10 Deretan Fitur Google Maps Yang Wajib Diketahui Untuk Permudah Perjalanan

DETIKGADGET – Google Maps bukan hanya salah satu produk terbaik perusahaan, tetapi juga salah satu produk terbaik di era internet pada umumnya.

Google Maps merupakan salah satu aplikasi navigasi yang banyak digunakan untuk berpergian ke suatu tempat. Aplikasi ini, telah membuat perbedaan yang sangat nyata dalam cara orang bernavigasi di seluruh dunia.

Read More

Namun, tidak banyak pengguna yang memanfaatkan berbagai fitur di Google Maps secara maksimal. Bahkan, beberapa fitur bermanfaat ini mungkin tidak diketahui oleh pengguna layanan Google di seluruh dunia.

Dikutip dari How To Geek , berikut ini 10 fitur Google Maps yang wajib anda coba dan gunakan untuk mempermudah perjalanan anda.

1. Menemukan rute alternatif untuk sepeda

Google Maps tidak hanya untuk mobil dan angkutan umum. Anda juga dapat menemukan rute sepeda di daerah anda. Rute sepeda ini dibuat dari jalur umum dan jalur sepeda di jalan raya.

Sebelumnya, pada Juli 2022, Google Maps menambahkan kemampuan untuk menemukan rute sepeda alternatif, yang dapat anda gunakan dengan petunjuk arah mengemudi. Dengan adanya fitur ini, anda dapat bersepeda secara aman dan nyaman.

Baca Juga :   Cara Internet Gratis Axis Hitz Unlimited Di Android Terbaru 2018

2. CEK HARGA BENSIN

Melalui Google Maps, anda juga bisa mengecek harga bensin di daerah yang anda kunjungi saat berpergian.

Untuk menggunakan fitur ini, yang harus anda lakukan adalah mencari “Pom Bensin Terdekat”, maka akan muncul informasi terkait SPBU terdekat dan anda cukup memperbesar untuk melihat harga. Memilih pompa bensin akan menunjukkan harga semua kelas bahan bakar.

3. MENGHINDARI JALAN TOL

Jalan raya sering kali merupakan cara tercepat dan paling langsung untuk bepergian, tetapi terkadang anda mungkin ingin menghindarinya. Ada opsi sederhana di Google Maps untuk menghindari jalan raya dan jalan tol. Setelah opsi diaktifkan, Google akan menemukan rute untuk anda yang menghindari jalan ini.

4. MENGIRIM PETUNJUK ARAH KE PONSEL

Terkadang lebih baik merencanakan perjalanan anda di Google Maps di browser desktop. Namun, kini anda dapat melihat lebih banyak di peta dan mencari lokasi di tab lain dengan lebih mudah. Setelah selesai, anda dapat mengirim petunjuk arah ke ponsel Anda.

Ada tombol di Google Maps untuk “Send To Your Phone” Ini menampilkan daftar perangkat yang terpasang ke akun Google Anda.

5. MENAMBAHKAN JALAN DAN TEMPAT YANG HILANG

Google Maps memang bagus, tetapi tidak sempurna. Anda mungkin mengalami jalan atau tempat yang hilang dalam perjalanan anda.

Diperlukan beberapa saat agar konstruksi baru dan perubahan terkadang muncul. Anda dapat membantu dengan menambahkan jalan dan tempat yang hilang sendiri.

Tentu saja, tambahan Anda tidak akan langsung diterima. Google meninjau semua kiriman untuk jalan dan tempat yang hilang. Semakin banyak orang yang mengirimkan lokasi yang hilang, semakin besar kemungkinan mereka muncul dengan cepat.

Baca Juga :   Apple Akan Jadikan Google Map Aplikasi Peta Bawaan iOS

6. DAPAT MELIHAT PETUNJUK JALAN MODE 3D

Petunjuk arah jalan kaki terkadang bisa mengganggu di Google Maps. Laju berjalan yang lambat membuat sulit untuk menunjukkan arah Anda berjalan dengan cepat. Di situlah petunjuk arah berjalan 3D sangat diperlukan.

Petunjuk arah berjalan 3D menggunakan kamera anda dan augmented reality untuk menempatkan panah dan jalur yang sebenarnya Anda cukup melihat melalui kamera untuk melihat ke mana anda harus berjalan.

7. MENYESUAIKAN IKON MOBIL

Anda tidak perlu menggunakan segitiga biru yang membosankan untuk navigasi Google Maps—meskipun memiliki cerita asal yang keren. Ikon kecil yang menunjukkan posisi Anda di jalan bisa berupa mobil, SUV, atau truk.

Sayangnya, Anda tidak dapat menyesuaikan warnanya, tetapi kendaraan yang imut adalah sentuhan yang menyenangkan.

8. MELACAK PERGERAKAN KEBAKARAN HUTAN

Kebakaran hutan adalah ancaman nyata dan berbahaya di beberapa negara. Google Maps menggunakan data dari satelit GOES National Oceanic and Atmospheric Administration untuk menunjukkan pergerakan api langsung di peta.

Dimulai dengan Googling untuk nama kebakaran, Google akan menampilkan mobil informasi untuk Google Maps. Setelah di Google Maps, Anda dapat melihat garis besar area kebakaran. Gerak kebakaran ini akan diperbarui setiap jam atau lebih.

9. BUAT PETA KOSTUM PRIBADI

Google Maps juga dapat digunakan sebagai alat pemetaan kustom Anda sendiri. Dimungkinkan untuk membuat peta khusus yang dapat dibagikan dengan teman. Mungkin Anda merencanakan perburuan atau perjalanan darat dengan banyak perhentian. Peta ini tidak dipublikasikan ke Peta publik, peta ini hanya untuk Anda dan siapa pun yang Anda ajak berbagi.

10. MEMERIKSA APAKAH TOKO SEDANG SIBUK

Bukan misteri bahwa toko dan restoran memiliki waktu-waktu tertentu yang lebih sibuk daripada yang lain, tetapi bagaimana Anda bisa tahu?

Baca Juga :   Cara Membeli Adobe Creative Cloud tidak Harus Gunakan Kartu Kredit

Untungnya, Google Maps mengumpulkan informasi tentang waktu sibuk dan menampilkannya di kartu informasi lokasi. Data ini dikumpulkan dari orang-orang yang mengaktifkan Riwayat Lokasi di akun Google mereka. Ini tidak selalu 100% akurat, tetapi ini adalah cara yang baik untuk mendapatkan gambaran umum tentang seberapa sibuk tempat itu nantinya.

Related posts