Cara Unroot Smartphone Android paling mudah tanpa PC

Tutorial Unroot HP dan Tablet Android – jika anda senang mengoprek atau mengotak atik Hp android sudah tentu tidak asing lagi dengan istilah Root HP android, tentu saja Rooting pada HP android memiliki banyak keuntungan dan juga terdapat resiko. Kelebihannya jika HP android kita sudah diroot adalah kita memiliki akses ke main sistem pada perangkat android kita sehingga bisa leluasa mengoprek atau mengedit sistem HP android anda maka tak heran jika HP yang sudah di root memiliki kebebasan untuk menginstall berbagai aplikasi yang sifatnya user advance sehingga performa pada HP android lebih bisa dimaksimalkan.

cara mudah unroot android

Terlepas dari kelebihannya Rooting pada HP android juga terdapat resiko yakni keamanan sistem HP android yang rentan disusupi malware atau Virus. Terlabih gugurnya garansi dari pabrikan smartphone karena biasanya pihak vendor tidak menerima komplain dari smartphone yang sudah di Root.

Jika anda berniat untuk mengUnroot HP atau Tablet Android kesayangan anda sehingga kondisinya bisa kembali seperti sebelumnya. Maka kita akan coba berikan tips sederha dan mudah yang bisa anda praktekan langsung untuk mengUnroot Smartphone anda. berikut beberapa cara mudahnya yang kita kumpulkan dari berbagai situs terkemuka seperti jalantikus.com atau androidpit. Mari simak bersama:

SuperSU detikgadget

  • UnRoot HP android dengan Aplikasi Super SU

Untuk anda yang sudah pernah melakukan Root pada HP android anda pasi sudha tak asing dengan aplikasi SuperSu. Aplikasi ini biasanya muncul pada perangkat yang sudah di Root nah pada aplikasi SuperSU ini terdapat fitur untuk mengUnroot HP android yang bisa segera anda gunakan untuk ngembalikan kondisi smartphone anda seperti semula.

Caranya cukup mudah yakni dengan masuk ke aplikasi SuperSU dan klik menu setting dan klik pilihan”full Unroot” kemudian ikuti langkah-langkah defaultnya dan HP android anda akan reboot otomatis setelah itu kondisi HP android anda sudah menjadi Unroot atau kembali normal. Mudah bukan.

  • Unroot HP android dengan aplikasi lain

Jika sudah menggunakan Aplikasi Seperti SuperSU untuk mengunroot HP android anda dan masih saja gagal untuk mengembalikan HP android anda ke kondisi normal? Ada baiknya anda gunakan aplikasi lain untuk melakukannya seperti menggunakan aplikasi Universal Unroot yang lumayan cukup populer kehandalannya.

universal root detikgadget

Dengan aplikasi Universal Unroot maka kondisi HP anda yang sudah rooted bisa kembali seperti semula dengan menghilangkan akses rooting pada HP/Tablet Android anda. hanya saja aplikasi memiliki kekurangan yang sifatnya berbayar dengan harga sekitar 1USD atau sekitar 13ribuan saja serta  aplikasi Universal Unroot ini tidak bisa support dengan perangkat merk Samsung karena perbedaan sistem akses rooting , namun jika smartphone anda berasal dari brand lain, nampaknya tidak ada kendala berarti.

  • Unroot Smartphone Android dengan menu File Manager

Siapa sangka menu File manager bawaan pada setiap smartphone Android bisa dijadikan salah satu cara untuk mengUnroot HP android anda dengan menggunakan ES File Explorer setelah sebelumnya mengaktifkan akses Rooting pada pengaturan di HP android anda. simak langkah-langkahnya

cara mudah unroot dengan filemanager detikgadget

Akses terlebih dahulu main drive pada HP android anda kemudian pilih “System” setelah itu pilih “bin” setelah masuk pilih “busy box” dan SU.

Jika tidak ditemukan bisa dengan cara masuk kembali ke sistem Folder kemudian pilih “Xbin” dan cari file “busybox” untuk kemudian dihapus serta file “SU” yang juga dihapus.

Jika sudah dihapus sillahkan kembali ke sistem folder dan pilih app untuk kemudian hapus file “superuser.apk” dan segera restart HP android anda.

  • Unroot HP android dengan menggunakan menginstall Stock Firmware

Cara Unroot dengan stock firmware bisa dibilang cara yang cukup mudah dan ampuh untuk mengUnroot HP android anda karena dengan mengembalikan firmware asli HP android anda maka secara default firmware menyediakan software bawaan secara keseluruhan dan akses Root pada samrtphone Android anda pun akan hilang, hanya saja pada postingan kali ini kita tidak dapat menjelaskan secara detail mengunakan firmware dikarenakan tiap brand smartphone memiliki cara berbeda, silahkan anda googling untuk detail caranya.

Unroot dengan firmware detikgadget

Terdapat satu cara yang juga mapuh untuk mengunroot HP android anda hanya cara ini cukup jarang karena harus menunggu update firmware OS android yakni dengan update OTA (On the Air) yang bisa secara otomatis merubah status root menjadi Unroot jika anda melakuka update OTA namun cara ini memiliki banyak kekurangan karena harus menunggu mendapatkan Update firmware OS android dulu yang tentu saja tidak bisa diketahui kapan munculnya.

Nah beberapa cara Unroot HP dan Tablet Android yang anda baca diatas bisa segera anda praktekan jika memang anda berniat mengembalikan HP android anda ke kondisi normal tanpa akses Root yang berguna menguragi resiko disusupi malware ataupun aplikasi yang bukan dari developer resmi yang bisa saja membahayakan sistem pada HP Android anda. oke semoga tips cara ampuh Unroot HP android  anda bisa bermanfaat untuk anda dan jangan lupa simak postingan kita yang lain tentang tips n trik HP android. Terima kasih.

Cara Unroot Smartphone Android paling mudah tanpa PC | alifajar | 4.5