Cara mudah Menghilangkan Virus di HP Android Tanpa aplikasi Antivirus

Cara mudah menghapus Virus di Android- sebagai sistem Operasi paling banyak digunakan oleh pengguna Smartphone di seluruh dunia tentu saja Android yang bersifat open source bagi setiap developer untuk mengembangkan aplikasi berbasis Android membuat OS ini rentan disusupi Virus pada setiap Aplikasi yang dirancang para pembuat nakal, tetapi hal tersebut memang jarang karena Pada Google palystore sendiri setiap aplikasi yang dirilis sudah pasti sudah melalui tahap uji kelayakan dan review dari pihak Google selaku pemilik Playstore dan juga pengembang OS Android.

cara-menghapus-antivirus-tanpa-aplikasi-antivirus-di-hp-android

 Meskipun begitu tetapi tetap saja ada aplikasi yang beredar di Google Playstore yang masih berisi Malware atau Virus yang cukup menggangu penggunanya. Nah mungkin anda akan berniat menginstall aplikasi antivirus untuk menghilangkan virus pada HP android anda, tapi bagaimana jika pada aplikasi Antivirus tersebut malah disusupi virus dan malware itu sendiri. Biasanya para pengguna yang sudah bingung dengan HP androidnya yang sudah mulai banyak dimasuki virus atau malware sehingga kinerjanya semakin melambat atau terganggu akan langsung melakukan hard reset atau Factory reset yang bisa dibilang cara ampuh menghilangkan virus didalam HP androidnya tapi bukan hanya virus namun aplikasi dan data serta file penting lainnya akan ikut terhapus secara permanent jika anda melakukan hard reset, Maka pikirkan baik-baik sebelum melakukannya. Lumayan merepotkan juga bukan? tetapi Tenang saja karena pada postingan kali ini Tim Kita sudah merangkum tutorial Cara mudah menghilangkan Virus pada HP android tanpa install Antivirus. Penjelasan dan langkah sederhananya ada dibawah ini:

  1. Dengan masuk ke safe Mode

Cara ini memungkinkan anda untuk menjalankan sistem Android pada HP anda dengan lebih ringan karena pada dasarnya dengan memasuki safe mod, HP android anda hanya akan menjalankan aplikasi yang penting atau bawaan dari sistem androidnya itu sendiri. Jadi pada safe mode ini aplikasi yang anda unduh dan install akan tampak hilang, meskipun sebenarnya tidak hilang hanya pada safe mode saja aplikasi-aplikasi tersebut tidak muncul, nah pada saat anda menggunakan safe mode pada HP android sebaiknya gunakan kesempatan ini untuk menghapus berbagai dump files atau cache serta menghapus file file yang hanya memenuhi sistem Android pada HP anda,  dengan begitu berbagai malware atau virus bisa ikut terdeteksi dan bisa anda hapus.

cara-menghilangkan-virus-tanpa-antivirus-2-detikgadget

Jika anda tidak tahu bagaimana cara untuk masuk ke safe mode, sebetulnya cukup mudah hanya saja tiap perangkat android biasanya menggunakan cara masuk dengan metode yang berbeda-beda tetapi pada umumnya dengan menekan tombol power + Volume secara bersamaan ketika proses booting ( logo merk HP muncul) makan anda akan memasuki safe mode. Untuk berbagai tipe HP bisa anda google caranya jika tidak berhasil masuk ke safe mode.

  1. Cek Aplikasi- aplikasi yang terpasang di HP android anda

cara-menghilangkan-virus-tanpa-antivirus-2a-detikgadget

Diatas sudah dijelaskan cara untuk masuk ke safe mode serta fungsinya untuk HP android anda, nah jika saat ini anda sudah bisa memasuki safe mode maka saatnya anda cek lebih detail lagi aplikasi apa saja yang terinstall pada HP Android anda, dengan cara masuk ke menu setting/pengaturan kemudian klik Apps dan klik Tab Downloaded. Nah pada menu downloaded ini semua aplikasi selain aplikasi sistem bawaan akan hilang atau tidak akan muncul, namun karena HP Android anda terkena virus maka sistem akan memunculkan aplikasi pihak ketiga yang belum pernah anda download tapi muncul pada tab downloaded pada fitur safe mode ini.

  1. Uninstall aplikasi yang mencurigakan

cara-menghilangkan-virus-tanpa-antivirus-3-detikgadget

Pada poin diatas anda dijelaskan untuk menemukan berbagai aplikasi asing atau mencurigakan pada sistem Android anda, nah jika ada beberapa aplikasi asing yang sebelumnya belum pernah anda download tetapi kemudian muncul, segera hapus atau uninstall aplikasi tersebut. Tetapi kadang aplikasi tersebut tidak bisa dihapus karena mengharuskan anda mengakses sistem administrator.

  1. Hilangkan hak akses Administrator pada aplikasi mencurigakan

cara-menghilangkan-virus-tanpa-antivirus-4-detikgadget

Jika aplikasi asing sudah ditemukan dan sulit untuk diuninstall karena memerlukan akses administrator untuk melakukannya, maka sekarang anda harus merubah akses administrator pada aplikasi tersebut, caranya cukup mudah yakni setelah masuk ke menu setting dan menemukan aplikasi mencurigakan tersebut di application setting, sekarang anda keluar dari app setting dan masuk ke menu setting dan klik Security dan pilih Device Administrator. Kemudian hilangkan centang administrator pada aplikasi tersebut untuk menghilangkan akses adiministratornya. Setelah itu anda kembali ke application setting dan mulai cek aplikasi mencurigakan untuk kemudian anda uninstall aplikasi tersebut.

  1. Keluar dari safe Mode pada HP Android anda

cara-menghilangkan-virus-tanpa-antivirus-5-detikgadget

Jika pada langkah-langkah diatas anda sudah bisa menemukan aplikasi yang mencurigakan didalam safe mode  untuk kemudian anda uninstall, maka saat ini anda tinggal keluar dari safe mode tersebut, caranya cukup gampang yakni hanya dengan merestart HP anda seperti biasa dan tunggu beberapa saat maka HP anda masuk dalam kondisi normal dan aplikasi mencurigakan tersebut sudah tidak ada.

Cara dan langkah diatas cukup mudah bukan? Tanpa alat tambahan atau install aplikasi apapun sudah bisa menghilangkan virus yang menggangu atau tertanam pada aplikasi yang didownload  pada HP android anda. untuk mencegah virus menyusupi perangkat android kesayangan anda, kami menyarankan untuk jangan asal mengunduh aplikasi dari sembarangan website serta secara berkala melakukan backUp data pada aplikasi yang terinstall sehingga ketika proses penghapusan atau factory reset terpaksa dilakukan, maka anda tak perlu lagi mengunduhnya.

Nah demikianlah postingan untuk tutorial cara mudah menghapus virus pada HP android tanpa antivirus yang bisa anda segera praktekan, semoga cara diatas bisa membantu dan bermanfaat untuk anda, terima kasih.

 

Cara mudah Menghilangkan Virus di HP Android Tanpa aplikasi Antivirus | alifajar | 4.5