Cara mengaktifkan dan Menggunakan OK Google di HP Android

Tips Mengaktifka fitur Ok Google – pada smartphone Android seperti yang kita tahu bahwa Sistem operasi Android merupakan besutan perusahaan raksasa Google yang tentu saja menghadirkan berbagai fitur canggih kedalam OS buatannya ini. termasuk fitur pencarian lewat suara dengan memanfaatkan fitur OK Google anda bisa memasukan sebuah pencarianatau kata kunci hanya dengan menyebutkannya saja kemudian Google akan menampilkan hasil dari kata kunci yang diucapkan tadi. Lebih kerennya fitur ini sudah  sudah support full bahasa Indonesia yang tentu saja semakin membuat pengguna ponsel Android si tanah air lebih dimanjakan.

 

Nah mungkin anda sedikit penasaran bagaimana caranya mengaktifkan fitur OK Google atau Google Now ini pada smartphone android yang anda miliki sekarang. Jika anda tertarik mencicipi kecanggihan fitur Ok google ini dan belum tahu bagaimana caranya untuk mengaktifkan fitur ini pada ponsel pintar anda maka tenang saja karena pada artikel kali ini kami sudah siapkan tutorial mudahnya dibawah ini yang bisa langsung anda ikuti langkah langkahnya, simak penjelasannya berikut ini:

Sebelum anda akan mengaktifkan fitur OK google( Google Now) ini pastikan versi dari aplikasi Google anda sudah terupdate dengan terlebih dahulu mengupgradenya di google playstore. Dengan versi Google terbaru tentu saja fitur dan pilihan bahasa yang tersedia lebih banyak.

 

Step ke 1

Pertama anda masuk ke menu smartphone dan Buka aplikasi Google app (logo G ) kemudian setelah masuk anda tap bagian kiri atas yang akan memunculkan opsi menu dan pilihlah Setting.

 

Step Ke 2

Setelah masuk kemenu setting anda tinggal pilih Tab Suara untuk mengaktifkan fitur suara agar samrtphone anda bisa membaca suara yang masuk. Kemudian pada menu tersebut terdapat menu “keluaran suara/speech output” klik dan muncul dua pilihan dan jika masih tersetting sebagai “khusu handsfree/handsfree only” maka anda tinggal klik saja tanda “aktif” jika sudah tersetting default aktif maka anda tak perlu lagi merubahnya.

Step Ke 3

Setelah itu anda setting bahasa yang akan terdeteksi oleh ponsel dan aplikasi Google yakni dengan memilih menu language/bahasa dan kemudian anda pilih bahasa yang diinginkan dalam hal ini tentu saja bahasa indonesia anda bisa mencentang pilihan “bahasa indonesia” sehingga settingan defaultnya menjadi bahasa indonesia dan bahasa inggris supaya aplikasi Ok Google mampu membaca berbagai suku kata serapan.

Step ke 4

Setting pada menu “deteksi OK Google/OK Google Detection” dan anda akan disuguhkan beberapa pilihan, simple saja tinggal anda aktifkan pilihan “dari aplikasi google/from the google app” dan juga aktifkan ‘dari layar manapun/from any screen”  nah dengan mensetting bagian ini anda bisa mulai menggunakan fitur OK Google hanya dengan mengucapkan “OK google” di menu manapun  tanpa harus membuka aplikas google.

Step Ke 5

Silahkan anda test kemampuan fitur OK Google di smartphone anda dan lihat hasilnya hanya dengan mengucapkan kata kunci “OK Google” maka fitur sudah aktif dan siap menerima kata kunci yang ingin dicarikan hasil pencariannya. Selesaaiii

cara menggunakan Ok google

 

Yang lebih unik dan keren dari fitur OK Google ini bisa menjadi sebuah assisten virtual untuk membuka beberapa aplikasi hanya dengan mengucapkan beberapa kata kunci seperti “ OK Google Whatsapp” maka secara otomatis aplikasi Whatsapp akan terbuka begitupun dengan aplikasi lain yang terinstall pada smartphone android anda.

Catatan: seperti yang kita ketahui terkadang fitur OK google ini masih belum bisa dinikmati oleh semua pengguna Android terlebih jika OS android yang anda gunakan dibawah Kitkat ataupun bisa saja beberapa menu tampil berbeda tidak seperti yang kami jelaskan diatas namun tentu saja hal tersebut biasanya dikarenakan ponsel yang digunakan berbeda-beda namun yang paling penting adalah anda sudah mengupdate versi Google di ponsel anda sehingga fitur OK Google bisa langsung diaktifkan.

Demikianlah Tips mudah mengaktifkan fitur OK Google (Google Now) pada smartphone android dengan mudah. Semoga saja dengan cara ini aktifitas browsing internet dan hal lainnya berkaitan dengan ponsel pintar yang anda gunakan semakin maksimal. Semoga bermafaat terimakasih.

 

 

Cara mengaktifkan dan Menggunakan OK Google di HP Android | alifajar | 4.5