Cara Hard Reset Lenovo A series dan All tipe paling simple

Cara Hard reset HP Lenovo A series dan All tipe – satu brand ternama yang juga melebarkan lini produksinya ke jajaran ponsel pintar yakni Lenovo yang sejatinya penyokong kebutuhan perangkat komputer dll. Lenovo sendiri sebagai brand asal Tiongkok sudah cukup lama bermain dipasar smartphone Tanah air dengan menawarkan samrtphone Berkualitas serta harga yang cukup lumayan terjangkau, terlebih pada seri-seri Entry level mereka semisal pada Lenovo A series yakni A369i, A316i atau A269i dll yang dibandrol dibawah 1 juta rupiah bahkan ada yang hanya dibandrol 600ribuan saja cukup lumayan untuk ukuran smartphone android.

Dengan kisaran harga yang ditawarkan untuk A series pada Lenovo ini tentu saja spek yang dihadirkan juga terbilang standar namun cukup mumpuni untuk melakukan aktifitas standar seperti browsing atau berkirim instan messengger via WA,LINE,BBM dll, berbekal spek standar pada sektir hardwarenya tentu saja pemakaian pengguna yang berbeda beda serta perkembangan aplikasi yang semakin hari semakin canggih namun juga berukuran cukup besar membuat kapasitas ROM dan performa hardware lenovo jadi terkuras alhasil performa semakin loyo dan mulai ditemukan berbagai macam gangguan.

Hal hal yang biasa ditemui oleh pengguna smartphone Lenovo A series yang sudah cukup lama menggunakannya serta perfromanya jadi menurun yakni biasanya HP restart sendiri, aplikasi yang sedang dijalankan tiba-tiba force closed, HP jadi lemot karena memory RAM full,nge hank, bootloop atau bahkan yang paling parah bisa jadi mati total. Untuk mengatasinya anda bisa saja membersihkan junk files ata cache aplikasi pada ponsel Lenovo atau bisa juga menguninstall beberapa aplikasi untuk memperbesar kapasitas internal memori yang tersedia.

Namun ada beberapa cara lain yang cukup ampuh untuk mengatasi berbagai problem pada HP Lenovo anda yang mulai lemot yakni dengan melakukan hard reset atau Factory reset istilahnya membersihkan semua data pada ponsel sehingga ketika kembali dinyalakan ponsel akan seperti baru dibeli dari toko, cara hard reset yang sering digunakan oleh pengguna biasanya melakukannya via Recovery mode setelah itu baru dilakukan Hard reset ponsel.

Nah pada artikel kali ini Tim detikgadget.com sudah menyiapkan artikel yang semoga saja bermanfaat untuk anda yang ingin melakukan hard reset pada ponsel Lenovo tipe A269i, lenovo A316i, A369i serta tipe HP lenovo lainnya yang juga bisa anda aplikasikan dengan trik hard reset berikut ini, untuk lebih jelasnya silahkan simak penjelasnnya dibawah ini:

  • Hal pertama yang harus anda perhatikan ketika akan melakukan hard reset yakni kapasitas baterai pada ponsel anda harus minimal terisi 80% untuk menjamin ketika proses hard reset ponsel tidak mati ditengah-tengah prosesnya.
  • Setelah itu matikan ponsel Lenovo anda dan coba masuk ke recovery mode hp anda yakni dengan menekan kombinasi tombol “Power + Volume up” bersamaan dalam beberapa detik hingga muncul logo lenovo atau sampai diarahkan ke recovery mode.
  • Oke pada tahap ini anda sudah pada recovery mode pada ponsel Lenovo anda maka akan terdapat pilihan untuk melakukan hard reset yakni “Wipe data/Factory Reset” silahkan anda klik dan kemudian klik “Yes, Delete All user Data” untuk mengkonfirmasinya.
  • Jika sudah klik yes pada opsi tadi maka proses hard reset akan berlangsung, tunggu beberapa saat hingga 100% jika sudah selesai maka anda bisa melakukan opsi “Wipe Cache Partition” sehingga proses wipe atau clear data bisa dilakukan sangat tuntas hingga file sampah pun ikut dibersihkan seperti history browsing, data game, cache aplikasi dll.
  • Proses wipe cache partition sudah dibersihkan maka sekarang saatnya restart ponsel Lenovo A series anda maka anda akan diarahkan untuk membuat akun android baru, layaknya anda membeli smartphone ketika pertama kali dari gerai.
  • Proses selesai…

Nah setelah melakukan proses hard reset ini biasanya ponsel akan bersih dari berbagai file sampah atau bahkan virus malware yang menyebabkan Hp lenovo jadi lemot dan sering nge hang. Ya semoga saja dengan tips hard reset diatas ponsel Lenovo A269i, A369i ataupun seri lenovo all tipe yang anda gunakan bisa kembali normal dan lebih lancar ketika digunakan membuka aplikasi favorit atau untuk sekedar menikmati fitur multimedia pada ponsel android anda.

BACA JUGA:

Jika metode hard reset ternyata masih tetap saja membuat smartphone Lenovo anda jadi lemot atau tak ada perubahan maka solusi terakhirnya adalah dengan melakukan flashing OS pada ponsel Lenovo A series anda karena dengan Flashing atau Install ulang OS maka dijamin semua bug dan error akan hilang alhasil HP jadi kembali segar, namun solusi Flashing adalah pilihan terakhir jika memang dirasa benar benar perlu.

Oke demikian lah postingan mengenai cara hard reset lenovo A369i, A268i, A6000, A269i dan tipe lainnya yang tentu juga bisa menggunakan cara diatas meskipun ada sedikit tampilannya yang berbeda tapi tetap saja prosedur yang dilalui tetap sama, semoga bermanfaat dan jangan lupa cek postingan kita yang lainnya untuk meningkatkan performa smartphone anda.. terima kasih.

Cara Hard Reset Lenovo A series dan All tipe paling simple | alifajar | 4.5