Cara Mengatasi HP OPPO Yang sering Mati Sendiri/ Bootloop

TIPS Mengatasi Ponsel OPPO Yang  Mati Sendiri (Bootloop)- Smartphone android sejatinya memiliki sebuah sistem yang mirip dengan PC yang mengandalkan sistem operasi serta berbagai hardware lain seperti RAM, Prosessor bahkan kartu grafis untuk menunjang kinerja serta memaksimalkan pefrormanya alhasil semakin baik spek hard ware yang dimiliki ponsel android maka kinerjanya akan semakin cepat dan mulus. Namun software atau sistem operasi dari sebuah perangkat juga tak kalah penting karena tanpa OS didalam sebuah perangkat maka ponsel tak akan bisa nyala atau jika sistem android yang terinstall mengalami gangguan maka error atau bootloop akan sering terjadi bahkan tak jarang ponsel Android yang mati total hanya karena sistem operasinya error.

Setiap gangguan pada ponsel android sebenarnya bisa dideteksi kerusakannya jika hanya masalah OS atau system android maka tentu saja perbaikannya pun hanya seputar OS saja dan biasanya dikarenakan memory RAM yang terlalu penuh atau aplikasi yang mengandung malware atau virus atau bisa juga karena proses installasi atau rooting yang gagal sehingga menyebabkan ponsel jadi sering Mati sendiri atau crash ketika membuka sebuah aplikasi dan tiba-tiba sering keluar sendiri tanpa sebab, biasanya hal tersbut diiringi muncul pesan error berisi “sayangnya aplikasi telah berhent” bahkan HP terkadang mati sendiri tanpa sebab.

BACA JUGA

Penyakit yang juga sering disebut Bootloop atau error sistem operasi bisa dikarenakan banyak faktor dan tentu saja hal tersebut bisa terjadi pada pengguna HP Android merk apa saja seperti OPPO, Samsung, Lenovo, ASUS, ADVAN, Xiaomi, LG dan merk lain. Biasanya error seperti bootloop yang sering membuar ponsel android tiba-tiba restart bisa disebabkan beberapa faktor, mungkin salah satu penyebabnya ada di daftar ini:

  • Junk Files atau cache yang sudah menumpuk dan tidak dibersihkan secara rutin
  • Aplikasi yang terpasang error
  • System android error dikarenakan virus, malware
  • CPU overheating karena terlalu banyak aplikasi yang berjalan
  • RAM kepenuhan karena aplikasi terlalu berat dan berjalan bersamaan
  • Proses root pada smartphone yang kurang sempurna
  • Instalasi costum room yang salah

Beberapa penyebab diatas bisa saja sering terjadi atau bahkan anda tidak menyadarinya menjadikan HP oppo anda sering mati sendiri atau bootloop namun sebenarnya banyak cara juga untuk mengatasi HP Oppo yang sering mati sendiri atau restart tiba-tiba. Nah tips untuk mengatasi masalah tersebut sudah kita rangkum dalam postingan kali ini yang bisa anda lihat dan langsung prkatekan pada ponsel Oppo anda yang bermasalah, simak selengkapnya dibawah ini:

  1. Bersihkan File Cache dan junk Files pada sistem Android

Tips simple dan hal sederhana yang bisa langsung anda lakukan pada ponsel oppo yang sedang error adalah dengan membersihkan cache atau file junk pada ponsel oppo yang anda gunakan, karena biasanya cache files tersebut akan memenuhi RAM dan pastinya membuatk kinerja RAM semakin boros alhasil ponsel jadi sering mati sendiri karena sistem secara otomatis mereboot jika sudah overload. Untuk itu sebagai pengguna anda diharuskan membersihkan cache file secara berkala karena jika dibiarkan semakin lama maka akan semakin menumpuk dan membuat kinerja ponsel Oppo jadi makin lambat atau lemot. Oke simak step-step untuk membersihkan cache file pada ponsel oppo dibawah ini:

Pertama anda masuk ke menu setting/pengaturan >> kemudian cari manajemen aplikasi/app manager >> setelah itu anda cari aplikasi-aplikasi yang sering anda gunakan dan klik aplikasi tersbut kemudian anda pilih tombol “bersihkan cache/clear cache” maka cache files akan dibersihkan dan smartphone oppo jadi semakin ringan. Lakukan pada setiap aplikasi yang sering anda gunakan secara berkala.

  1. Hapus Data pada aplikasi yang sering Error

Jika anda sering menggunakan aplikasi tertentu dan malah sering terkena error dikarenakan aplikasi tersebut seperti membuat ponsel jadi panas atau seringkali tiba-tiba keluar ketika membuka aplikasi tersebut atau crash bahkan malah terjadi bootloop ketika membuka aplikasi tersebut, maka bisa jadi aplikasi yang terinstall pada ponsel anda tersebut yang error atau yang menyebabkan error. Untuk itu anda diwajibkan untuk menghapus data dari aplikasi yang bermasalah tersebut seperti membersihkan history, cache,ataupun data aplikasi, caranya sebagai berikut:

Pertama anda masuk ke menu setting/pengaturan >>kemudian cari pengelolaan aplikasi/apps manegement>> pilih tab downloaded atau semua>> kemudian cari  aplikasi yang bermasalah dan klik aplikasi tersebut>> setelah terbuka anda tekan tombol hapus data dan paksa berhenti/force close.. maka data akan dihapus dan aplikasi akan seperti pertama kali mendownloadnya.

  1. Scan System Android Dengan Antivirus

Bisa jadi error yang terjadi pada ponsel anda dikarenakan banyaknya virus yang bersarang dan menyebabkan sistem operasi jadi error dan sering bootloop atau tiba-tiba crash, maka bisa jadi terdapat virus yang bisa disebabkan karena anda mendownload file sembarangan atau terkoneksi dengan komputer yang terinfeksi virus dll. oke untuk membersihkan HP android dari virus maka anda bisa mendownload antivirus yang bersifat gratis di google playstore seperti AVG, Avira dll untuk kemudian anda scan ponsel Oppo dengan antivirus tadi dan lihat hasilnya.

  1. Hapus Aplikasi Yang Tidak Digunakan

Cara untuk mengatasi hp android oppo yang sering mati sendiri bisa dengan menghapus aplikasi yang jarang digunakan, apalagi jika aplikasi tersebut ukurannya cukup besar seperti misal facebook atau game, aplikasi facebook memang berukuran besar dan kami sarankan anda untuk masuk ke akun facebook dengan menggunakan browser pada ponsel saja dibandingkan dengan log in via aplikasi yang cukup menguras RAM. Maka silahkan anda uninstall aplikasi mana saja yang kira-kira jarang digunakan terlebih ukurannya cukup memakan isi memory internal.

Untuk menguninstall aplikasi silahkan ke menu setting cari manajemen aplikasi dan klik unduhan kemudian cari aplikasi yang akan di uninstall dan klik>> setelah itu ada tombol copot pemasangan/uninstall app silahkan anda klik dan tunggu beberapa saat.

  1. Un-Root ponsel Android

Jika anda pengguna smartphone android dan sudah pernah melakukan rooting ponsel oppo android maka bisa jadi penyebab dari sering restart atau sering mati sendiri (bootloop) hp oppo anda bisa dikarenakan proses root yang membuat akses rooting terbuka dan malware maupun aplikasi berbahaya bisa bergerak bebas menerobos ke sistem android anda. sebenarnya rooting bisa saja membuat smartphone jadi lebih maksimal namun bisa juga merusak, apalagi jika proses root berjalan kurang lancar atau ada gangguan maka sebaiknya jika ponsel sudah dalam keadaan root maka disarankan untuk meng-unroot ponsel oppo anda sehingga performanya kembali normal.

  1. Lakukan Factory reset atau kembalikan ke settingan pabrik

Cara keenam yang bisa anda lakukan untuk mengembalikan performa mulus smartphone Oppo anda bisa juga dengan melakukan factory reset atau reset pabrikan. Karena dengan melakukan factory reset maka kondisi ponsel akan kembali seperti pertama kali anda membelinya karena semua data dan aplikasi yang terpasang semuanya akan terhapus secara permanen.Untuk itu sebelum melakukan factory reset anda diwajibkan untuk melakukan back-up data sehingga ketika nanti ponsel sudah dilakukan reset pabrikan anda tinggal menginstall ulang aplikasi ataupun mengembalikan data dan filenya untuk melakukan back-up bisa anda download apliaksi khusus untuk membackup file dan data ataupun bisa juga anda lakukan proses back-up melalui menu setting pada ponsel dan lakukan back-up untuk memindahkan semuanya ke storage back-up atau ke microSD, nah jika anda masih bingung cara factory reset atau kembalikan ke settingan pabrik maka silhkan cek step-stepnya berikut ini:

Pertama masuk ke menu setting kemudian anda cari more setting/setelan tambahan >> kemudian cari backup dan reset dan klik>> setelah di klik anda klik juga pilihan Hapus data aplikasi dan aplikasi yang dapat dibongkar dan tunggu beberapa menit untuk prosesnya maka secara otomatis ponsel akan restart dan ketika kembali nyala maka ponsel oppo anda akan seperti kembali baru lagi.

  1. Install ulang sistem Android atau flashing

Cara ke tujuh untuk mengatasi problem hp oppo yang seirng mati sendiri bisa dengan melakukan install ulang sistem android atau flashing, untuk melakukannya anda harus mendownload terlebih dahulu ROM yang cocok untuk tipe hp oppo anda dan setelah terdownload maka proses install ulang bisa langsung dilakukan untuk melakukan proses install ulang atau bisa juga disebut Flashing anda bisa cari pandung lengkapnya di forum oppo atau bisa juga langsung mendatangi service center oppo di kota anda. untuk cara yang satu ini lakukan dengan resikonya ya.

Catatan: untuk semua metode diatas kami melakukan test dan mempraktekannya dengan ponsel android bersistem operasi Lollipop dan jika OS android anda lebih tinggi mungkin tinggal sesuaikan saja meskipun ada sedikit berbeda dalam segi tampilan namun metodenya tetap saja sama.

Oke semoga saja dengan tips mengenai  7 cara mengatasi HP OPPO yang sering mati sendiri dikarenakan Bootloop anda bisa langsung mempraktekannya pada ponsel OPPO yang anda gunakan, tips diatas bisa digunakan di berbagai tipe hp OPPO seperti misal pada seri Oppo find7, Oppo Neo7, Neo 9, oppo mirror5, mirror 6, mirror 3, Oppo joy, Oppo R7 lite, Oppo A37, OPPO A59, OPPO F1s, oppo F1 plus dan semua seri OPPO terbaru.

SIMAK JUGA

Nah itulah tips sederhana mengatasi smartphone android yang bootloop yang bisa langsung anda praktekan sekarang juga, semoga bermanfaat dan Terima kasih.

Cara Mengatasi HP OPPO Yang sering Mati Sendiri/ Bootloop | alifajar | 4.5