Tips menguninstall aplikasi yang tak bisa diuninstall di hp android

Cara menghapus aplikasi android yang tidak bisa di uninstall- smartphone berbasis android memang memiliki banyak fungsi dan kegunaan selain itu terdapat banyak developer aplikasi yang mengembangkan berbagai aplikasi untuk menunjang kebutuhan para penggunanya, selain itu pada HP Android biasanya pabrikan juga menginstall beberapa aplikasi bawaan yang sudah terpasang secara default dari pertama kali kita membelinya meskipun aplikasi tersebut jarang digunakan bahkan tidak berguna yang hanya memenuhi ROM internal HP saja.

Aplikasi aplikasi bawaan tersebut sering kali disebut bloatware dan yang paling mengganggu adalah ketika kita ingin mencopot atau unistall aplikasi tersebut justru tidak bisa atau meharuskan HP Android anda untuk di Root terlebih dahulu tentu saja hal tersebut lebih menjengkelkan. Namun hal tersebut bisa diatasi dengan tips yang akan kita berikan pada postingan kali ini yakni cara menguninstall aplikasi android yang tidak dihapus di HP android. Oke mungkin anda ingin segera mengetahuinya simak penjelasannya dulu.

Catatan: untuk menerapkan tips ini sebenarnya terdapat 2 cara yang paling umum yakni dengan menonaktifkan akses administrator pada perangkat dan yang ke dua dengan menggunakan bantuan aplikasi yakni Factory reset,oke simak langkah-langkah menghapus aplikasi bawaan di hp android dibawah ini:

Cara pertama dengan memanfaatkan administrator perangkat

  • Pertama aktifkan HP Android anda dan masuk kemenu setting/pengaturan
  • Cari dan klik menu administrator perangkat atau device administrator
  • Setelah di klik biasanya akan muncul icon icon aplikasi yang tidak bisa diuninstall pada menu tersebut silahkan coba nonaktifkan akses dari aplikasi aplikasi tersebut hingga centangannya hilang atau off
  • Setelah dinonaktifkan dari administrator anda coba pilih tab aplikasi pada menu setting dan cari aplikasi aplikasi yang sudah dinonaktifkan tadi untuk anda uninstall dengan cara mengklik aplikasi tersebut kemudian klik tombol copot pemasangan/uninstall.

 

Cara kedua dengan aplikasi tambahan “Factory reset”

  • Pertama anda search dulu aplikasi tersebut di Google playstore dan download kemudian install di smartphone android anda.
  • Jika sudah terpasang silahkan anda buka aplikasi tersebut dan masuk pada menu aplikasi tersebut kemudian terdapat menu Factory reset dan klik.
  • Jika sudah diklik maka semua settingan, file dan data serta semua aplikasi yang terinstall akan terhapus secara permanent oleh aplikasi ini untuk itu penting dan WAJIB untuk anda sebelum menggunakan Tips kedua ini untuk membackup semua file dan data penting di HP Anda sehingga ketika factory reset di gunakan maka data penting sudah diamankan.
  • Jika tombol factory reset tadi sudah diklik maka tinggal tunggu saja prosesnya untuk kemudian anda restart ponsel android yang anda pakai.

Okee bagaimana simple kan cara untuk menguninstall aplikasi yang tidak bisa diuninstall pada ponsel android yang anda gunakan,nah tinggal anda praktekan saja pada smartphone android anda sehingga kinerjanya bisa lebih ringan karena aplikasi yang tidak berguna sudah hilang terhapus namun ingat semua tips diatas dilakukan dengan resiko dan tanggung jawab pengguna ya..

Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa baca juga tips dan trik smartphone android lainnya di detikgdget.com terima kasih.

Tips menguninstall aplikasi yang tak bisa diuninstall di hp android | alifajar | 4.5