudah selesai biasanya smartphone BB Z10 akan reboot secara otomatis dan ketika sudah menyala maka data dan settingan sebelumnya akan hilang.

Itulah cara untuk melakukan Hard reset/ Factory reset BB Z10 atau bahkan diatas juga dijelaskan bagaiamana caranya Soft reset untuk Blackberry Z10 dengan step yang sangat mudah diikuti dan juga cara yang relatif aman. Jika dengan cara diatas masih dirasa belum bisa menghilangkan error atau masalah pada ponsel Blackberry Z10 anda maka ada baiknya anda lakukan Flash ulang atau install OS ulang sekaligus mendapatkan update OS terbaru untuk Blackberry anda.

BACA JUGA:

Demikianlah postingan mengenai cara hard reset blackberry Z10 yang semoga saja memberikan manfaat dan informasi yang berguna, jangan lupa untuk baca artikel kami yang lainnya di website ini agar penggunaan smartphone anda lebih maksimal. Terima kasih

Cara hard reset / factory Reset BB Z10 dengan mudah | alifajar | 4.5