Tips Terbaik Membuat Irit Baterai Laptop

Cara Terbaik Membuat Irit Baterai Laptop detikgadget

Laptop adalah komputer yang didesain untuk bekerja outdoor jadi pada kasus ini, anda akan berurusan dengan penghematan daya karena pada pekerjaan outdoor, sangat jarang ada sumber energy yang bisa anda ambil. Oleh karena itu, anda sebaiknya mengerti cara membuat irit baterai laptop anda sehingga ketika anda bekerja dengan laptop, anda bisa mengurangi resiko kekurangan daya yang sering dijumpai para pekerjaa yang berurusan dengan laptop. Pada artikel kali ini, saya akan memberikan beberapa tips mengirit baterai laptop yang sangat efektif berikut ini.

  1. Minimalisir Setting Laptop

Pertama, cara irit baterai laptop yang harus anda lakukan adalah meminimalisir fungsi fitur dari laptop. Contohnya, anda bisa mensetting kecerahan dari layar ke keadaan yang paling redup karena monitor yang semakin cerah menyerap lebih banyak energi. Kemudian, anda bisa lanjutkan dengan mengecilkan volume speaker anda atau jika anda bisa, anda harus memiliki headphone karena headphone mengurangi banyak konsumsi tenaga baterai saat digunakan untuk memutar suara. Setelah itu, pastikan anda sering mensetting layar mati dengan cepat agar ketika anda lupa mematikan, baterai tidak terserap habis.

  1. Minimalisir Setting Sistem Operasi

Kemudian, ketika kita sudah berurusan dengan setting laptop pada bagian hardware, sekarang kita akan minimalisir setting sistem operasi guna membuat pengiritan baterai laptop. Pertama, minimalkan setting dari kualitas gambar komputer anda sehingga VGA akan mengurangi konsumsi energi. Kemudian, anda bisa lanjutkan dengan menonaktifkan aplikasi yang kurang begitu berguna dan menghapus aplikasi yang tidak digunakan. Semakin sedikit data yang tersimpan tentunya membuat kerja prosesor menjadi lebih ringan dan tidak memakan energi yang banyak.

  1. Minimalkan Perangkat Tertancap Pada Laptop dan Defrag Hardisk

Cara terakhir yang bisa anda lakukan agar baterai yang ada pada laptop semakin tahan lama adalah dengan cara meminimalisir penggunaan perangkat tertancap. Pada kasus ini, misalnya USB atau Hape, sebaiknya tidak terlalu lama ditancapkan pada laptop karena perangkat tersebut juga ikut serta dalam pengkonsumsian listrik pada baterai. Jika anda memasangnya terlalu lama, listrik akan tersedot dengan cepat pula. Perangkat lain seperti speaker aktif juga akan mengurangi baterai laptop dengan cepat. Kemudian, anda harus defrag hardisk anda karena hardisk yang telah didefrag lebih teratur. Teraturnya hardisk membuat komputer bekerja dengan proses yang lebih sedikit sehingga proses pada prosesor lebih ringan dan irit energy.

Cara Terbaik Membuat Irit Baterai Laptop detikgadget 2

Itulah beberapa cara yang sangat efektif untuk membuat irit baterai laptop. Ketika baterai laptop menjadi lebih irit, anda akan mendapat waktu penggunaan yang lebih lama. Penggunaan yang lebih lama memberikan anda banyak manfaat yang tentunya akan anda rasakan ketika menggunakanya. Anda juga tidak boleh menghamburkan baterai dengan menonton film atau menggunakan terlalu banyak energi untuk hiburan dan game. Sekarang, jadilah pengguna laptop yang bijak.

Catatan: irit baterai laptop dapat dilakukan dengan cara meminimalisir setting hardware dari komputer serta meminimalisir setting dari sistem operasi dan menghilangkan aplikasi tidak berguna.

Tips Terbaik Membuat Irit Baterai Laptop | alifajar | 4.5