Cara memperbaiki HP yang terendam Air agar tidak rusak

Solusi mengatasi ponsel yang terendam air- HP atau Smartphone kini sudah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan manusia baru baru ini karena kemudahan dan berbagai fitur yang disediakannya menjadikan ponsel pintar ataupun HP biasa menjadi partner sejati untuk menunjang kebutuha komunikasi dan kebutuhan akan informasi yang begitu cepat pada era serba digital ini sehingga kita tidak bisa lepas dari ponsel atau smartphone. Berbagai fitur canggih dan spesifikasi terkini dikeluarkan oleh pabrikan HP guna menarik hati konsumen hanya saja untuk segi ketahananya sendiri smartphone atau HP masih terbilang sangat rentan kerusakan terlebih jika terkena air apalgi sampai terendam air.

cara mengatasi HP yang terendam air detikgadget 1

Memang kini beberapa vendor menciptakan HP terbarunya dengan fitur anti air dan debu ataupun HP yang dirancang khusus untuk kondisi ekstrim, hanya saja pilihannya masih terbatas dan harganya pun terbilang masih sangat mahal sehingga jika  ponsel yang anda miliki sekarang terkena atau terendam air maka resiko kerusakan pun terbilang besar. Sehingga anda harus memperbaiki HP atau malah mengganti dengan yang baru. Nah jika anda memiliki masalah demikian atau Ponsel anda terendam air dan anda bingung bagaimana memperbaikinya, disini kita akan coba share solusi bagiamana mengatasi HP yang terendam air agar tidak rusak. Simak baik baik dibawah ini ya.

  1. Segera ambil HP yang terkena air

Beberapa ponsel maupun smartphone memang didesain anti gores  pada bagian bodinya sehingga konstruksi bodinya begitu kokoh, hanya saja jika terendam air maka tetap saja air bisa masuk kecelah celah kedalam HP tersebut. Jadi jika ponsel anda terendam air maka segeralah ambil dan jangan biarkan lama didalam air karena semakin lama justru air akan semakin masuk kedalam hardware ponsel anda yang mengakibatkan kerusakan mesin.

  1. Matikan HP Setelah Terendam Air

Jika anda sudah mengambil dengan segera HP yang sudah terlanjur terkena air dan jika HP tersebut masih dalam keadaan hidup maka segeralah untuk mematikan HP anda sehingga komponen elektronik didalamnya tidak rusak karena konslet akibat terkena air. Dan jika HP anda langsung mati ketika terendam air maka jangan pernah mencoba untuk segera menghidupkannya dulu.

  1. Segera keringkan HP yang terendam air

Nah pada tahap ini merupakan tahap paling penting karena pada dasarnya anda harus menghilangkan semua zat cair yang menempel pada semua bagian hp anda baik didalam mesin maupun bagian luarnya. Lepas semua casing HP anda beserta semua yang menempel pada ponsel seperti kartu SIM maupun MicroSD dan keringkan dengan menggunakan lap kering pada semua bagiannya terlebih bagian dalam mesinnya dan sebaiknya anda  keringkan dengan menggunakan hairdryer untuk membuatnya benar benar kering setelah dilap terlebih dahulu. Ini berguna agar semua zat cair yang menempel pada komponen mesin benar benar sudah kering sehingga HP anda bisa terhindar dari kerusakan karena ketika anda coba hidupkan dan masih terdapat bagian yang basah maka resiko HP anda rusaka akan semakin besar.

cara mengatasi HP yang terendam air detikgadget 2

  1. Pastikan kembali HP anda benar benar kering

Jika pada langkah diatas anda sudah mengeringkan HP dengan mencopot semua yang menempel pada HP dan coba mengeringkannya dengan Lap dan kemudian mengeringkannya dengan hairdryer. Maka jika diperlukan anda bisa mengeringkannya hingga benar benar kering dengan merendamnya kedalam setumpuk beras atau bahan bahan yang bisa menyerap air dengan cepat, tapi dalam hal ini kita sarankan anda merendamnya kedalam tumpukan beras selama beberapa jam min 6 jam. Sebenarnya ada alternatif bahan lain yang bisa anda gunakan untuk menyerap cairan dan membuat hp anda benar benar kering yakni dengan menggunakan silica gel yang ditumpuk dalam suatu wadah dan anda bisa masukan HP anda kedalam wadah tersebut. Hanya saja silica gel cenderung sulit untuk didapatkan jadi menggunakan beras adalah pilihan yang paling efektif.

  1. Coba anda nyalakan HP yang sudah kering

Jika semua langkah diatas sudah dilakukan dan kelihatannya HP anda sudah benar benar kering setelah anda mendiamkannya kurang lebih 24 jam. Maka kini coba anda nyalakan hp tersebut jika masih belum bisa aktif, coba sambungkan charger ke ponsel anda dan kembali anda nyalakan HP anda, dan jika berhasil nyala maka kemungkinan baterai pada smartphone anda telah rusak.

  1. Konsultasikan dengan teknisi di gerai ponsel

Jika tadi anda coba nyalakan HP anda dengan menghubungkan charger ke HP anda dan masih belum ada tanda tanda HP anda akan kembali hidup, maka kini anda harus membawanya ke service center terdekat dan konsultasikan dengan teknisi disana mengenai kondisi HP anda yang telah terendam air dan jangan coba coba untuk mengoprek mesin pada HP anda yann bisa mengakibatkan kerusakan semakin parah. Terlebih jika anda tidak memiliki alat dan pengetahuan yang cukup mengenai komponen elektronik.

Demikian tips dan cara memperbaiki HP yang terendam air agar tidak rusak. Semoga dengan mengaplikasikan langkah –langkah diatas smartphone atau HP anda bisa kembali berfungsi normal dan terhindar dari kerusakan parah. Okee semoga bermanfaat dan terima kasih

 

Cara memperbaiki HP yang terendam Air agar tidak rusak | alifajar | 4.5