Cara mengatasi Fingerprint HP Samsung yang error dan tidak berfungsi

Tips memperbaiki Fingerprint HP samsung yang error- sebagai salah satu pioneer diindustri ponsel pintar dan elektroni, brand samsung memang dikenal sebagai vendor smartphone kelas atas yang merilis seri seri smartphone berkualitas dan jempolan. Alhasil produk-produknya cukup populer ditanah air serta memiliki harga jual kembali yang cukup stabil dibandingkan seri smartphone keluaran produsen china.

Smartphone Samsung sebagai pioneer di industri ponsel pintar berbasis android terutama, tak jarang dijadikan tolakukur atau referensi oleh produsen lain terutama pada seri seri flagship yang mana selalu saja vendor Samsung yang pertama kali merilis fitur tersebut. Alhasil banyak dari vendor-vendor lain mengikuti langkah Samsung terutama untuk seri kelas atasnya. Seperti miasl fitur Finger print sensor atau sensor sidik jari yang baru baru ini banyak disematkan pada ponsel kelas menengan para vendor asal china. Dikarenakan fitur keamanan fingerprint sensor ini terbilang canggih dan sangat aman alhasil banyak produsen yang mengadopsi teknologi ini pada ponsel buatannya.

Nah para pengguna ponsel Samsung yang juga memiliki fitur canggih Fingerprint sensor pada ponselnya ini mengeluhkan adanya masalah yang kadang timbul seperti susah unlock dengan sidik jari atau tidak terbaca bahkan sama sekali tidak berfungsi dll, nah pada artikel kali ini kami akan coba untuk memberikan solusi untuk mengatasi masalah pada fingerprint sensor HP Samsung anda yang error, semoga saja dengan tips dari Tim kami permasalahan yang anda alami bisa teratasi, oke simak saja tips dan triknya dibawah ini:

BACA JUGA:

Tips pertama dengan mereboot Smartphone

Jika fitur fingerprint scan tidak berfungsi normal atau bahkan tidak bisa mendeteksi sidik jari penggunanya sama sekali, mungkin bisa jadi dikarenakan sistem android pada ponsel Samsung anda sedang kepenuhan atau RAM Hp yang overload. Biasanya untuk mengatasi masalah tersebut anda bisa melakukan restrart atau reboot pada ponsel Samsung yang anda pakai, ini berguna untuk merefresh kembali seluruh system HP android dan alhasil semua fitur kembali berfungsi secara normal.

Tips ke dua dengan Clear Cache Fingerprint

Jika permasalahan masih saja dialami mungkin saja kendalanya ada di Cache fitur fingerprint pada HP Samsung anda karena Data pengguna yang dijadikan kunci masuk dalam hal ini sidik jari tersimpan di cache aplikasi fingerprint yang ada di system android hp samsung yang anda gunakan. Nah untuk kembali mendapatkan kinerja fingerprint yang normal anda bisa coba melakukan clear cache pada aplikasi fingerprint dengan masuk ke menu setting dan cari app manager/manajer aplikasi dan coba anda tap clear cache/bersihkan cache dengan begitu junk files dan dump files bisa hilang dan setelah itu coba anda restar HP samsung dan silahkan dites sensor sidik jarinya.

Tips ke tiga dengan menghapus Data Fingerprint

Jika pada tips kedua diatas anda diharuskan membersihkan cache atau junk files pada smartphone android maka pada tips kali ini jika memang masih tetap saja terkendala maka ada baiknya anda clear data atau hapus data pada fitur fingerprint ini supaya anda bisa meregistrasi ulang sidik jari pada ponsel anda. caranya sebetulnya sama dengan tips ke dua yakni melalui menu setting dan cari di manajer aplikasi kemudian klik fingerprint dan cari tombol clear data dan tap pada tombol tersebut untuk membersihkan data setelah itu anda bisa melakukan registrasi ulang sidik jari yang digunakan untuk mengunci dan membuka layar.

Tips ke 4 dengan Kembali ke Pengaturan Awal

Jik ketiga tips diatas sudah dilakukan dan masih saja fitur fingerprint terkendala pada HP samsung anda maka ada baiknya anda melakukan factory reset atau melakukan hard reset pada ponsel samsung anda. dengan begitu semua junk files, virus ataupun system error akan terhapus habis,namun ingat sebelum melakukan ini anda harus membackup semua data dan aplikasi yang terinstall agar nanti setelah dihidupkan kembali anda tak perlu lagi mengunduhnya.

Tips kelima dengan mengeceknya ke service center

Jika cara-cara diatas sudah dilakukan dan masih saja terkendala ada baiknya anda periksakan ke service center bagian tersebut bisa jadi terdapat kerusakan fisik pada sensor di ponsel anda dikarekan goresan atau benturan yang mengakibatkan fingerprint sering error dan tidak bisa mendeteksi dengan begitu ponsel samsung anda bisa ditangani dengan baik oleh ahlinya.

BACA JUGA:

Nah bagaimana dengan tips diatas, cukup mudah dan sederhana kan, anda bisa saja mengaplikasikannya sekarang juga.  Dengan tips dan trik diatas semoga saja kendala pada fingerprint sensor bisa langsung teratasi dan sensor sidik jari pada ponsel anda bisa langsung berfungsi dengan normal.

Demikianlah artikel mengenai cara mengatasi fingerprint sensor hp samsung yang error semoga saja dengan postingan ini bisa memberikan anda manfaat. Terima kasih.

Cara mengatasi Fingerprint HP Samsung yang error dan tidak berfungsi | alifajar | 4.5