Cara Mengatasi Bootloop Pada HP Android dengan mudah

Tips mengatasi HP Android yang Bootloop- samrtphone android yang sering kali digunakan terlalu lama dan berisi banyak file yang terinstall bisa saja membuat kinerjanya semakin berat dan sering kali malah hang pada smartphone tersebut dan jika sudah lebih para lagi biasanya smartphone akan mengalami masalah bootloop atau keadaan dimana HP tidak bisa melakukan proses star up sehingga tidak bisa masuk ke sistem utama dan hanya mentok atau stuck pada logo merk Hp saja dan setelah ditunggu sekian lama keadaan tersebut tidak berubah.

Sebenarnya banyak faktor penyebab Bootloop pada HP android mulai dari penggunaan yang terlalu memaksakan dengan menjejali smartphone dengan berbagai aplikasi sehingga hardware dipaksa bekerja ekstra keras ataupun karena proses Rooting HP yang gagal ketika masuk sistem atau ketika hardreset sehingga sistem gagal star up menjadikan smartphone anda bootloop dan stuck.selain itu bisa saja anda mengutak atik sistem atau memflash ulang sistem UI yang tidak sesuai dengan perangkat android yang anda gunakan. Dari tingkatannya sebenarnya bootloop memiliki 3 level yakni Light bootloop, Medium Botloop dan yang paling parah Hard Bootloop yang bisa saja hp menjadi benar benar mati total.

Nah jika anda sekarang sedang mengalami hal tersebut jangan kecewa  dan panik dulu mari kenali tipe bootloop mana yang sedang anda alami sebelum kita mulai memperbaikinya pada penjelasan berikut.

Light Bootloop Android

Pada level ini biasanya smartphone mengalami bootloop dikarenakan kesalahan instalasi sistem UI dan ketika mengutak atik sistem anda tidak dalam keadaan recovery mode sehingga terjadi bootloop, biasanya permasalahn yang terjadi pada smartphone yang terkena level light bootloop adalah blankscreen.

Cara mengatasi  light bootloop: lakukan restart pada HP android anda dan coba cabut memory card dan SIM card yang terpasang terlebih dahulu dan coba lhat hasilnya.

Medium Bootloop Android

Biasanya error ini terjadi karena anda mengutak atik system UI dengan mencoba masuk ke system recovery mode kemudian menginstall script yang entah dari mana asalnya yang malah merusak system sehingga HP anda malah bootloop.

Cara mengatasi HP android yang terkena medium bootloop: coba anda masuk ke recovery mode dan lakukan backup data terlebih dahulu sebelum dilakukan langkah selanjutnya sehingga file dan data bisa direstore nantinya.

Hard Bootloop Android

Masalah ini adalah yang paling parah, dimana anda tidak akan bisa masuk kedalam menu handphone dan hanya stuck pada logo dan kemudian restart berulang kali.

Cara Mengatasi : Silahkan lakukan Factory Reset  dan jika anda ragu-ragu silahkan bawa ke service center.

demikianlah cara mudah mengatasi masalah HP android yang Bootloop atau stuck pada logo merk HP saja. semoga dengan artikel diatas bisa memberikan anda manfaat dan bisa mengatasi masalah pada HP anda. terimakasih

 

Cara Mengatasi Bootloop Pada HP Android dengan mudah | alifajar | 4.5