Cara merawat CPU Komputer anda agar PC tetap awet

merawat CPU detikgadget 2

Jaman sekarang, setiap orang tentunya sudah mengenal dengan apa yang disebut motherboard PC. Benda ini adalah komponen terpenting pada PC karena menjadi tempat menjalankan semua spare part dari komputer sendiri. Untuk itu, perawatan motherboard PC yang baik dan benar perlu dipelajari. Jika kita bisa merawat motherboard dengan baik dan benar, tentu hal tersebut akan memberikan keuntungan pada anda serta membuat motherboard yang anda miliki lebih awet. Berikut ini adalah cara mudah dan efektif untuk menjaga motherboard anda.

perawatan motherboard computer detikgadget

Membersihkan Motherboard Secara Teratur

Pertama, ,merawat PC pada bagian motherboard yang sangat efektif untuk dilakukan adalah dengan cara membersihkan motherboard secara teratur. Untuk membersihkan motherboard, anda bisa membuka CPU anda kemudian menyembur bagian motherboard dengan blower. Anda sebaiknya menyembur dengan blower dan ketika hari sudah siang sehingga kelembaban tidak membuat bagian dari motherboard menjadi berkarat. Motherboard bisa sangat sensitif pada debu dan kadang, debu dapat menghalangi hubungan antara RAM dan motherboard. Jika hal itu terjadi, komputer tidak akan bisa melakukan booting secara normal.

merawat CPU detikgadget

Memberikan UPS Serta Stabilizer

Kemudian, perawatan motherboard PC adalah dengan memberikan stabilizer serta UPS. Stabilizer berguna untuk membuat arus yang mengalir pada motherboard menjadi constant. Arus constant ini tentunya aman bagi motherboard karena jika motherboard mendapat arus tidak tetap, motherboard akan mengalami konsleting. Kemudian, PC yang mati secara tiba-tiba juga merupakan penyebab kerusakan pada motherboard jadi anda harus memiliki UPS yang dapat mencegah matinya PC ketika mati listrik. Itulah cara terbaik merawat motherboard PC.

Membersihkan Ventilasi Udara dan Meningkatkan Intensitas Pendinginan

Cara terakhir yang bisa anda lakukan untuk merawat motherboard ini adalah mendapatkan ventilasi dan sistem pendinginan yang lebih baik. Pertama, anda bisa maksimalkan ventilasi pada PC anda di sekitar motherboard tersebut. Anda bisa bersihkan ventilasi dari debu atau berbagai hal yang menutupinya sehingga udara dapat mengalir dengan baik. Kemudian, anda juga bisa menambah pendingin seperti kipas angin atau pendingin lain. Anda bisa meningkatkan kualitas kipas angin dalam dari motherboard. Motherboard yang panas lebih mudah rusak dan konslet, oleh karena itu, pertahankan suhu pada motherboard tersebut pada suhu yang baik sehingga motherboard bekerja dengan baik.

Itulah semua cara yang telah dilakukan guna perawatan motherboard PC. Anda sebaiknya melakukan perawatan terhadap motherboard PC tersebut agar PC anda bertahan lebih lama. PC yang tahan lama tentunya memberikan banyak manfaat dan anda tidak akan menyesal ketika melakukan hal tersebut. Pastikan anda juga menempatkan komputer di tempat yang kering dan jauh dari udara luar karena udara luar cenderung lembab dan embun dapat membuat mesin pada motherboard anda dengan cepat.

Deskripsi: perawatan motherboard PC dapat dilakukan secara efektif dengan cara membersihkan motherboard serta memberikan UPS dan stabilizer.

Cara merawat CPU Komputer anda agar PC tetap awet | alifajar | 4.5