Transformasi Digital di Indonesia: Kunci Sukses dan Inovasi Terkini

Transformasi

detikgadget.com – Dalam era digital yang berkembang pesat di Indonesia, transformasi digital menjadi suatu keharusan yang tak terhindarkan. Menyadari hal ini, banyak pihak, termasuk perusahaan teknologi seperti Huawei dan Telkomsel, telah mengidentifikasi beberapa kunci penting yang menjadi fondasi kesuksesan transformasi digital di tanah air.

” Baca Juga: Pemeriksaan Kejiwaan Tarsum: Tanya Kondisi Korban “

Read More

Kunci Sukses Transformasi Digital

Mohamad Rosidi, Direktur Strategi ICT & Bisnis Huawei, menyoroti tiga kunci utama yang mendukung kesuksesan transformasi digital. Pertama adalah Full Fiber Giga City Plan, di mana semua area target dihubungkan oleh konektivitas serat optik untuk menciptakan kota-kota broadband gigabit. Kedua, Full Fiber Policy, yang mencakup aspek-aspek seperti persetujuan terpadu Right of Way, berbagi infrastruktur, dan pra-penyebaran infrastruktur serat optik. Ketiga, Financial Incentives, yang melibatkan alokasi anggaran untuk penerapan serat optik dan insentif pajak untuk ISP dan pemain serat sebagai bentuk subsidi tak langsung.

Inovasi Telkomsel dalam Transformasi Digital

Telkomsel, yang telah mengukir sejarah inovasi sejak pendiriannya pada tahun 1995, terus berinovasi di tahun 2024. Ronald Limoa, Wakil Presiden Strategi Teknologi dan Inovasi Produk Konsumen Telkomsel, memaparkan sejumlah inovasi terbaru perusahaan tersebut. Salah satunya adalah pengembangan jaringan 5G, yang menjadi fokus untuk memberikan koneksi berkualitas tinggi kepada pengguna. Selain itu, Telkomsel juga memperkenalkan layanan Baggage Movement Tracking, yang menggunakan teknologi RFID untuk melacak pergerakan bagasi di bandara. Hal ini memungkinkan penumpang untuk memantau lokasi bagasi mereka secara real-time melalui aplikasi yang mudah digunakan.

Baca Juga :   Paket Internet XL-mu Habis? Beli Online Saja!

Inovasi Lainnya

Tidak hanya itu, Telkomsel juga menghadirkan teknologi Radio Frequency Identification (RFID) untuk pembayaran tol tanpa perlu men-tap kartu elektronik. Dengan mengintegrasikan aplikasi pembayaran non-tunai Flo Apps di Ekosistem Telkomsel Apps, pengguna dapat membayar tol dengan lebih mudah dan efisien.

” Baca Juga: Konstelasi Satelit Nasional Indonesia, Peningkatan Observasi Bumi “

Kesimpulan

Dengan adanya komitmen dari perusahaan-perusahaan teknologi terkemuka seperti Huawei dan Telkomsel, serta melalui implementasi kunci-kunci sukses dan inovasi terkini yang telah disampaikan, transformasi digital di Indonesia terus bergerak maju. Hal ini tidak hanya akan membawa manfaat bagi perkembangan teknologi di negara ini, tetapi juga akan memberikan dampak positif yang besar bagi masyarakat secara keseluruhan.

Related posts