Cara uninstall aplikasi bawaan HP Android tanpa Root dengan mudah

Tips Uninstall aplikasi samrtphone Android- selain memberikan banyak fitur lengkap sistem operasi Andoid memungkinka pihak ketiga mengembangkan berbagai aplikasi tambahan guna menunjang berbagai kebutuhan serta keperluan untuk memaksimalkan fitur yang ada dalam smartphone tersebut.  Bahkan sebelum kita menambahkan berbagai aplikasi android yang bisa kita unduh di google playstore biasanya pihak vendor HP android sudah mengisi berbagai aplikasi bawaan pada ponsel buatannya, hanya tidak semua aplikasi yang terpasang secara default tersebut digunakan atau berguna untuk pengguna, bahkan cenderung menumpuk memenuhi ROM (internal memeori) ponsel android. Oleh karena itu banyak pengguna ingin menghapus beberapa aplikasi bawaan yang tidak terpakai sehingga ruang penyimpanan bisa semakin lega.

cara mudah menguninstall aplikasi bawaan di HP android detikgadget

Tapi tenang saja karena pada artikel kali ini kita akan coba berikan sedikit tips untuk anda para pembaca bagaimana cara menguninstall aplikasi bawaan HP android dengan mudah bahkan tanpa harus root terlebih dahulu,atau lebih bagus jika anda sudah meroot HP anda maka caranya sebenarnya cukup mudah, silahkan simak tipsnya berikut ini.

  • Menguninstall aplikasi bawaan Android untuk yang sudah Di Root

Untuk anda yang sudah meroot ponsel Android anda maka cara untuk menghapus/menguninstall aplikasi bawaan Android justru akan lebih simple dan gampang, karena dengan kondisi Root memungkinkan anda mengakses kebagian dalam sistem android. Sehingga untuk menghapus aplikasi bawaan akan sangat mudah dilakukan. Meskipun begitu tetapi anda tetap membutuhkan bantuan aplikasi lain untuk melakukannya. Saya sarankan anda untuk menginstall aplikasi Nobloat Free untuk mengekseskusi dan menghapus aplikasi Android bawaan anda, selain fungsinya untuk menghilangkan/menguninstall aplikasi, Nobloat Free juga dapat digunakan untuk membackup data dll. Selain aplikasi tersebut  anda juga bisa menggunakan aplikasi lainnya seperti “ System App Remover”  yang memiliki fitur menguninstall aplikasi juga dapat anda gunakan untuk mengimport aplikasi dari Internal memory ( ROM) ke Sdcard eksternal sehingga kapasitas internal memori HP anda semakin lega. Tinggal anda pilih salah satu dari aplikasi diatas untuk menghapus aplikasi bawaan android yang tidak terpakai.

  • Menguninstall aplikasi Bawaan Android Untuk HP yang belum diRoot

Cara untuk menghapus aplikasi bawaan pada Smartphone android yang belum diroot sebenarnya bukan menghapusnya secara permanent pada HP android anda tetapi hanya menghibernate atau menonaktifkannya, sehingga kinerja dari Ponsel android anda akan kian cepat karena banyak ruang internal memori ataupun RAM yang tidak digunakan. Meskipun begitu aplikasi yang dinonaktifkan akan tidak bisa dipergunakan sama sekali seakan akan aplikasi tersebut tidak terinstall pada HP Android anda, caranya cukup mudah dan terdapat 2 cara tergantung dari Versi Sistem operasi Android apa yang terpasang pada HP anda, karena tiap OS Android akan berbeda caranya simak step by step nya dibawah ini.

Untuk OS Android Versi Kitkat Kebawah anda bisa mulai dengan membuka Fitur Add Drawer kemudian Tap menu >> pilih Hide Aplication >> centang aplikasi yang akan dinonaktifkan kemudian Tap Done/selesai…

Nah untuk OS android Versi Kitkat keatas maka Caranya cukup simple yakni dengan masuk ke menu setting/pengaturan  >>Device/perangkat >> apps/Aplikasi >> pilih aplikasi yang akan distop atau dihapus dan Tap Force Stop/Paksa berhenti dan Tap Disable. Nah dengan begitu aplikasi bawaan yang terpasang pada HP android anda akan nonaktif dan tersembunyi secara otomatis sehingga tidak akan mengganggu kinerja Smartphone Android anda.

Itulah dua cara yang bisa anda gunakan untuk menguninstall aplikasi bawaan HP android. Dengan langkah langkah sederhana diatas semoga saja kinerja Smartphone anda kian cepat dan irit baterai karena berkurangnya kerja RAM dan kapasitas ROM yang semakin lega. Semoga cara cara diatas bermanfaat untuk anda dan jangan lupa baca artikel kita yang lain untuk tips dan trik HP android yang bisa anda cek di website ini. terima kasih kunjungannya.

 

Cara uninstall aplikasi bawaan HP Android tanpa Root dengan mudah | alifajar | 4.5