Tutorial Root Android Smartphone dengan mudah tanpa PC/laptop

tutorial root smartphone android tanpa PC detikgadget 2

Sebagian orang pasti belum begitu memahami apa itu root. Root adalah akun administrator dalam OS linux yang memiliki akses tanpa batas untuk mengubah, menghapus, menambah, bahkan merusak semua yang ada pada sistem android. Jika berbicara mengenai cara root hp android tanpa PC, sebenarnya banyak disediakan tips dan tutorial. Hampir semua hp android dari berbagai merk bisa anda root, mulai dari Samsung, Sony Ericson, Lenovo, Evercross, Mito, Xiao Mi, atau merk hp lain.

Manfaat root cukup banyak, misalnya untuk menghapus aplikasi bawaan, ganti font, cheat game, ganti custom ROM, dan sebagainya. Karena memiliki akses tanpa batas, jika pengguna tidak paham apa yang dilakukan bisa saja malah merusak sistem. Jika android bootloop setelah root, tandanya sistem rusak dan perlu di instal ulang/flash. Instal ulang dilakukan sesuai merk tipe android anda. Root sendiri dapat menghilangkan garansi hp anda.

tutorial root smartphone android tanpa PC detikgadget

Cara Mudah Root Android Tanpa PC

Root hp android tanpa PC adalah salh satu  cara termudah untuk root android, meskipun tingkat keamanan tidak 100% penuh. Persiapan yang perlu dilakukan adalah mengaktifkan sumber tidak dikenal agar bisa menginstal aplikasi di luar playstore. Kemudian aktifkan pula USB Debugging melalui Setting pada hp. Anda dapat melakukan root dengan beberapa aplikasi, seperti Root Genius Mobile, iRoot, Kingo Root, KingRoot, Baidu Easy Root, Key Root Master, Asisten Root, 360 Root, PingPongRoot, dan Stump Root. Aplikasi tersebut hanya cocok untuk beberapa jenis hp android.

Root dengan Apllikasi FramaRoot

Cara root hp android tanpa PC yang pertama dengan menggunakan aplikasi FramaRoot.

  1. Aplikasi root ini dapat anda download langsung dari hp android dengan mensearchingnya terlebih dahulu di google, biasanya aplikasi ini tidak tersedia di Google Playstore.Setelah didownload, lakukan penginstalan dan buka aplikasi tersebut.
  2. Pilih install Superuser lalu pilih Aragon/Gandalf, silahkan tunggu proses root sampai selesai. Proses akan berjalan selama beberapa menit.
  3. setelah selesai kemudian langsung restart hp android anda. Cara serupa dapat anda lakukan menggunakan aplikasi
  4. Install aplikasi, selanjutnya klik tombol “make it ra1n”. Tunggu beberapa menit hingga proses root android selesai.

tutorial root smartphone android tanpa PC detikgadget 3

Root via Aplikasi Root Genius

Root hp android tanpa PC bisa anda lakukan menggunakan aplikasi khusus bernama Root Genius APK. Mula-mula unduh Root Genius APK kemudian install aplikasi seperti biasa.

  1. Pencet lingkaran root pada sisi atas.
  2. Tunggu proses root android yang akan berjalan.
  3. Jika muncul permintaan untuk instal aplikasi Root tekan saja “Install”.
  4. Tunggu kembali hingga selesai sampai muncul gambar jempol, tandanya root berhasil.
  5. Reboot hp anda, setelah itu akan muncul aplikasi baru Kinguser.

Nah, anda sudah bisa menginstall kembali berbagai aplikasi root. Beberapa perangkat android yang berhasil diroot dengan aplikasi ini diantaranya Samsung Galaxy Young S6310, Galaxy Grand Duos, serta Galaxy Note 2 Kitkat.

Description: Root hp android tanpa PC dapat dengan mudah dilakukan. Cermatlah dalam memilih aplikasi root yang cocok untuk merk hp anda. Jika salah, sistem android anda akan mengalami kerusakan.

 

 

Tutorial Root Android Smartphone dengan mudah tanpa PC/laptop | alifajar | 4.5