Tips Cara merawat Baterai iphone agar tetap awet dan tidak drop

Cara Merawat baterai iPhone – Smartphone premium seperti Iphone ataupun Samsung Note 7 sekalipun akan tetap memiliki kekurangan jika kita sebagai penggunanya tidak cekatan dan rutin dalam merawat smartphone kesayangan, terlebih untuk smartphone yang mahal seperti iphone meskipun diklaim hardware dan fiturnya terbilang canggih tetap saja kita harus cermat dalam merawatnya terlebih untuk urusan daya atau batterai yang seringkali digunakan dan yang paling sering ditemukan problem pada smartphone ialah memang sektor daya. Mulai dari penggunaan yang tidak baik seperti mencharge seharian sambil digunakan menonton video streaming atau menchargenya berulang ulang meskipun masih terisi daya yang cukup.

cara merawat baterai HP iphone detikgadget

Jika terus terusan seperti itu maka performa batterai pada smartphone/iphone akan kian manurun seperti daya tahan yang tak lagi lama yang hanya bertahan 2-3jam saja, daya yang gampang habis atau lebih buruknya baterai rusak dan tidak dapat terisi daya. Hal hal tersebut biasanya dikarenakan penggunaan atau perawatan yang salah, untuk itu kita akan bagikan tips tips untuk merawat baterai iPhone agar tetap awet dan tidak mudah drop berikut beberapa tipsnya, simak baik baik dibawah ini:

  • Selalu gunakan perangkat original dari iPhone

Ketika mencharge batterai pada iPhone usahakan anda gunakan charger dan kabel data yang memang dikhususkan untuk Iphone atau perangkat bawaan pada iPhone tersebut sehingga arus daya yang diisi akan stabil dan tidak merusak baterai atau komponen lainnya karena apabila mencharge dengan perangkat lain besar kemungkinan ukuran daya yang masuk akan berbeda meskipun baterai sama-sama terisi.

  • Jangan mencharge iPhone sambil digunakan

Kebiasaan buruk diatas harus segera dihilangkan jika anda menginginkan batterai iPhone anda tetap awet dan tidak gampang drop. Hal diatas bertujuan agar baterai beroperasi hanya untuk menerima arus dan bukan bekerja juga sebagai penyuplai daya ketika iphone digunakan, maka ada baiknya ketika dicharge anda aktifkan mode terbang sehingga penggunaan daya akan begitu minim dan proses pengisisn daya akan optimal terlebih umur baterai akan tetap terjaga.

  • Mulai charge iphone anda hanya ketika kapasitas mulai low ( 20% kebawah)

Usahakan ketika mencharge iPhone anda, kapasitas baterainya memang sidah dala kondisi low atau butuh segera diisi dan jangan mencharge ketika kapasitas daya masih mencukupi. Ini dilakukan agar baterai tidak gampang drop karena cell didalam baterainya tidak terus dialiri daya ketika masih berisi daya.

  • Stop pengisian daya ketika kapasitas baterai sudah penuh 100%

Kebiasaan kita ketika mencharge iPhone ialah kita menchargenya semalaman penuh sambil ditinggal tidur hingga berjam-jam untuk kemudian dicabut ketika pagi menjelang,padahal pengisian daya hingga kapasitas penuh hingga 100%  hanya membutuhkan paling tidak 3-4 jam saja tergantung kapasitas baterainya. Jika anda ingin baterai iphone anda tetap awet dan tidak cepat drop maka segera hentikan kebiasaan ini.

  • Jangan terlalu sering dicharge (pasang/cabut)

Aktifitas mencabut dan memasangkan kembali port charger untuk kemudian diisi daya merupakan kebiasaan yang cukup sering dilakukan pengguna iPhone atau smartphone pada umumnya. Aktifitas ini biasanya karena pengguna menggunakan iPhonenya sambil dicharge hal ini berkaitan dengan poin kedua yang mengakibatkan komponen pada baterai dan port charger pada iphone anda bisa cepat aus/doll. Jika anda tak mau baterai anda cepat rusak usahakan pengisian daya ketika kondisi baterai sudah low dan kemudian cabut charger ketika sudah penuh.

  • Gunakan hanya powerbank berkualitas dan original

Ada kalanya pengguna iPhone atau HP lainnya kehabisan daya ketika ditengah tengah perjalanan dan kesusahan mendapatkan colokan listrik dan tentu saja membutuhkan supplai daya lain, nah biasanya powerbank lah yang menjadi solusinya. Namun jika anda menggunakan sembarangan powerbank untuk iPhone anda maka jangan harap umur baterai iiphone and akan tetap awet maka usahakan selalu gunakan powerbank yang berkualitas dengan aliran daya yang stabil yang tentu saja hal tersebut membuat baterai iPhone anda tetap awet, powerbank berkualitas biasa diproduksi oleh brand terkenal seperti Hippo, Xiaomi, vivan atau merk smartphone lain yang juga memproduksi powerbank.

Beberapa tips diatas bisa anda segera aplikasikan pada iphone anda agar umur baterai tetap awet dan tidak terjadi kerusakan baterai (drop) sehingga performa iPhone anda tetap maksimal. Nah demikian tips merawat baterai iPhone agar tetap awet. Semoga dengan informasi ini anda segera merubah kebiasaaan buruk anda terhadap penggunaan baterai pada iPhone maupun smartphone anda. terimakasih semoga bermanfaat.

 

Tips Cara merawat Baterai iphone agar tetap awet dan tidak drop | azka | 4.5