Penipuan Modus Jual Smartphone Dengan Harga Murah! Hindari Jangan Sampai Kena

DETIKGADGET – Dengan maraknya penipuan yang berbagai macam yang bertebaran di internet maka dari itu harus banyaknya juga pengetahuan kawan-kawan akan hal yang seperti ini karena hal ini dapat menimpa siapa saja yang belum memiliki pengetahuan tentang hal seperti ini, dan yang banyak terjadi ialah penipuan jual smartphone dengan harga yang murah. Berikut adalah ciri ciri penipuan dengan modus jualan smartphone murah:

HARGA TIDAK MASUK AKAL

Umumnya akun penipu menjual barang dengan harga sangat murah hingga tahap tidak masuk akal. Sebagai contoh iPhone 11 dijual hanya Rp1 juta.

Read More

Jika ditanya, biasanya mereka akan mengatakan sedang ada diskon besar di toko mereka atau mereka mengambil barang black market (BM).

AKUN BARU TIDAK BANYAK POSTINGAN

Akun penjual baru saja dibuat dan tidak memiliki postingan barang yang banyak. 

Calon pembeli juga akan menemui nama toko yang terkesan dibuat ala kadarnya dan ketika dicari, akan ada beberapa akun yang serupa namanya. Kurang lebih mirip dengan tanda-tanda akun palsu yang lain.

TIDAK ADA TOKO REAL

Karena penipuan ini menggunakan  modus online dan sering kali menggunakan alasan barangnya ilegal, mereka tidak akan mau ditemui.

Mereka juga menolak dengan pembayaran di tempat atau cash on delivery (CoD). Namun ada juga penjual mempersilakan untuk bertemu.

Hanya saja lokasinya akan disebutkan sangat jauh dari lokasi pembeli, seperti  di luar pulau dengan menggunakan alamat palsu.

Baca Juga :   Warning! Hindari Kejahatan Phising Dengan Tips Ini !

MENGHINDARI VIDEOCALL

Penjual bodong dipastikan menolak melakukan video call untuk bisa melihat barang yang dijual secara langsung. Mereka beralasan barang tidak ada di tempat mereka atau lain hal.

TIDAK PAHAM DENGAN PRODUK YANG DIJUAL

Satu cara lagi untuk terhindar dari penipuan ini adalah menguji product knowledge mereka. Umumnya para penipu hanya akan mengetahui luarnya saja tanpa memahami dalamnya.

Sebagai contoh pembeli bisa menanyakan permasalahan iOS dar iPhone atau software dari suatu ponsel dan mereka akan menjawab asal dan tidak benar.

Jangan sampai tertipu ya kawan hanya dengan karena harganya yang murah kalian rela hilangkan uang tabungan kalian, be smart.

Related posts