Cara masuk ke Safe Mode HP Android semua Tipe dengan mudah

Trik  masuk ke Safe Mode HP Android- untuk anda pengguna Android yang sedang mengalami kendala pada smartphonenya seperti terkena virus, atau bootloop ataupun error ringan lainnya yang mengharuskan anda untuk masuk ke mode safe pada smartphone Android anda guna membereskan system android yang error tersebut via Safe mode. Sebenarnya cara untuk masuk ke safe mode pada android ini terbilang cukup mudah dan simple hanya saja karena penggunaan safe mode ini jarang jadi hanya pengguna tertentu saja yang sering menggunakannya.

Nah buat anda yang ingin masuk ke safe mode pada ponsel pintar anda, mungki dikarenakan proses rooting yang gagal atau ingin memperbaiki sistem ROM, mod dll. sebenarnya fungsi dari safe mode sendiri adalah untuk masuk ke mode dimana ponsel pintar berjalan dengan system default yang sangat minimalis alhasil tak banyak aplikasi yang terinstall selain bawaan sistem, dengan begitu kita bisa mengotak atik ponsel ini dari dalam systemnya sehingga bisa ditemukan ataupun dibersihkan bug dan permasalahan pada smartphone android yang anda gunakan.

Banyak problem yang bisa dibetulkan dengan masuk ke safe mode pada ponsel seperi diantaranya:

  • Hang pada ponsel
  • Aplikasi yang sering crash dan tiba-tiba keluar sendiri
  • Aplikasi yang tiba-tiba terinstall otomatis
  • System korup atau terdapat bug system
  • Bootloop dan sering restart sendiri
  • Widget yang tidak akurat seperti indikator baterai atau sinyal

Lalu bagaimana caranya masuk ke mode safe pada ponsel android, oke untuk menjawab kebingungan anda pada postingan kali ini kami sudah siapkan tips dan trik yang cukup sederhana untuk masuk ke safe mode pada ponsel android, yang akan kami beberkan setidaknya ada dua metode simple. Oke berikut tutorialnya:

Cara ke 1: pertama anda coba nonaktifkan ponsel android anda untuk kemudian anda nyalakan lagi.caranya adalah ketika akan menyalakan kembali anda tekan tombol power bersamaan dengan volume UP dan volume Down selama beberapa detik hingga proses booting selesai, tunggu beberapa saat hingga anda akan diarahkan ke menu safe mode.

Cara ke 2: yang kedua ini cukup simple yakni dengan menekan tombol power pada ponsel dalam beberapa beberapa detik, tekanlah hingga muncul pesan pilihan yang menawarkan untuk masuk ke safe mode atau reboot ponsel, silahkan pilih safe mode.

Untuk kedua cara diatas nampaknya memang cara ke 2 cukup simple untuk diaplikasikan karena tak begitu banyak tombol yang ditekan. Catatan saya mempraktekan cara diatas dengan ponsel Android yang berjalan dengan OS versi Lollipop, namun tentu saja pada versi lebih tinggi maupun rendah trik diatas masih berlaku.

Jika anda pengguna ponsel android merk HTC ada yang perlu diperhatikan terlebih dahulu yakni dengan menonaktifkan fitur fast boot terlebih dahulu pada menu setting dengan menghilangkan ceklis pada fitur fast booting agar ketika proses booting dan trik ditas digunakan maka opsi safe mode akan muncul.

Jika anda sudah masuk ke safe mode dan berhasil mengotak atik ponsel dan membersihkan kendalanya maka saatnya untuk kembali ke mode normal, nah bagaimana caranya untuk kembali ke mode normal. Caranya yakni dengan

Pertama anda tekan tombol power selama beberapa detik dan pilih power off (matikan) lalu jika ponsel sudah non aktif anda tinggal aktifkan saja seperti biasa dengan menekan kembali tombol power maka ponsel android anda akan kembali aktif pada mode normal.

Oke demikianlah tutorial bagaimana caranya masuk ke safe mode pada ponsel android semua tipe, trik diatas berlaku untuk ponsel android merk apapun, Samsung, OPPO,LG,Lenovo,ASUS,HTC,XIAOMI dll.

Semoga dengan artikel ini bisa memberikan anda pencerahan dan bisa bermanfaat untuk anda yang ponsel androidnya sedang bermasalah dan mengharuskan masuk ke safe mode….Semoga bermanfaat dan terima kasih.

 

Cara masuk ke Safe Mode HP Android semua Tipe dengan mudah | alifajar | 4.5