Cara Mengecilkan Ukuran file Photo di Hp Android Dengan Photo Compress

Tutorial sederhana mengecilkan ukuran Photo pada samrtphone Android- jika anda sering mengambil jepretan photo dengan smartphone anda yang ukuran piksel kameranya lumayan tinggi sehingga  photo yang dihasilkan cukup jernih dan tajam namun ukuran filenya cukup besar dan memakan banyak memori sehingga anda harus menambah kapasitas penyimpanan pada smartphone anda dengan memasukan slot eksternal  MicroSD sebagai tambahan kapasitas daya tampung memori.

cara-mengkompress-gambar-di-hp-android

Ukuran photo yang tajam dan jernih biasanya memang cukup besar berkisar 2Mb keatas namun sebanding dengan kualitas gambar yang tidak akan pecah ketika dizoom. Jika anda juga pengguna kamera DSLR pasti tahu kalo hasil photo yang tersimpan cukup besar dan memakan memori. Namun anda tak perlu khawatir karena sebenarnya ada banyak cara untuk mengecilkan ukuran atau mengkompress file photo tersebut menjadi lebih kecil sehingga kapasitas penyimpanan pada smartphone anda mampu menyimpan lebih banyak photo salah satunya akan kita informasikan pada postingan kali ini.

Dengan menggunakan salah satu aplikasi besutan developer luar yakni Photo Compress yang berfungsi untuk memperkecil ukuran file pada photo. Fitur yang terdapat didalam aplikasi ini lumayan lengkap bukan hanya memperkecil ukuran tetapi juga anda bisa membuat ukuran photo seperti yang anda mau dan yang terpenting ukuran dari aplikasi ini cukup kecil sehingga  tak perlu menghabiskan banyak kuota untuk mendowloadnya. Simak tutorial singkatnya dibawah ini:

  • Hal pertama yang harus anda lakukan tentu saja adalah mendowload aplikasinya di google playstore untuk kemudian anda install aplikasi tersebut pada smartphone android anda.

cara-memperkecil-ukran-photo-detikgadget

  • Kemudian anda coba buka aplikasi photo compress kemudian anda klik tab Gallery dan kemudian anda akan masuk ke dalam galleri di dalam HP android anda dan pilih salah satu photo yang ingin dikompress atau diperkecil ukurannya, lihat gambar dibawah ini

cara-mengecilkan-ukuran-photo-1

  • Pada menu lainnya terdapat pilihan Resize yang bisa anda gunakan untuk mencustom ukuran file tersebut sesuai dengan keinginan anda jika pada file asli photo tersebut berukuran 3268 x1268 maka anda bisa mengubahnya sesuai keinginan menjadi misalnya hanya 800 x 800 jika sudah dirasa pas, tinggal anda klik tombol Resize untuk merubahnya.

cara-mengecilkan-ukuran-photo-resize

  • Menu lainnya pada aplikasi ini adalah tombol “Comress” yang bisa anda gunakan untuk merubah kualitas photo menjadi lebih rendah atau lebih kecil ukuran filenya, jika anda menggunakan fitur ini jangan terlalu banyak mengkompresii file dalam satu photo cukup dengan settingan medium saja sudah cukup, kemudian anda klik “ Compress” untuk melakukannya.

cara-mengecilkan-ukuran-photo-compress

  • Pada pilihan paling bawah terdapat tombol “Replace & Exit” yang berfungsi untuk menyimpan hasil perubahan yang sudah anda kerjakan, sehingga photo akan berubah ukuran filenya sesuai dengan yang sudah anda sesuaikan tadi.

screenshot_2016-10-06-10-17-02

Sebenarnya cara untuk memperkcil ukruran file pada suata photo tentu saja akan mempengaruhi kualitas photo tersebut sehingga ketika dibesarkan atau di Zoom maka kualitasnya akan blur karena semakin kecil angka pixel maka semakin kecil pula ukuran Kb pada file photo anda, jadi sesuaikan saja dengan kebutuhan oke.

Nah demikian;ah tips sederhana untuk memperkecil ukuran photo atau gambar dengan aplikasi photo compress, semoga tutorial ini bisa menambah wawasan anda dan bisa memberikan manfaat Terima kasih..selamat mencoba.

 

Cara Mengecilkan Ukuran file Photo di Hp Android Dengan Photo Compress | alifajar | 4.5