Cara mudah mengatasi “Storage Space running out” Di HP android anda

Mengatasi memory penuh pada HP android- seringkali smartphone memiliki spesifikasi hardware yang berbeda tiap seri dan merknya hal tersebut bisa didasari oleh harga yang menyesuaikan dengan spek yang diusungnya maupun dari brand brand tertentu yang memang selalu menyediakan spek hardware yang tinggi. Hanya saja umumnya spesifikasi internal memory (ROM ) yang tersedia pada tiap ponsel android yang beredar memiliki ukuran storage yang cukup kecil terlebih jika samrtphone tersebut dibandrol dengan harga satu jutaan. Berbeda dengan HP android yang dibandrol dengan harga tinggi yang biasanya memilki space memori internal yang tinggi bisa 16 hingga 64Gb untuk internalnya saja. Sedangkan untuk menambah kapasitas guna menampung lebih banyak file anda diharuskan menggunakan slot eksternal microSd yang tersedia.

cara mudah mengatasi internal space is runningout detikgadget

Nah untuk anda hoby memotret menggunakan kamera maupun mengunduh file via smartphone otomatis kapasitas internal memori anda akan semakin penuh sehingga performa HP android anda cenderung makin lambat dan cepat panas ketika digunakan untuk aktifitas multimedia maupun sekedar browsing . Seringkali malah muncul pesan peringatan “Storage space running out” yang menandakan ruang memori internal hampir penuh. Tentu saja hal tersebut sangat mengganggu bukan terlebih anda sering menggunakan HP anda untuk aktifitas lainnya. Hal tersebut bisa terjadi pada HP android merk apapun yang memiliki kapasitas internal memori yang cukup kecil, biasanya pada HP android keluaran lama yang berkapasitas 8Gb kebawah.

Untuk mengatasi masalah pesan error ‘internal memori sudah hampir habis’ kita akan informasikan beberapa tips sederhana yang bisa anda gunakan untuk mengatasi masalah tersebut sehingga performa HP tetap terjaga, simak tips dan langkah-langkahnya dibawah ini:

Cara pertama dengan menghapus file Cache di sistem Android

Hampir semua perangkat smarthone android menghasilkan cache dan junk files yang terus menumpuk jika tidak pernah dibersihkan ataupun dihapus, ini karena sistem di android yang terus digunakan selalu menyimpan cache dari aplikasi yang sedang dibuka maupun sudah diclose besarnya cache tersebut bisa sampai ratusan MB jika tidak dibersihkan secara berkala. Nah dengan meghapus cache pada sistem di HP android anda maka internal storage pada HP akan semakin bertambah lega. Cara menghapusnya cukup sederhana yakni dengan menggunakan aplikasi ccleaner maupun Clean master atau aplikasi sejenis lainnya. Atau anda bisa menghapusnya secara manual dengan cara berikut ini

Masuk ke setting/pengaturang>> tap apps/aplikasi >>Tap downloade/unduhan pilih aplikasi aplikasi yang memiliki cache yang besar dan >>tap hapus cache/clear cache. selesai

Cara kedua dengan memilih aplikasi yang jarang digunakan untuk dihapus

Untuk memperluas kapasitas internal memori HP android anda bisa juga dengan menghapus beberapa aplikasi yang berukuran besar yang jarang anda gunakan atau aplikasi yang sebenarnya tidak begitu penting yang terinstall di HP android anda. seperti game game yang berukuran besar, aplikasi facebook yang cukup menguras RAM dan internal memori dll. Dengan begitu maka kapaitas internal memori anda akan semakin lega karena berkurang tumpukan file aplikasinya. Untuk menguninstallnya secara manual anda bisa dengan melakukan cara atau langkah berikut ini

Masuk ke menu setting/ pengaturan>> tap apps/aplikasi>> tap downloaded/unduhan kemudian pilih aplikasi yang akan di uninstall dan>> tap copot pemasangan/uninstall…selesai

Cara ke Tiga dengan memindahkan aplikasi dari internal memori ke eksternal memory

Cara yang satu ini terbilang cukup ampuh dibanding cara kedua karena anda tak perlu menghapus aplikasi atau file favorit didalam internal memori HP android anda, dengan memindahkan file dari internal ke eksternal maka anda tetap bisa menggunakan aplikasi atau file dan data di HP anda. hanya saja untuk memindahkan file dari internal ke eksternal memori HP android anda diharsukan berjalan dengan OS android versi Kitkat keatas. Dengan cara ini maka pesan error yang muncul biasanya akan hilang karena kapasitas memori internal akan semakin lega. Untuk melakukannya anda tinggal ikuti caranya dibawah ini.

Masuk ke menu setting/pengaturan Tap Apps/aplikasi tap downloaded/unduhan dan tap “Import to Sdcard’ atau “pindahkan ke kartuSD” selesai….mudah bukan.

Sudah dicoba tips sederhana diatas? Silahkan anda coba aplikasikan ke HP android anda untuk mengatasi masalah error muncul pesan “Internal storage is running out” atau internal memori sudah hampir habis. Maka menggunakan cara cara diatas internal memori di HP anda akan semakin bersih dan lega sehingga HP anda akan tetap lancar dan tidak lagi lemot dan boros baterai. Jika salah satu cara diatas sudah dilakukan dan masih muncul pesan error tersebut, disarankan anda untuk merestart smartphone anda.

Itu tadi ulasan mengenai cara mudah mengatasi “storage space running out” di HP android. Yang bisa segera anda terapkan dan semoga tips sederhana diatas bisa bermanfaat, untuk tips n trik pada Hp android lainnya bisa anda lihat di artikel lainnya di website ini. termakasih telah membaca.

 

Cara mudah mengatasi “Storage Space running out” Di HP android anda | alifajar | 4.5