Cara membuka HP Android yang Lupa Pola Kunci keamanan

Cara membuka HP android yang lupa pola kunci keamanan- Smartphone Android atau ponsel pintar pada umumnya pasti dibekali dengan fitur keamanan bawaan untuk melindungi ponsel dari akses yang tak diinginkan karena bisa saja Smartphone anda berisi file penting atau sifatnya pribadi yang tak ingin sampai orang lain melihatnya, dan pada smartphone sekarang ini terdapat banyak jenis fitur keamanan seperti input PIN atau Password, Memasukan pola kunci dll untuk bisa membuka smartphone.

cara membuka HP android lupa kunci pola

 

Seiring perkembangannya fitur keamanan pada ponsel pintar semakin canggih dan semakin tak bisa diakali semisal anda pemilik smartphone produksi tahun 2016 keatas pasti terdapat banyak fitur keamanan semisal fingerprint sensor (sensor sidik jari), Iris Sensor yang menggunakan pemindaian retina untu bisa membuka layar atau yang terbaru yakni face recognition yang menggunakan pemindaian wajah pengguna agar bisa membuka layar dan mengakses smartphone namun fitur fingerprint sudah mulai umum ditemukan pada smartphone baru keluaran setahu belakangan ini meskipun dari kelas HP yang terbilang kelas menengah.

SIMAK Juga:

Sekalipun banyak fitur keamanan terbaru tentu saja fitur keamanan menggunakan pola kunci masih paling banyak digunakan terlebih untuk anda yang menggunakan smartphone edisi terdahulu, namun bagaimana jika smartphone yang menggunakan pola kunci untuk masuk malah lupa polanya alhasil anda tak bisa mengakses masuk ke smartphone, cara yang paling cepat mungkin anda harus melakukan hard reset tapi tentu saja beresiko data dan file yang ikut terhapus, lalu adakah cara lain untuk bisa masuk jika lupa kunci pola pada HP Android.

Jika anda mengalami masalah tersebut mungkin tips berikut ini bisa jadi solusinya simak saja postingan mengenai metode untuk mengatasi lupa kunci pola pad HP Android yang semoga saja bisa menyelesaikan masalah anda berikut ini:

  1. Dengan fitur forgot password/lupa sandi

Fitur forgot password juga bisa anda manfaatka untuk bisa mereset password yang lupa pola kuncinya, fitur forgot password hampir terdapat dibanyak tipe smartphone seperti Samsung,ASUS,XIAOMI,SONY Dll, fitur forgot password bisa anda akses dengan akun google yang tersambung dengan HP Android anda, untuk mulai masuk ke fitur Forgot password silahkan lihat step-stepnya berikut ini;

Pertama pastikan sambungan internet pada smartphone sedang aktif atau bisa juga dengan memanfaatkan jaringan Wifi.

Setelah itu klik pilihan lupa password/forgot pattern

Selanjutnya anda masukan Email dan password akun Google yang anda gunakan di smartphone Android yang terkunci tadi setelah masuk ke akun google maka anda bisa mensetting ulang pola kunci yang tadi lupa..mudah bukan.

  1. Dengan melakukan panggilan telepon

Tips berikut ini juga layak dicoba karena terbilang simple untuk membuka HP andorid yang lupa pola kuncinya yakni dengan menggunakan panggilan telepon masuk, pada tips kali ini anda bisa menggunakan ponsel lain bisa pinjam atau anda punya sendiri yakni dengan menelepon ke no HP yang lupa kunci polanya, cara lebih detailnya seperti ini.

  • Pertama anda coba telepon ke no smartphone yang lupa kunci polanya
  • Jika panggilan sudah masuk maka tinggal anda terima panggilan tersebut.
  • Nah setelah panggilan masuk masih On, jangan anda tutup dulu tapi anda tekan tombol home di smartphone yang lupa kunci polanya maka anda sudah bisa masuk ke menu didalam smartphone.
  • Jika sudah masuk dengan keadaan telepon masih On, maka pada kesempatan ini coba anda aktifkan kuota data atau sambungan internet di smartphone tersebut
  • jika sudah masuk ke menu smartphone maka coba anda masuk ke menu setting untuk menonaktifkan kunci keamanan pada opsi “lock screen/kunci layar” dan mulai nonaktifkan fitur keamanan kunci pola.
  1. dengan Hard Reset atau Factory Reset (Recovery Mode)

cara lain untuk membuka smartphone karena lupa pola kunci adalah dengan melakukan hard reset atau factory Reset melalui recovery mode pada smartphone tersetbut hanya saja dengan melakukan metode hard reset ini tentu saja file dan data dari aplikasi akan terhapus. Banyak fungsi dari tehnik hard reset selain untuk root, Flashing firmware ataupun Custom ROM, jika anda belum tahu cara untuk melakukan hard reset simak caranya berikut ini:

  • sebelum melakukan hard reset via recovery mode ini pastikan baterai sekitar 70% dari daya agar tidak mati ditengah proses, dan pastikan Smartphone dalam keadaan mati.
  • Nah untuk mulai masuk ke recovery mode anda bisa mulai dengan kombinasi tombol “power + Volume up” selama beberapa saat sampai muncul logo dari merk smartphone maka anda akan masuk ke recovery mode .
  • Oke pada tahap ini smartphone sudah masuk di recovery mode, maka akan ada beberapa opsi dan anda bisa pilih “Wipe Data/Factory Reset” untuk kemudian dikonfirmasi dengan memilih “yes Delete All user data”
  • Tunggu beberapa menit hingga proses selesai jika proses sudah selesai maka HP akan otomatis Restart dan anda bisa masuk ke menu smartphone untuk mulai mensetting ulang HP android.

BACA JUGA:

Demikianlah cara mudah untuk membuka smartphone yang lupa kunci pola dengan mudah, sebenarnya ada cara untuk menangkal hal-hal seperti lupa password, HP yang hilang. Melacak keberadaan HP, menghapus data dari jarak jauh yakni dengan memanfaatkan fitur Android Device Manager (ADM) yang sudah menjadi fitur bawaan dari sebuah ponsel Android, dengan memanfaatkan akun Google yang digunakan pada Ponsel android maka anda tinggal log in dengan Akun Gmail/Google di Laptop/PC untuk mulai memanfaatkan fitu ini namun sebelumnya anda juga harus melakukan authentifikasi pada perangkat ponsel yang anda gunakan, biasanya ada di menu Setting. Untuk lebih lengkap akan kita bahas di artikel lainnya oke

Itulah tips dan trik cara mudah membuka HP Android yang lupa kunci pola semoga artikel ini bermanfaat dan terima kasih.

Cara membuka HP Android yang Lupa Pola Kunci keamanan | alifajar | 4.5