Cara  Melegakan Local Disk C Pada Laptop Windows

Tips melegakan Local disk C dengan mudah- seperti yang kita tahu local disk C atau partisi C pada sebuah PD/Laptop windows itu biasanya berisi system operasi dan berbagai software yang terinstall pada sebuah komputer, masalahnya adalah bagaimana jika kapasitas Local disk C sudah tidak sanggup menampung installasi software maupun file yang tersimpan didalamnya alhasil performa PC/Laptop jadi menurun atau berat. Karena memang seharusnya Disk C idealnya harus memiliki ruang kosong sekitar 30% dari total kapasitasnya agar OS dan software yang terinstall bisa berjalan dengan baik. Namun apa jadinya jika kapasitas disk C sudah full dan berwarna merah.

Jika anda mengalami hal demikian seperti local disk C yang sudah terlalu penuh diisi aplikasi dan sistem operasi  tenang saja kali ini tim detikgadget sudah menyiapkan beberapa Tips jitu melegakan local disk C yang bisa langsung anda praktekan tanpa menginstall software tambahan.

 

Tips ke1 Identifikasi Local Disk C

Hal pertama yang harus dilakukan adalah cari tahu dulu penyebab dari local disk C di komputer/laptop anda jadi penuh bisa jadi ada file atau software yang paling banyak memakan ruang penyimpanan cara mengetahuianya dengan cara simple ini pertama buka  “Setting apps’ dari start menu kemudian klik system dan pilih storage kemudian pilih local disk C.

Dengan cara ini akan terlihat file atau folder dari software apa saja yang menghabiskan ruang local disk C pada HDD di komputer anda biasanya file tersebut berisi berbagai bagian seperti system & reserved, app & games, document, pictures, video dll. Namun biasanya yang paling besar filenya yakni System & reserved atau apps & games. Silahkan coba klik kanan pada folder file tersebut dan pilih file atau program apa saja yang jarang digunakan untuk kemudian anda hapus.

 

Tips ke 2 menghapus Aplikasi atau Games yang Tidak Terpakai

Setelah pada langkah pertama anda bisa mengidentifikasi file atau folder apa saja yang membuat kapasitas local disk C anda jadi penuh sekarang waktunya anda menyortir file apasaja yang akan anda hapus namun tentu saja dengan pertimbangan penting atau seberapa seringnya anda menggunakan software tersebut.

Jika anda sudah menghapus beberapa software yang terinstall tenang saja karena anda bisa menginstallnya dilain waktu yang terpenting mentahan software tersebut masih anda miliki.

 

Tips ke 3  Menghapus File Secara Manual

Tips yang ke 3 ini berkaitan dengan junk file atau beberapa file yang besifat temporary atau cache atau bahkan file-file yang anda download dan tersimpan di local disk C sehingga memenuhi local Disk C padahal memang sejatinya partisi disk C hanya berisi system operasi dan instalasi software yang dibutuhkan saja. Untuk itu anda harus secara manual memilih file atau junk files yang akan dihapus atau dipindahkan jika dirasa file tersebut cukup penting.

Dengan cara menghapusnya secara manual mungkin memang menghabiskan banyak waktu namun dengan tips ini dijamin akan memperbesar kapasitas kosong dari locak disk C di komputer anda namunpastikan anda menghapus file yang benar benar tidak dibutuhkan.

 

Tips ke4 dengan  Menghapus File Secara Otomatis

Jika pada tips diatas anda diharuskan menghapus file atau junk files di local disk C secara manual maka pada tips ke 4 ini anda bisa menggunakan cara otomatis yang akan menghapus atau menghilangkan file file yang tidak dibutuhkan seperti obsolete, temp files dll sehingga ruang disk  C lebih bersih.

Caranya cukup mudah yakni dengan mengarahkan cursor pada local disk C kemudian klik kanan dan pilih menu properties jika sudah masuk ke menu properties maka akan ada beberapa pilihan dan anda pilih disk cleanUp. Dengan begitu junk file yang tidak berguna akan terhapus dan local disk C anda jadi bersih.

 

Tips ke 5 Pindahkan File ke Cloud Storage

Cara berikutnya yakni dengan memanfaatkan layanan penyimpanan awan atau memanfaatkan pihak ketiga untuk menyimpan berbagai file berharga agar tetap aman dan bisa kita unduh dilain waktu tanpa kita takut akan kehabisan ruang penyimpanan.beberapa layanan yang cukup populer yakni OneDrive, google drive, Dropbox dll anda bisa memilih salah satunya.

Pertama anda install salah layanan diatas misal Cloudstorage , setelah terinstall anda bisa pilih file atau folder  yang akan diupload atau anda juga bisa mengatur folder yang akan mengupload otomatis jika terisi file.

 

Tips ke 6 dengan membuat Partisi yang Lebih Besar untuk disk C

Jika beberapa cara diatas masih saja belum mengurangi isi dari local disk C anda. padahal seharusnya dengan tips diatas sudah bisa mengurangi beberapa file yang ingin anda hilangkan dari local disk C, atau mungkin hal tersebut dikarenakan ukuran disk C pada komputer/laptop anda terlalu kecil jika memang begitu nampaknya anda memang harus memperbesar ukuran local disk C.

Sebenarnya cara ini cukup membutuhan keahlian teknis untuk itu anda bisa memperbesar partisi local disk C pada seorang teknisi komputer atau anda bisa search cara mempartisi HDD dengan mudah biasanya memang membutuhkan waktu yang cukup untuk mempartisi sebuah HDD.

Nah diatas sudah diterangkan bagaimana caranya mengatasi Local disk C yang kepenuhan dan cara mudah  untuk melegakannnya. Semoga dengan tips singkat dan sederhana diatas bisa memberikan anda wawasan dan bisa langsung dipraktekan pada komputer di rumah anda. selamat mencoba terima kasih.

 

Cara  Melegakan Local Disk C Pada Laptop Windows | alifajar | 4.5