Cara membedakan Memory card MicroSD Asli atau Palsu dengan mudah

Tips membedakan Memory Card  Eksternal Asli atau Palsu-Smartphone yang kita gunakan saat ini meskipun dibekali dengan kapasitas memori internal yang bervariasi bahkan cukup lega tetapi tetap saja pada kenyataannya masih membutuhkan tambahan kapasitas memory untuk menyimpan file ataupun aplikasi yang cukup menguras kapasitas internal memory bawaan, untuk itu tersedia slot ekternal memory dan sekarang ini karena semakin tipisnya body smartphone menjadikan slot ekternal memory menjadi tipe hybrid yang mengharuskan penggunanya untuk memilih menggunakan slot SIMcard atau kartu memory, tapi kali ini kita akan membahas memory card eksternal secara lebih jauh untuk bisa membedakan mana memory asli dan mana yang palsu dengan cara yang cukup mudah.

Memory eksternal yang juga sering disebut dengan berbagai istilah memang memiliki peranan penting mulai dari MMC, SD card, MicroSD dll selain itu bukan hanya kapasitas memorynya saja yang harus jadi perhitungan bisa dari kecepatan transfer data, kecepatan membaca data dan kualitas ketahanan memori itu sendiri yang biasanya memang bervariatif namun untuk ukuran smartphone kartu jenis MicroSD merupakan jenis yang paling banyak digunakan saat ini meskipun pada perangkat lain banyak terdapa jenis berbeda seperti pada Kamera yang menggunakan SDHC. Nah apakah anda tahu beberapa jenis memori card atau kartu eksternal memory yang banyak beredar dipasaran.

Sebelum tahu cara membedakan kartu memori Asli atau Palsu mari kita simak dulu jenis SD card atau sedure Digital card yang sejauh ini beredar dengan 3 jenis kartu.

  • SD Card

Kartu generasi SD card adalah kartu memori tahap pertama yang selanjutnya menjadi paling banyak digunakan karena bisa dimasukan ke dalam adapter sehingga bisa masuk ke slot kartu generasi selanjutnya.

  • Mini SD

Kalau anda pengguna HP NOKIA Symbian atau JAVA tentu saja hafal dengan kartu jenis ini dan kartu Mini SD ini biasanya masih dipakai untuk slot pemutar media player atau MP3 player.

  • Micro SD

Kartu jenis MicroSD adalah jenis paling populer saat ini dan paling banyak mengadopsi jenis ini pada perngkat smartphone seiring kepopuleran smartphone tentu saja pengguna MicroSD jadi semakin banyak.selain itu kartu ini juga memiliki banyak adapter yang bisa dihubungkan dengan berbagai perangkat elektronic seperti Laptop. Kamera, MP4 player dll.

Berikut tips sederhana membedakan kartu memory berkualitas original dengan yang kualitas palsu atau bajakan

 

1.membedakan dari bentuk Fisiknya

Pada hakikatnya fungsi dari kedua memory ini baik Asli ataupun Palsu sama sama bisa digunakan untuk menyimpan file dan data, tapi tentu saja dari segi kualitas jauh berbeda karena jika anda  menggunakan kartu memory yang ternyata palsu maka masalah akan sering hadir seperti smartphone yang tiba-tiba jadi lambat karena data tidak terbaca dengan baik ataupun kartu tidak terdeteksi, transfer data yang lambat,corrupt data dll anda pasti tak mau kan jika file berharga dan penting sampai hilang karena kartu memory tidak terbaca dan malah diformat.

 

Cara membedakan dari tamplian Fisiknya yakni dengan melihat secara lebih detail pada merk yang tertera di memory card tersebut apakah dipasang dengan sticker atau dengan cetakan dan biasanya untuk memory card yang asli penggunaannya menggunakan cetakan dan bukan sticker dan biasanya jikalau menggunakan sticke biasanya terdapat hologram pada stickernya serta jika dibuka stickernya tersebut akan muncul cetakan merknya. Kurang lebih seperti ini cara mudahnya membedakan dari tampilan fisiknya.

  1. Cara Membedakan SD Card Asli atau Palsu Menggunakan Aplikasi

Cara yang kedua yakni dengan menggunakan aplikasi tambahan yang  cukup sederhana dan berukuran kecil yakni dengan aplikasi bernama SD Insight di smartphone anda yang bisa didownload langsung di google playstore secara free dan bisa langsung digunakan untuk mengecek keaslian dari microSD yang terpasang pada smartphone anda dengan mudah,hanya dengan menginstallnya di ponsel pintar anda.

Jika sebelumnya anda sudah menginsall aplikasi SD Insight maka anda tinggal menggunakannya saja dan fitur yang ditawarkan oleh aplikasi ini cukup lumayan seperti yang dijelaskan dibawah ini:

  • Mampu membaca dan menampilkan informasi detail mengenai microSD yang terpasang pada smartphone anda sehingga data tersebut bisa dicocokan dengan spesifikasi yang tertera dan ditawarkan oleh microSD tersebut bisa jadi ternyata berbeda.jangan lupa cek tanggal produksi pada kartu memory anda dan sesuaikan dengan yg tertulis pada kemasan atau body memorynya, jika ternyata berbeda maka keasliannya diragukan.
  • Selain mampu membaca data yang pada memori card yang terpasang di smartphone, SD Insight juga mampu membaca data atau riwaayat produksi dari perangkat yang sedang anda gunakan. Dan lebih kerennya jika kartu yang anda gunakan ternyata palsu maka aplikas tak akan bisa membaca data dan informasi mengenai kartu memory tersebut. Hal tersebut bisa dikarenakan memory yang ternyata palsu ini tidak terdaftar di data base pihak pembuat kartu memory sehingga informasinya tidak tersedia. Maka lebih baik gunakan microSD yang sudah jelas keasliannya.

Membeli produk asli memang memerlukan ketelitian untuk itu selalu tanyakan informasi produk memory tersebut pada penjualnya, dan selalu waspada jika harga yang ditawarkan ternyata lebih murah dari harga pasaran. Karena produk elektronik biasanya harga tak pernah berbohong selain itu tanyakan garansi yang diberikan jika ternyata produknya bermasalah dikemudian hari .

Nah demikianlah cara mudah membedakan kartu memory asli atau palsu dengan tips sederhana dan mudah diatas. Semoga artikel ini bisa membantu anda terima kasih.

 

 

 

Cara membedakan Memory card MicroSD Asli atau Palsu dengan mudah | alifajar | 4.5