Cara Mengembalikan Data yang Hilang Pada Flashdisk Korup dengan mudah

Tips mengembalikan data yang terhapus pada flashdisk korup- anda pengguna komputer atau laptop pasti sudah familiar dengan alat kecil yang bisa membawa banyak data didalamnya yakni flashdisk dan tentu saja  selain alat ini mampu menyimpan banyak file dan data tentu saja mudah untuk dibawa kemana-mana selain itu kapasitasnya bervariatif mulai dari yang biasa saja hingga cukup besar sampai bisa menampung ribuan foto ataupun video.

Flashdisk saat ini cukup penting keberadaannya selain untuk menyimpan juga bisa untuk berbagi atau bentransfer data. Sekalipun ada alternatif lain seperti berbagi file melalui layanan penyimpanan cloud dsb tapi tentu saja untuk mengambil file tersebut harus mendownload dulu yang tentu saja membuat boros kuota data. Untuk itu penting sekali merawat flashdisk agar tidak error atau korup. Karena jika sudah error atau flashdisk anda terkena corrupt maka data dan file tidak akan terbaca bahkan kita malah akan cenderung ceroboh dengan buru-buru memformatnya sehingga seluruh file hilang dan terhapus, sayang sekali jika file dan data penting ikut terhapus.

Pengguna flashdisk yang mengaalami korup data seharusnya jangan dulu memformat Flashdisknya jika tidak ingin data dan file penting leyap selamanya karena sebetulnya ada cara mudah untuk mengatasi flashdisk yang korup dan bisa mengembalikan file dan datanya kembali hanya dengan tips mudah yang akan kami jelaskan sesaat lagi dibawah ini.

Tips dan trik sederhana mengembalikan data yang terhapus pada flashdisk korup sebetulnya bisa dikategorikan dengan 2 cara mudah, mari kita lihat cara pertama.

Pulihkan flashdisk yang korup dengan menggunakan CMD.

Yap dengan menggunakan CMD sudah bisa mengatasi flashdisk yang korup dan tentu saja dengan cara ini nantinya flashdisk anda bisa langsung terbaca sehingga file dan data bisa selamat bukan begitu.oke lihat step by step nya dibawah in.

Step pertama

Hal pertama yang harus anda lakukan adalah dengan membuka command prompt pada kaptop/PC anda sambil flashdisk yang terkorup menancap pada komputer.laptop yang anda gunakan. Membuka CMD sangat mudah yakni dengan masuk ke menu windows kemudian ketikan  CMD di kolom search dan klik kana pada command prompt kemudian pilih run as administrator.

Step ke dua

Setelah CMD terbuka anda ketikan sebuah script atau perintah d:/f. Yang perlu diperhatikan huruf D yang dimasukan tadi merupakan storage yang ditempati oleh flashdisk anda bisa saja terpasang di disk F, G dsb sesuaikan script tadi dengan dimana flshdisk terpasang.

Step ke tiga

Jika perintah tadi sudah diketikan dan klik enter maka proses verifikasi dan scanning akan berjalan, anda hanya tinggal menunggu prosesnya saja setealh itu biasanya akan muncul kotak dialog, nah jika sudah muncul anda tinggal ketik huruf Y dan klik enter, setelah itu proses pembersihan flashdisk akan berjalan.

Jika semua langkah-langkah diatas sudah dijalankan maka flashdisk yang tadinya terkorup biasanya akan kembali terbaca dan biasanya file yang hilang akan tersimpan pada flashdisk dan tertampung pada file lost.dir didalam flashdisk yang anda gunakan tersebut.silahkan mencoba.

Cara kedua mengatasi flashdisk yang korup dengan aplikasi tambahan

Selain cara diatas masih ada cara lain untuk mengembalikan data yakni dengan menggunakan bantuan software yang bisa anda download secara gratis. Yakni dengan menggunakan Easy US data recovery wizard. Simak caranya dibawah ini:

 

Step pertama

Hal pertama yang harus anda lakukan adalah dengan mendownload software tersebut, anda bisa mendapatkanya di website seperti bagas31.com dan klik download.

 

Step kedua

Jika software sudah terdownload maka tinggal install saja pada laptop/PC anda sekarang buka software tersebut untuk menjalankannya, oke didalam pilihan menu software tersebut terdapat banyak pilihan nah tinggal anda sesuaikan dengan kebutuhan karena didalamnya terdapat berbagai jenis file yang ingin anda kembalikan seperti misal anda hanya ingin mengembalikan file foto saja maka tinggal centang pilihan foto dan klik next.

Step kedua

Setelah itu klik drive yang ditempati flashdisk yang terpasang pada komputer/laptop anda semisal drive G dll kemudian klik scan, maka proses akan berjalan.

Step ketiga

Setelah flashdisk terscan maka akan muncul berbagai jenis file, anda tinggal pilih saja mana yang ingin anda pulihkan kemudian klik recover.

Step keempat

Jika file yang ingin dipulihkan sudah terpilih maka anda tinggal memilih lokasi untuk restore data yang sudah berhasil dipulihkan tadi maka ketika proses selesai file tersebut akan tersimpan pada file yang anda pilih dilaptop atau komputer.

Okee cukup mudah dan simple kan cara mengembalikan data yang terkorup pada flashdisk. Dengan 2 cara diatas biasanya file akan kembali muncul serta flashdisk yang korup sudah kembali pulih, untuk itu jika flashdisk anda korup atau tidak terbaca jangan dulu terburu buru untuk memformatnya, gunakan cara-cara diatas untuk mengatasinya oke.

Demikianlah tips dan trik kali ini semiga bermanfaat untuk anda dan terima kasih.

 

 

Cara Mengembalikan Data yang Hilang Pada Flashdisk Korup dengan mudah | alifajar | 4.5