Cara mengatasi Error Sayangnya aplikasi Telah berhenti di HP android

Tips mengatasi  error aplikasi android yang force closed – sebagai pengguna smartphone berbasis android tentu saja anda pernah mengalami aplikasi yang sedang digunakan tiba-tiba keluar sendiri atau Hang ketika digunakan atau bahkan error yang cukup lama, menyebalkan bukan? Ketika ponsel sedang digunakan dalam keadaan darurat misalnya malah tiba-tiba force close atau hang mendadak. Kadangkala hal tersebut memang terjadi pada setiap pengguna smartphone pada umumnya namun tak banyak yang tahu kenapa hal tersebut terjadi.

mengatasi sayangnya android telah berhenti

Hal tersebut juga kadang terjadi pada aplikasi-aplikasi tertentu yang sering digunakan seperti BBM atau Instagram. Saya sendiri awalnya heran kenapa hal semacam ini bisa terjadi padahal smartphone dalam keadaan baik-baik saja. Kemudian saya telusuri dan mulai googling untuk mencari info kenapa aplikasi android bisa tiba-tiba force closed atau sering muncul pesan “Unfortunatelly Instagram has stopped”  ternyata ada banyak penyebab sebuah aplikasi yang sedang berjalan tiba-tiba force closed dan berikut ini adalah penyebab aplikasi android tiba-tiba berhenti:

  • Kinerja RAM yang berat atau penuh, untuk smartphone keluaran terdahulu yang memiliki kapasitas RAM 1GB apalagi dibawahnya tentu saja untuk meladeni kebutuhan performa yang lancar tentu saja akan memakan memory RAM yang besar terlebih kapasitas hanya sebatas 512Mb sedangkan aplikasi yang berjalan ukurannya cukup besar dan lumayan banyak yang sedang running pada saat bersamaan maka tak heran jika ketika membuka aplikasi malah hang dan keluar pesan “sayangnya aplikasi telah berhenti” dll
  • Junk File yang menumpuk, file file Junk atau cache serta dumb file yang menumpuk dan tidak pernah dibersihkan secara berkala bisa menyebabkan kinerja RAM menjadi berat karena banyak file-file yang belum dibersihkan tentu saj hal ini menyebabkan aplikasi jadi lemot dan tiba-tiba force closed
  • Sinyal yang tidak stabil, ketika aplikasi tertentu yang membutuhkan koneksi internet dibuka tentu saja sinyal harus dalam keadaan stabil jika tidak aplikasi akan running secara lebih cepat dan memaksa hardware bekerja lebih cepat untuk menyediakan koneksi data untuk aplikasi tersebut sehingga hardware akan over heat atau panas yang berakibat aplikasi tersebut forec closed tiba-tiba.

Nah sekarang anda sudah mengerti atau sedikit memiliki gambaran umum kenapa sebuah aplikasi yang sedang anda jalankan tiba-tiba nge-Hang atau force closed dan keluar pesan “Sayangnya aplikasi telah berhenti” dan terpaksa anda harus membukanya lagi namun tetap menemui kendala yang sama. Nah jika anda kebingungan mengatasi hal tersebut tenang saja karena dibawah ini kita sudah siapkan solusinya:

5 Tips mengatasi Aplikasi Android Yang force closed tiba-tiba

  • Bersihkan cache dari aplikasi yang sudah anda gunakan, caranya sebenarnya cukup mudah hanya dengan aplikasi pembersih seperti Ccleaner, CleanMaster ataupun aplikasi pembersih cache yang banyak beredar di playstore, hanya saja anda harus membersihkannya secara berkala dan rutin sehingga tumpukan cache tersebut tidak menumpuk hingga banyak dan menyebabkan ponsel anda Hang.
  • Tutup aplikasi secara paksa, jika ketika digunakan aplikasi android tertentu mengeluarkan pesan pop-up “unfortunatelly application has stopped” sebaiknya anda keluar dari aplikasi tersebut dan coba masuk ke menu setting dan force closed aplikasi tersebut pada menu setting klik apps dan pilih aplikasi yang error tadi dan klik force closed, hal tersebut berguna agar aplikasi benar benar berhenti dan tidak berjalan dibelakang layar yang hanya akan memaksa kinerja smartphone menjadi lebih berat lagi.
  • Lakukan Update aplikasi di google playstore, terkadang aplikasi yang mendadak force closed atau tiba-tiba keluar bisa disebabkan oleh versi aplikasi yang sudah tidak kompatible karena sudah lama tidak diupdate maka dari itu lakukan update aplikasi di google playstore dengan cara masuk ke playstore dan klik tab 3strip disebelah kiri atas untuk kemudian muncul menu “my apps & games” klik kemudian pilih aplikasi –aplikasi yang ingin diupdate.
  • Install ulang aplikasi tersebut, jika sebelumnya anda menggunakan sebuah aplikasi yang anda download diluar google playstore maka coba anda uninstall aplikasi tersebut dan download lagi aplikasi resminya di playstore sehingga aplikasi android akan kompatible dengan device atau smartphone yang anda gunakan.
  • Hapus data dari aplikasi tersebut ( sangat tidak disarankan) cara berikut ini cukup beresiko anda kehilangan data dari aplikasi tersebut sebut saja misalkan BBM, ketika anda menghapus data pada aplikasi BBM di smartphone anda maka seluruh kontak akan hilang tetapi jika anda sudah mengetahui resikonya atau lebih baik lagi sudah mengetahui password BBID anda atau sudah melakukan backup dari aplikasi tersebut maka hal ini bisa saja anda lakukan untuk mengatasi masalah sayangnya aplikasi telah berhenti, caranya sama ketika akan melakukan force closed yakni dengan masuk ke menu setting pada ponsel android anda dan pilih Apps kemudian pilih aplikasi yang akan dihapus datanya dan klik “Hapus data” selesai aplikasi anda sekarang lebih ringan karena tidak terdapat data tyang sinkron dengan ponsel anda kemudian anda restart ponsel dan masukan lagi BBID atau username dari aplikasi tersebut.

Nah bagaimana dengan tips dan trik kali ini, cukup mencerahkan atau anda masih kebingungan, ada baiknya coba anda baca-baca artikel kita yang lainnya pada website ini karena terdapat banyak sekali postingan mengenai tips n trik memaksimalkan ponsel android anda.

Demikianlah postingan mengenai cara mengatasi Sayangnya aplikasi telah berhenti di HP android. Semoga dengan artikel kali ini bisa membuat anda lebih mengerti dan bertambah wawasannya. Terima kasih.

 

Cara mengatasi Error Sayangnya aplikasi Telah berhenti di HP android | alifajar | 4.5