Cara mengatasi Sayangnya messengger telah berhenti di HP android dengan mudah

Tips mengatasi error “Unfortinatelly messengger has stopped” –  aplikasi yang satu ini sama halnya dengan facebook kepopulerannya dan banyak sekali pengguna facebook yang menginstallnya di smartphone yang mereka gunakan, aplikasi yang juga besutan facebook inc ini memang memudahkan kita untuk chat dengan teman facebook karena bisa langsung terhubung dengan kontak teman facebook kita sehingga daftar kontak messengger akan mengikuti banyaknya teman di akun facebook kita selain itu penggunaannya juga simple layaknya whatsapp dan tentu saja lebih ringan dan cepat jika Dibandingkan dengan aplikasi messengger lain seperti BBM ataupun LINE, messengger ini terbilang cepat dan ringan.

Tetapi seiring penggunaannya di smartphone dan juga banyak faktor lainnya, banyak juga pengguna yang mengeluhkan jika aplikasi messenger ini sering error atau tiba-tiba keluar sendiri/crash dan muncul kotak pesan “unfortunatelly messengger has stopped”  yang tentu saja sangat mengganggu terlebih jika anda sedang asyik chatting dengan teman facebook.

SIMAK Juga

Pesan pop up tersebut memang biasanya muncul pada beberapa perangkat Android yang memuat banyak data, namun memori yang ada tidak mencukupi. Selain itu, banyaknya aplikasi yang dibuka membuat aplikasi Messenger error, macet, dan secara otomatis keluar dengan sendirinya.Biasanya hal ini terjadi pada pengguna yang menginstall aplikasi messengger dan menggunakan smartphonenya dengan cukup over atau terlalu memaksakan seperti kapasitas RAM yang kecil namun dijejali aplikasi aplikasi berukuran besar sehingga hardware bekerja terlalu overload atau karena banyaknya sampah atau junk files di samrtphone anda sehingga memenuhi RAM dan kinerja HP menjadi lambat, untuk itu sesuaikan kebutuhan aplikasi dengan spesifikasi Smartphone yang anda miliki jangan terlalu banyak menjejali HP dengan aplikasi aplikasi yang jarang digunakan. Sebetulnya ada beberapa cara untuk memperbaiki hal tersebut atau mengatasi munculnya pesan error tersebut dengan cara yang akan kami jelaskan dibawah ini:

Tips pertama dengan menghapus junk files dan cache pada HP android anda

Cara ini sebetulnya cukup umum dan bisa diterapkan jika dirasa smartphone sudah terasa berat ketika digunakan untuk membuka aplikasi. Dengan membersihkan file junk atau cache ini tentu saja file sampah yang memenuhi sistem akan dibersihkan sehingga tidak lagi memenuhi RAM dengan file dan cache yang tentu saja menggangu kinerja hardware yang berdampak pada aplikasi messengger yang digunakan akan sering error dan tiba-tiba keluar. Untuk membersihkan cache dan junk files caranya cukup mudah yakni.

 

Masuk ke menu setting/pengaturan kemudian klik  manejemen aplikasi/app dan klik unduhan atau dapat dipindahkan kemudian cari aplikasi messengger dan klik kemudian klik pilihan bersihkan cache/clear cache. Selesai dengan begitu file cachepada aplikasi messengger akan tersapu bersih.

Tips kedua dengan menghapus data dan menghentikan aplikasi

Jika tips pertama belum mampu menghasilkan perubahan signifikan maka anda bisa mencoba cara selanjutnya yakni dengan menghentikan aplikasi secara sementara dan menghapus data aplikasi messengger. Cara ini akan menghapus secara sementara seperti history chat, file yang terkirim, data temporary dan cara ini cukup efektif untuk membuat aplikasi messengger kembali lancar untuk digunakan. Jika tips ini dilakukan maka akan secara otomatis ter log out dari aplikasi messengger namun hal ini tentu saja tak masalah karena anda tinggal log in saja dengan password facebook yang anda gunakan. Caranya lihat dibawah ini:

Masuk ke menu setting/pengaturan di HP android anda dan klik aplikasi/ app kemudian klik aplikasi berjalan/running dan cari aplikasi messengger kemudian klik dan cari force stop/ paksa berhenti dan hapus data. Dengan begitu data dan aplikasi akan terhapus namun bukan berarti aplikasi terhapus dari HP anda.

Tips ketiga dengan Install ulang aplikasi messengger

Jika cara diatas sudah dilakukan namun tetap saja aplikasi sering error dan tiba-tiba keluar bahkan muncul pesan error sayangnya messenger telah berhenti maka opsi lainnya adalah dengan menguninstall aplikasi messengger  di HP anda dan kemudian install kembali aplikasi tersebut. Dengan menguninstall tentu saja error data maupun junk files bisa terhapu secara sempurna.dan kemudian anda bisa mendownloadnya kembali di google playstore karena dengan mengunduhnya lagi tentu saja aplikasi yang terdownload merupakan aplikasi versi terbaru yang dikeluarkan oleh developer sehingga bug dan error bisa diniminimalisir alhasil error pun bisa dihilangkan.

itulah beberapa tips yang bisa langsung anda gunakan untuk mengatasi aplikasi messengger yang error dan keluar pesan ‘sayangnya messengger telah berhenti” semoga saja dengan menerapkan tips diatas bisa langsung menghilangkan error tersebut.

BACA Juga:

catatan: diatas admin menggunakan HP ASUS zenfone 5 dengan OS android lollipop untuk mencoba mempraktekan tips tips diatas, jika tampilan menu setting dan menu lainnya berbeda tentu saja hal tersebut bisa terjadi pada berbagia tipe HP yang digunakan namun mekanismenya sama saja.

semoga bermanfaat dan terima kasih.

 

Cara mengatasi Sayangnya messengger telah berhenti di HP android dengan mudah | alifajar | 4.5