Cara Mengatasi Virus Ransomware Wannacry Terbukti Ampuh

Tips mengatasi penyebaran Virus Ransomware Wannacry – Baru baru publik dihebohkan dengan beredarnya berita mengenai virus atau malware yang menyerang berbagai situs secara global, serangan cyber yang menjebol celah keamanan ini telah menyebar di lebih dari 99 negara di dunia dan menginfeksi ke berbagai situs besar termasuk indonesia yang diberitakan juga terkena dampaknya seperti yang dialami RS swasta di jakarta yang terpaksa melakukan pelayanan secara offline atau manual karena Website dan layanannya terganggu oleh virus Ransomware ini.

Pemerintah melalui kominfo pun turun tangan untuk mengsosialisasikan kepada publik di tanah air mengenai serangan virus malware berbahaya ini guna mencegah penyebarannya semakin luas dan tentu juga merugikan para pengguna internet termasuk anda. menjawab berbagai keresahan publik  APJII atau ( Asosiasi penyelenggara jasa Internet) juga tak mau tinggal diam yang kali ini juga angkat bicara mengenai tips bagiamana mengatasi serangan virus Ransomware Wannacry ini kepada publik, dilihat dari tips yang diinfrormasikan nampaknya tidak bergitu jauh berbeda dengan apa yang disampaikan oleh kominfo dalam keterangan resminya, tips untuk mengatasi malware Ransomware wannacry sebagai berikut:

Untuk anda pengguna PC/Laptop pastikan anda sudah menggunakan atau melakukan Update Security Sistem update Patch MS-17-010 dengan melakukan langkah-langkah seperti dbawah ini

  • Pastikan sebelum anda menyalakan PC/Laptop sambungan kabel LAN (data) sudah tercopot atau bisa juga dengan Sambungan Wi-Fi yang juga dinonaktifkan dulu sebelum mengaktifkan komputer.
  • Jika Komputer sudah diaktifkan dan anda ingin melakukan aktifitas Online atau terhubung ke internet pastikan anda sudah membackup file penting atau data penting yang ada pada komputer/laptop ke HDD Eksternal atau ke USB Flashdisk
  • Setelah terkoneksi ke internet silahkan download security Patch disini melalui perangkat komputer yang berbeda untuk sementara, jika file sudah terunduh maka nanti harus diinstall di PC/Laptop yang anda gunakan. sesuai dengan cara berikut ini
  • Pada tahap ini proses back up file penting sudah dilakukan jadi anda bisa langsung menginstall security patch yang tadi sudah anda download via perangkat lain, silahkan install pada PC/Laptop yang anda gunakan.
  • Setelah security update patch sudah terpasang maka lakukan aktifitas online seperti biasa karena pada tahap ini komputer/laptop anda sudah terproteksi dan sudah berhasil melakukan security update.

Nah demikianlah cara untuk mengatasi serangan malware dari virus Ransomware wannacry yang tentu saja merepotkan para pengguna komputer, anda tentu tak ingin jika perangkat yang menyimpan berbagai file penting malah terjangkit ransomware dan file didalamnya terenskripsi atau tidak bisa dibuka bahkan komputer anda mungkin tak bisa digunakan karena aksesnya terenskripsi.

selain cara diatas terdapat juga cara alternatif yang cukup ampuh untuk mengendalikan bahkan untuk menghapus Ransomware dari komputer anda yakni dengan tips berikut ini:

  • Upgrade Windows yang terinstall pada PC/laptop anda gunakan versi XP keatas seperti Window 8 atau windows 10 dikarenakan pada Windows XP pihak Microsoft sudah tidak membackup security system pada OS tersebut.
  • Install Antivirus berkualitas (Nod32,ESET,Kaspersky,BitDefender dll)  dan lakukan scanning pada system di komputer anda.
  • Hapus Virus Ransomware secara manual jika sudah terdeteksi dan dimasukan dalam Quarantine, lakukan penghapusan manual.

Kominfo menambahkan, anda sebagai  pengguna dihimbau untuk tidak sering sering mengklik link-link yang berasal dari sumber yang kurang jelas disosial media, Email karena bisa jadi penyebaran virus dimulai dari hal hal tersebut.

Nah demikianlah Tips untuk mengatasi serangan virus ransomware Wannacry pada komputer anda, jangan lupa untuk sering melakukan update security sistem pada komputer yang anda gunakan seperti mengupdate antivirus, mengganti sandi akun email,sosial media secara berkala agar tidak terjadi hal hal yang tidak diinginkan dikemudian hari. Sekian dari kami Tim detikgadget semoga informasi ini bermanfaat dan terima kasih.

 

Cara Mengatasi Virus Ransomware Wannacry Terbukti Ampuh | alifajar | 4.5