Cara mengatasi SIM card Tidak Terdeteksi di HP dan smartphone anda

Cara ampuh Mengatasi SIM Card tidak terdeteksi di hp anda– karena seringnya  bergonta ganti SIM card provider dalam satu perangkat smartphone ataupun HP sering kali timbul masalah yang bisa dibilang cukup fatal jika melihat fungsi dari hp sebagai komunikasi yang mana jika hp anda tidak mampu membaca SIM card atau SIM card not detected atau istilah lain seperti Masukan SIM card padahal kartu SIM sudah terpasang dengan benar. Lalu apa masalahnya hingga kartu SIM anda tidak terbaca oleh smartphone atau hp anda? kemudian bagaiamana cara memperbaikinya? Beriku kami akan coba berikan tips singkat untuk mengatasi SIM card yang tidak terbaca di hp anda, simak caranya berikut ini.

Cara paling sederhana adalah dengan mengecek terlebih dahulu apakah chip pada SIM card anda masih dalam keadaan baik dalam hal ini tidak terdapat goresan maupun tumpukan debu yang menghalangi chip pada kartu SIM anda, mungkin ini dikarenakan anda sering menggonta ganti hp dengan satu kartu SIM yang sama atau sering mencabut dan memasukan SIM card pada smartphone anda sehingga SIM card menjadi rentan tergores. Dan cara mengatasinya adalah dengan membersihkan SIM card anda dengan kain atau tissu bersih dengan membersihkannya dengan lembut setelah itu coba anda pasangkan kembali kartu SIM anda pada smartphone dan lihat hasilnya apakah masih tetap tidak terdeteksi atau bisa terdeteksi.

sim card tidak terbaca detikgadget

Penyebab lain dari tidak terbacanya SIM card anda adalah biasanya slot SIM card yang longgar atau dol yang menyebabkan SIM card tidak terpasang secara pas dikarenakan aktivitas gonta ganti SIM card pada satu hp, nah jika memang itu kendalanya cobalah dengan menggunakan cara sederhana ini yaitu dengan mengganjal slot SIM card anda dengan sedikit kertas atau plastik hingga ketika anda coba masukan SIM card posisinya sudah tidak longgar lagi.

Cara lain untuk mengetahui masalah sim card tidak terbaca adalah dengan mencoba memasukan SIM card baru pada slot SIM card di hp anda, jika SIM card berhasil terdeteksi berarti permasalahannya memang di SIM card lama anda namun jika masih tetap tidak terdeteksi berarti Slot maupun hardware pada smartphone anda bermasalah bisa jadi karena Slot yang kotor maupun Longgar tadi.

Tidak terbacanya SIM card oleh smartphone bisa jadi disebabkan perangkat HP atau smartphone anda yang tidak mendukung provider jaringan di tanah air seperti misalnya anda memperoleh hp atau smartphone terbaru dari luar negeri yang belum tentu mendukung jaringan selular di tanah air atau hp tersebut di lock untuk salahsatu jaringan provider saja.jika memang hp anda seperti yang disebutkan ada baiknya anda unlock terlebih dahulu hp anda di gerai service hp dikoya anda yang memiliki alat untuk mengunlock smartphone anda.

Cara terakhir yang paling sederhana untuk membuat SIM card anda terdeteksi atau hp anda bisa membaca kartu SIM adalah dengan melakukan Factory reset atau hard reset pada smartphone atau HP anda yang bermasalah, sehingga semua settingannya akan kembali seperti pertama kali anda membelinya tapi sebelum anda melakukan factory reset ada baiknya anda melakukan backup kontak maupun data yang ada di smartphone kamu.

sim card not detected

Jika poin point diatas sudah anda lakukan dan masalahnya masih saja belum teratasi ada baiknya anda periksakan smartphone anda ke gerai service atau outlet resmi hp anda untuk dilakukan perbaikan hardware maupun software pada smartphone anda. nah demikian beberapa cara untuk mengatasi SIM card yang tidak terdeteksi pada smartphone anda, semoga tips kali ini bermanfaat untuk anda.

Cara mengatasi SIM card Tidak Terdeteksi di HP dan smartphone anda | alifajar | 4.5