Fitur dan Kelebihan OS Android Oreo Terbaru

Kelebihan dan fitur Terbaru di OS Android Oreo-  Sebagai raksasa Teknologi dan penyedia OS paling banyak digunakan seluruh dunia yakni Google dengan Androidnya, kali ini google kembali akan merilis seri OS android terbaru setelah sebelumnya hadir dengan Android Nougat kali ini pihak developer Google resmi memberikan nama untuk OS android Versi terbaru mereka yakni Android O atau Oreo yag diambil dari cemilan biskuit yang juga cukup populer diseluruh dunia, seperti yang kita tahu google memang menamai setiap seri OS Androidnya dengan nama cemilan atau makanan yang populer sehingga cukup unik dan mudah diingat.

kelebihan Android OREO

Pada event yang diselenggarakan google  pada  22/08/2017 lalu di Newyork US google secara resmi mengumumkan nama baru untuk android versi 8.0 mereka yakni Android Oreo yang juga bisa ditonton via live streaming, dan kabarnya akan segera rilis dalam waktu dekat ini karena masih dalam tahap pengembangan dan pengujian oleh tim developer mereka.

Meskipun secara resmi google belum memberikan rilis update untuk smartphone android serta daftar seri ponsel yang bisa mencicipi manisnya Oreo ini namun pihak google memberikan bocoran bahwa seri seri tertentu seperti ponsel flagship ataupun ponsel rilisan terbaru di 2017 ini bisa mencoba update OS android 8.0 ini, asyik kaan.

Nah untuk anda yang tak sabar dan penasaran seperti apa fitur terbaru serta kelebihan yang disediakan Android 8.0 alias Oreo ini pada postingan ini kami coba merangkum beberapa fitur baru yang belum pernah tersedia pada versi android sebelumnya yang kami kutip dari harian Forbes, simak kelebihannya dibawah ini:

Fitur AutoFill API

Fitur yang satu ini terbilang cukup membantu untuk pengguna andorid terlebih untuk anda yang memiliki banyak akun entah itu aun E-mail,Sosial media, maupun akun aplikasi lainnya karena kerap kali pengguna terkadang lupa akan password akun mereka terlebih pengguna kadang dihantui keamanan dari setiap aplikasi atau website yang mereka kunjungi yang mengancam keamanan password dan data privasi mereka, meskipun banyak aplikasi passwrod manager ternyata hal ini tak memberikan solusi ampuh untuk faktor keamanan.

Nah dengan fitur autofill API di android Oreo ini diharapkan faktor keamanan bisa jadi jaminan untuk pengguna, karena pada prosesnya semisal pengguna akan login ke sebuah aplikasi biasanya jika sebelumnya sudah pernah log-in maka akan secara otomatis bisa langsung log in karena password dan username terekam oleh cachenya nah pada autofill API ini sistem android akan meminta rincian log in dari aplikasi tersebut serta melakukan verifikasi baik dengan fingerprint ataupun kode tertentu yang cukup aman, fitur serupa juga bisa dinikmati di aplikasi manager password seperti pada Dashlane, lastpass dll yang menyuguhkan fitur serupa hanya saja pada android 8.0 ini fitur tersebut sudah menjadi default.

Fitur Background Limits

Seperti yang kita tahu pada smartphone sekarang ini aktifitas multitasking sudah menjadi bagian dari pengguna ponsel pintar karena memang setiap ponsel mampu melakukan hal tersebut, seperti halnya ketika anda asyik chatting sambil mendengarkan playlist lagu kesayangan serta aplikasi-aplikasi lain yang juga sedang berjalan, bahkan pada aplikasi yang sebenarnya tidak kita buka atau mainkan pun pada hakikatnya mereka berjalan dibalik layar meskipun tidak kita buka aplikasi tersbut alhasil wajar apabila smartphone jadi cepat lemot ataupun lebih cepat panas karena konsumsi daya atau konsumsi RAM jadi terkuras.

Nah pada android 8.0 ini fitur background running ini akan diseleksi dengan baik mana aplikasi yang akan distop ataupun aplikasi yang tak pernah anda buka tapi mempengaruhi kinerja ponsel jadi imbasnya mungkin setiap notifikasi dari aplikasi chat yang masuk akan sedikit terlambat namun hal tersebut bisa dihindari karena fitur android 8,0 yang cukup cerdas menyeleksi mana aplikasi yang sering anda gunakan dan dibiarkan untuk tetap berjalan dibalik layar alhasil kinerja ponsel tak terbuang percuma untuk melayani aplikasi-aplikasi yang tak pernah anda gunakan serta imbasnya daya tahan baterai akan semakin tahan lama.

Fitur Picture in Picture Mode

Para pengguna Android 8.0 akan bisa menonton video sambil melakukan kegiatan lain dengan perangkat mereka. Hal ini bisa dilakukan berkat fitur Picture-in-Picture (PiP) mode.Fitur ini awalnya dikembangkan sebagai bagian dari Nougat, tapi hanya tersedia pada perangkat Android TV. Tapi kini juga bisa dinikmati di ponsel dan tablet. Sebagai catatan, aplikasi yang digunakan harus sudah mendukung video PiP. Beberapa yang sudah mendukung video PiP adalah Chrome, YouTube dan VLC.

Untuk menggunakannya, pengguna harus terlebih dahulu memulai sebuah video dalam mode full-screen dan tap tombol “Home”. Kemudian ukuran video akan mengecil dan bisa terus ditonton sambil mengakses layanan lain seperti kalender.

Nah itulah 3 fitur dan kelebihan yang bisa anda temukan pada OS android terbaru yakni Android oreo meskipun update terbaru google android 8.0 ini hanya akan diberikan pada perangkat nexus ataupun google pixel dalam waktu dekat tapi tentu saja pengguna ponsel pintar dari merk lain pun akan merasakan manisnya oreo ini namun dalam waktu beberapa bulan kedepan setelah rilis resmi dari google.

Demikianlah pembahasan mengenai kelebihan dan kekurangan dari android 8.0 oreo ini semoga memberikan anda manfaat dan wawasan tambahan, jangan lupa untuk share berita ini ke sosial media anda serta bookmark (crtl + D) website kami Detikgadget.com yang memberikan ulasan teknologi terbaru serta tips n trik gadget..salam hangat dan terima kasih.

Fitur dan Kelebihan OS Android Oreo Terbaru | alifajar | 4.5