Cara memblokir pengguna jaringan Internet Wi-Fi tanpa Ijin

Tips mengatasi pengguna tanpa ijin mengakses internet Wi-Fi dirumah anda- tahukan anda bahwa kecepatan internet dirumah anda yang kadang melambat bukan hanya karena masalah jaringan atau kualitas sinyal dari Provider saja tapi bisa jadi ada hal lain yang tidak anda sadari seperti ada sebagian orang yang secara diam-diam menggunakan akses jaringan Wi-Fi dirumah anda dengan cara membobol sinyal Wi-Fi dirumah anda sehingga kecepatannya berkurang karena biasanya hanya digunakan oleh perangkat yang anda miliki tapi juga digunakan oleh orang lain tanpa seijin anda atau bisa dibilang pencurian sinyal terlebih jika anda menggunakan Wireless Router untuk memancarkan sinyal internet.

mengatasi-pengguna-wifi-tanpa-ijin

Jika anda menggunakan Wireless Router dirumah anda untuk mengakses jaringan internet sudah pasti lebih rentan dibobol dan diakses tanpa ijin anda karena sinyalnya bisa tersebar kemana-mana disekitar lingkungan anda namun anda tak perlu khawatir karena pada postingan kali ini kita akan berikan tips mudah mengamankan jaringan Wi-Fi dari pembobolan atau pencurian sinyal, simak tips-tipsnya dibawah ini:

  1. Log In ke Admin Router

Hal pertama yang harus anda lakukan untuk mencegah pencurian sinyal  wifi adalah dengan mengakses masuk ke admin Panel pada perangkat Wireless Router yang anda gunakan. Dengan cara memasukan kode atau nomor IP seperti misal 192.168.1.1 atau bisa 192.168.2.1 pada kolom alamat peramban di admin panel tadi, namun jika nomor tadi tidak berfungsi anda bisa mengetahui no IP address yang ada di router wireless yang anda miliki dengan cara  klik icon Star pada komputer anda dan masuk ke kolom search dan ketikan  CMD dan ketik Ipconfiq.

memproteksi sinyal wifi dirumah

Nah kata kunci diatas sudah dimasukan maka akan muncul informasi mengenai jaringan router anda dan lihat pada baris terakhir  pada bagian “default gateway” nah itulah IP Address untuk admin panel router anda dan jika nomor IP sudah muncul tinggal anda masukan nomor tersebut ke kolom untuk mengakses masuk ke Admin Panel router pada wireless router yang anda miliki.

  1. Cek nomor MAC Address

Langkah selanjutnya setelah  berhasil masuk ke panel Router anda adalah dengan mengecek dan memonitor perangkat yang terhubung pada Wireless Router yang anda gunakan karena setiap perangkat yang terhubung pada wireless router anda biasanya akan tampil informasi mengenai MAC Address pada perangkat tersebut. Perlu diingat bahwa MAC address biasanya muncul pada kolom Wireless Configuration atau Wireless Status atau bisa juga di DHCP Client karena pada setiap perangkat router wireless tampilan admin panelnya bisa saja berbeda beda.

cara-memblokir-akses-wi-fi-dari-pengguna-tanpa-ijin2

  1. Segera Cut akses jaringan untuk perangkat tanpa ijin

Agar akses penggunaan sinyal wifi tanpa ijin ini segera berhenti maka anda wajib menghentikannya dengan memperketat akses sinyal wifi pada routers anda dengan cara memproteksinya dengan password, nah apakah selama ini Wireless Routers anda sudah terproteksi dengan password jika sudah terpasang secara default atau masih menggunakan password bawaan pabrik maka diharuskan anda merubahnya dengan password buatan anda sendiri yang unik dan susah.

cara-memblokir-akses-wi-fi-dari-pengguna-tanpa-ijin3

Langkah merubah password wireless router bawaan yakni dengan masuk ke admin panel wireless Router dan masuk ke menu atau Tab Security atau bisa saja anda merubahnya pada tab atau kolom PreShared Key. Dengan mengganti password pada router wireless  yang anda miliki maka secara otomatis semua perangkat yang terhubung akan terputus konesi internetnya dengan begitu anda bisa menghubngkannya kembali dengan password akses yang sudah anda buat tadi pada admin panel dengan begitu perangkat anda akan terhubung kembali.

  1. Proteksi Tambahan untuk wireless router

Supaya lebih aman dari akses pencurian sinyal wi-fi maka kami sarankan anda merubah password akses routers Wireless anda secara berkala dan tambahan anda juga disarankan mengganti nama Hotspot pada wireless Router yang anda gunakan pada menu SSID atau  Service set Identifier.

cara-memblokir-akses-wi-fi-dari-pengguna-tanpa-ijin4

Namun jika hal tersebut ingin dihindari atau sistem keamanan pada perangka modem Routers anda ingin lebih terproteksi secara default sehingga aksi pencurian akses internet bisa diminimalisir maka akan lebih baik jika anda menggunakan routers wireless dengan teknologi enkripsi WPA2 karena sistem keamanannya lebih kuat dan sulit untuk dibobol para pencuri sinyal.

Nah bagiaman dengan cara diatas, cukup mudah bukan  dengan tips memblokir pengguna sinyal wifi tanpa ijin diatas tentu saja akses internet dirumah anda akan lebih cepat karena hanya perangkat yang sudah memiliki ijin saja yang bisa mengakses jaringan pad router wireless yang anda miliki. Namunyang perlu anda ketahui hal diatas juga bisa digunakan untuk mencegah seseorang unuk menghack komputer yang terhubung pada wireless modem yang anda gunakan yang bisa saja ingin mengambil data penting pada komputer anda atau memasukan virus, malware dan hal lain yang cukup merugikan.

Semoga dengan tips dan trik diatas bisa membuat anda lebih kreatif dan  menambah wawasan anda sebagai pengguna internet. Semoga bermanfaat terima kasih

 

Cara memblokir pengguna jaringan Internet Wi-Fi tanpa Ijin | alifajar | 4.5