Cara Upgrade Versi Android dari Kitkat ke Lollipop dengan mudah

Cara Upgrade Android ke versi Terbaru tanpa ROOT- Sistem Operasi paling populer yang digunakan smartphone saat ini yakni Andori, Operating sistem besutan Google yang identik dengan maskot robot hijau ini terbilang cukup menarik karena setiap tahunnya para developer menyediakan update untuk versi teranyar dari OS Android ini. sistem operasi yang dahulunya milik sebuah developer kecil yang kini beli sepenuhnya oleh google ini semakin populer karena para pabrikan smartphone seperti Samsung, HTC, Lenovo dll lebih memilih menginstall OS Android ini pada ponsel buatannya tidak seperti Nokia yang pada pertama kalinya merilis OS windows namun kalah bersaing dengan Android sehingga penjualan ponsel Nokia terus merosot.

Sistem operasi Android ini bersifat Open Source jadi tak heran jika banyak developer atau pengembang aplikasi yang menciptakan sebuah aplikasi atau Game yang bisa diedarkan secara luas dan terinstall pada setiap perangkat yang menggunakan OS Android. Selain itu terdapat banyak fitur baru dan canggih pada setiap versinya maka tak heran jika pengguna juga mengupgrad versi android pada smartphone yang digunakan untuk mencicipi kehebatan seri OS android terbarunya.

Nah pada artikel kali ini kami akan membagikan sebuah tips dan trik bagaimana cara mengupgrade Android dengan langkah langkah mudah. Semisal OS android yang terpasang  pada HP anda saat ini adalah Kitkat dan ingin meningkatkan versi androidnya ke versi Lollipop ataupun lebih tinggi lagi seperti dari Android lollipop ke versi android marsmallow tentu saja caranya tidak jauh berbeda, oke simak langkah-langkahnya berikut ini:

Sebelum mengupdate versi android mari kita cek dahulu tingkatan OS android yang sudah di rancang dan dirilis Google selaku developernya:

 

  1. Android Cupcake 1.5
  2. Android Donut 1.6
  3. Android Eclair 2.0
  4. Android Froyo 2.2
  5. Android Gingerbread 2.3
  6. Android Honeycomb 3.0
  7. AndroidIce Cream Sandwich 4.0
  8. Android Jelly Bean 4.1
  9. Android Kitkat 4.4
  10. Android Lollipop 5.0
  11. Android Marshmallow 6.0.1
  12. Android Noughat 7.0

Nah jika anda sudah mengetahui tingkatan dari OS android maka anda tahu sekarang berada dan menggunakan versi android yang mana.namun tentu saja semua OS android diatas disesuaikan dengan kompatibilitas dari HP yang anda gunakan.

cara mengupgrade android

  • MengUpgrade Android secara otomatis via sistem di HP Android

cara ini bisa dilakukan jika pada smartphone yang anda gunakan sudah tersetting secara default untuk otomatis akan update jika terdapat versi teranyar yang disediakan Google dan versi tersebut sudah support dengan smartphone anda. tinggal anda masuk ke menu setting System Update dan biasanya jika settingan sudah tersetting secara otomatis maka jika ada versi teranyar akan mendownload secara otomatis namun kami menyarankan mensettingnya secara manual saja. Begini detailnya.

  • Pertama anda masuk ke menu setting/pengaturan pada smartphone android anda
  • Scrool ke bawah dan tap menu About pada menu setting
  • Kemudian tap menu system update dan anda akan diperlihatkan sistem operasi yang terpasang pada smartphone anda saat ini.
  • Jika anda ingin merubah settingan updatenya tinggal klik auto download system dan rubah sesuai keinginan anda bisa menjadi otomatis mendowload atau harus ada notifikasi dulu, semua terserah pada anda.
  • Dan jika ingin mengupdatenya tinggal klik check update kemudian klik update
  • Maka sistem android pada smrtphone anda akan otomatis mengunduh sistem android terbaru. Gampang kan

jika OS android terbaru sudah rilis dan tersedia oleh pihak vendor maka biasanya proses update akan berlangsung namun jika OS tersebut tidak support dan hardware smartphone anda hanya bisa sampai tingkat OS android tertentu maka tentu saja upgrade android pada smartphone anda harus dilakukan secara manual dengan terlebih dahulu meRoot Smartphone anda. karena cara diatas hanya untuk smartphone yang masih dalam keadaan Unroot dan masih dalam batas aman.

Cara mengupdate  android pada smartphone secara manual

Jika anda ingin mengupdate OS android pada HP anda secara manual maka ada hal hal yang harus anda persiapkan berikut ini agar proses download dan Update sistem pada smartphone anda berjalan lancar

  1. Backup data ponsel

Guna menghindari hal hal yang tidak diinginkan seperti hilangnya data penting dalam smartphone anda, disarankan sebelum melakukan update sistem android anda harus memback-up data pada ponsel terlebih dahulu dengan memindahkan sebagian besar file dan data pada eksternal memory atau biasanya terdapat aplikasi back-up ponsel yang bisa digunakan untuk melindungi data penting  namun jika tidak tersedia anda bisa mengunduh aplikasi back up ponsel terlebih dahulu.

  1. Download menggunakan WiFi

Mendowload system update dengan wifi sebenar bukan hal yang harus dan bisa saja dengan kuota data pada smartphone anda proses unduhan bisa langsung dilakukan, namun dengan menggunakan hotspot wifi tentu saja sinyal akan lebih stabil sehingga proses pengunduhan akan berlancar.

  1. Cek kapasitas baterai HP

Hal ini bertujuan agar ketika ditengah tengah proses unduhan smartphone anda masih tetap stabil karena selain mendownload file system tentu saja proses instalasinya juga memakan cukup banyak waktu dan tentu saja daya yang diserap cukup banyak. Sayang sekali jika proses pengunduhan harus diulang dari awal atau installasi berjalan kacau karena hp tiba-tiba mati ditengah prosesnya.

  1. Silahkan Lakukan upgrade

Nah jika hal hal diatas sudah dipersiapkan maka proses update bisa dilakukan, dengan melakukan seperti cara diatas yakni dengan masuk ke menu setting pada smartphone anda kemudian proses update android bisa langsung anda lakukan.

Nah bagaimana dengan cara mengupgrade android diatas? Simple kan. Anda tak perlu meroot smartphone jika sistem tersebut memang support dengan ponsel yang anda gunakan saat ini.semoga dengan cara meningkatkan sistem operasi android baik dari kitkat ke lollipop ataupun anda yang ingin mencicipi canggihnya android marsmallow tentu saja cara diatas bisa anda aplikasikan.

Oke semoga bermanfaat dan jangan lupa baca juga artikel kami yang lainnya. Terima kasih….

Cara Upgrade Versi Android dari Kitkat ke Lollipop dengan mudah | alifajar | 4.5