Cara Mengatasi “Sayangnya ZenUI Launcher Telah Berhenti” di HP ASUS Zenfone

Tips mengatasi error Sayangnya ZenUI Launcher telah berhenti- ASUS sebagai vendor komputer asal taiwan yang beberapa tahun ini juga terjun di pasar smartphone dengan mengeluarkan seri ponsel androidnya bertajuk ASUS  Zenfone dan secara penjualan pun Asus Zenfone terbilang sukses untuk pasaran tanah air dengan banyaknya pengguna dikarenakan harga yang cukup terjangkau serta spesifikasi yang cukup tinggi plus nama brand Asus yang juga cukup dikenal baik terlebih dahulu diindustri komputer, semakin banyak penggunanya tentu saja prilaku dan cara menggunakan ponsel akan berbeda-beda terlebih untuk yang baru saja menggunakan ponsel pintar ASUS.

Dari banyaknya pengguna smartphone ada saja yang mengeluhkan mengenai kendala ponsel Asus yang terkadang bermasalah seperti misalnya aplikasi yang keluar tiba-tiba dan muncul pesan error “Sayangnya ZenUI Launcher telah berhenti” padahal anda sedang menggunakan smartphone tentu saj hal ini mengganggu, Launcher jika dalam smartphone android seperti tampilan atau tema pada ponsel android  dan jika ZenUI launcher bermasalah biasanya tampilan ponsel Asus akan terganggu dan ponsel seringkali tiba tiba keluar ketika sedang membuka sebuah aplikasi. Lalu bagaimana cara mengatasinya??

Pada artikel kali ini Tim Detikgadget.com akan mengupas cara mengatasi error sayangnya ZenUI Launcher telah berhenti pada hp Asus Zenfone, hal hal tersebut bisa saja terjadi disebabkan karena RAM ponsel Asus anda terlalu penuh atau adanya virus, atau proses rooting yang tidak lancar dll namun tentu saja error seperti muncul pesan “Unfortunately Zen UI launcher has stopped” bisa diatasi okelah tanpa lama-lama simak tips dan triknya dibawah ini:

Cara pertama dengan menghapus cache files dan data aplikasi

Untuk cara ini bisa dibilang cukup umum dan hampir semua ponsel android bisa menerapkannya jika menemui kendala seperti ini, terlebih jika aplikasi yang error tersebut hanya disebabkan penumpukan junk files. Catatan, jika anda melakukan tips ini maka data aplikasi seperti launcher maupun tampilan UI pada ponsel anda akan kembali seperti semula atau default namun hal tersebut bisa anda setting kostumisasi setelah error teratasi, oke ikuti step-stepnya dibawah ini:

  • Pertama anda aktifkan ponsel dan masuk ke menu setting/pengaturan dan klik aplikasi/apps dan cari di kolom running aplikasi ZenUI Services and power saver” kemudian klik tombol clear cache dan Clear data jika proses sudah dilakukan silahkan restart hp asus anda.
  • Untuk menghapus cache pada launcher silahkan masuk ke menu setting klik apps cari dan klik clear cache serta clear data maka junk files dan data pada aplikasi launcher akan terhapus bersih dari junk files.

Cara kedua dengan factory reset ponsel Asus anda via recovery mode

Jika error yang terjadi pada ponsel anda terbilang cukup sering atau parah sampai ponsel sangat terganggu ketika digunakan bahkan untuk menerapkan cara pertama pun sampai kesusahan, mungkin cara ini bisa anda lakukan dengan melakukan factory reset atau kembalikan ke setelan pabrikan via recovery mode.

INGAT cara ini akan menghapus data serta aplikasi yang tersimpan sehingga ponsel akan bersih seperti pertama kali anda beli jadi sebaikanya sebelum melakukan cara ini ada baiknya anda back up dulu data atau file penting diponsel Asus anda. untuk melakukan factory reset silahkan simak cara berikut ini:

 

  • Pertama non-aktifkan atau matikan ponsel asus anda kemudian tekan kombinasi tombol power dan Volume down secara bersamaan dalam beberapa detik hingga anda masuk kedalam recovery mode.
  • Setelah ponsel anda masuk dalam kondisi recovery mode maka anda pilih factory reset guna melakukan hard reset ponsel anda dan tunggu beberapa saat maka ponsel akan tereset ke factory setting atau setelan pabrikan, selesai ponsel anda akan bersih dan kembali seperti pertama kali membelinya.

Dengan menerapkan metode diatas maka anda akan bisa mengatasi error sayangnya  ZenUI launcher telah berhenti dan mudah mudahan ponsel asus anda akan kembali lancar ketika digunakan untuk membuka aplikasi atau ketika anda ingin mencostum launcher yang tersedia dengan memanfaatkan ZenUI launcher.

Satu hal yang penting jika anda tidak ingin ponsel anda terus terkena error seperti ini maka kami sarankan untuk secara rutin membersihkan cache atau junk files dengan aplikasi tambahan seperti Cleanmaster, CCleaner dll secara berkala sehingga memory RAM ataupun sistem pada ponsel android terasa bersih dan lapang. Oke demikianlah tips dan trik kali ini semoga dengan artikel mengenai cara mengatasi “ Unfortunatelly ZenUI launcher has stopped “ ini bisa bermanfaat untuk anda..terima kasih.

 

Cara Mengatasi “Sayangnya ZenUI Launcher Telah Berhenti” di HP ASUS Zenfone | alifajar | 4.5