Cara Mengubah Kartu MicroSD jadi memori Internal HP Android

Trik Cara jadikan Kartu memory SD jadi Internal Memory HP –Dalam perkembangannya semakin hari semakin banyak aplikasi dan fitur multimedia yang membutuhkan ruang penyimpanan lebih besar terlebih jika anda hobi berfoto mendownload lagu, video ataupun menginstall game yang berukuran besar yang sudah tentu menghabiskan banyak ruang penyimpanan internal pada HP, dan faktanya semakin sempit ruang memori yang tersedia biasanya kinerja Smartphone jadi kian lambat. Untuk itu hadirlah slot tambahan eksternal microSD untuk menambah kapasitas penyimpana alhasil file seperti foto, lagu,video dll bisa juga dipindahkan agar ruang internal memori pada HP bisa tetap lega dan performa smartphone tetap cepat.

Seperti yang kita tahu para produsen Smartphone baru baru ini melakukan sebuah inovasi dalam rangka effisiensi ruang tambahan pada sebuah ponsel seperti misal ditiadakannya slot eksternal microSD yang terpisah yang dijadikan satu dengan slot SIM card atau istilahnya Hybrid Slot sehingga ketika anda ingin menggunakan Slot MicroSD maka fitur Dual SIM harus ditiadakan ataupun sebaliknya jika anda ingin menggunakan fitur Dual SIM maka microSD tidak bisa digunakan, lalu seberapa pentingnya kah peran penyimpanan dalam sebuah ponsel pintar.

Tentu saja jika anda menggunakan ponsel dengan internal memory besar semisal 64 atau 128GB sebagai internal mungkin urusan memori kepenuhan tak jadi soal tapi bagaimana jika anda menggunakan smartphone yang hanya memiliki ruang internal kecil yang maksimal hanya 16GB saja tentu saja perlu tambahan ruang penyimpanan untuk file dan data pada ponsel. Tapi tenang saja karena pada postingan kali ini admin sudah menyiapkan solusi untuk anda yang memiliki HP dengan ruang internal tidak terlalu besar yakni dengan memanfaatkan kartu memori ekstrnal untuk dijadikan ruang internal memori pada smartphone anda, lalu kira kira bagiamana caranya?? Simak penjelasannya dibawah ini:

Cara Menjadikan Kartu Memori Menjadi Internal memori

Ada sebuah fitur pada smartphone Android yang belum banyak diketahui oleh para penggunanya terutama pengguna pemula yakni dengan memanfaatkan Fitur Adoptable Storage yang bisa anda temukan pada HP Android yang berjalan dengan OS Android seri Marshmallow 6.0 yang bisa menjalankan fitur canggih ini alhasil kartu memory eksternal bisa anda jadikan tambahan kapasitas pada storage internal HP, sebelumnya memang sudah ada trik untuk menjadikan slot eksternal menjadi kapasitas internal namun cara tersebut cukup ribet, nah dengan trik ini tentu saja semuanya bisa dilakukan dengan simple, pertama perhatikan dulu faktor faktor lain seperti microSD yang anda gunakan.

Cermati Kartu memori eksternal yang digunakan

Pastikan untuk melakukan trik ini anda hanya menggunakan microSD dengan kualitas dan performa yang cepat yakni microSD Class10  yang original, jangan tergiur dengan harga murah karena bisa jadi microSD tersebut KW atau palsu, cek juga keaslian dan kecepatan baca data pada microSD yang akan digunakan selalu pastikan microSD yang anda beli bergaransi, rekomendasi dari kami seperti merk V-GEN, Sandisk ataupun Samsung cukup bagus untuk digunakan.

Nah jika anda menggunakan trik ini tentu prosedur copot pasang kartu memori tak bisa lagi secepat biasanya, anda harus melakukan prosedur tertentu ketika akan mencopot microSD dari ponsel. Okee untuk mulai melakukan trik  adoptable storage ini anda bisa mulai dengan memback-up dulu data dan file penting yang ada pada microSD karena prosedurnya kartu memori akan diformat terlebih dahulu agar bersih dan siap digunakan untuk tambahan kapasitas internal. Oke simak langkah-langkahnya berikut ini:

  • Pertama setelah file dan data dibackup dari microSD, sekarang coba pasangkan kartu memori ke ponsel pintar anda.
  • Oke kartu memori sudah terpasang, sekarang buka menu setting pada ponsel kemudian cari menu Storage/penyimpanan.
  • Setelah masuk ke menu storage anda pilih kartu microSD untuk kemudian klik bagian kanan atas layar pada 3 titik yang ada untuk memunculkan opsi baru yakni “Storage Setting” kemudian klik.
  • Setelah masuk ke menu Storage Setting maka akan opsi baru, lalu anda pilih “Format as internal”
  • Nah jika sudah diklik maka akan muncul pilihan berisi “ Erase & Format” silahkan anda klik kemudian klik “OK” untuk menyelesaikan prosedurnya.
  • Sekarang proses adoptable storage sudah dilakukan maka kartu memory sekarang sudah bergabung dengan internal memori alhasil kapasitas ruang penyimpanan jadi semakin besar. Selesaai

Nah itulah trik bagiamana cara untuk menjadikan kartu microSD sebagai internal memori, jadi sekarang anda tak perlu khawatir lagi akan kehabisan ruang memori pada ponsel pintar anda selain itu dengan trik ini tentu saja performa HP kian terjaga dan tetap lancar.

Selain bisa menjadikan kartu microSD sebagai internal tambahan anda juga bisa menjadikan microSD penyimpanan portable layaknya flashdisk dengan memilih opsi “Format as Portable” pada settinga adoptable storage tadi dan langkah-langkah yang sama.

Demikian lah artikel cara menjadikan kartu memori jadi internal memori pada ponsel Android yang bisa langsung anda praktekan, okee semoga bermanfaat dan terima kasih.

 

Cara Mengubah Kartu MicroSD jadi memori Internal HP Android | alifajar | 4.5