2 Cara Menggabungkan File PDF Tercepat Dan Termudah

Cara Menggabungkan File PDF – Kalian pasti mengetahui file pdf bukan? PDF atau Portable Document Format merupakan merupakan format dokumen yang berisikan teks, gambar maupun diagram yang kini banyak digunakan oleh banyak orang. Berbeda dengan format file  .doc yang dihasilkan oleh microsoft word, file pdf merupakan file paten yang isinya tidak bisa diedit atau di tambahkan maupun dikurangi. 

cara gabung 2 file pdf

Selain itu, pdf juga memiliki lebih banyak fitur salah satunya adalah bisa dikunci demi alasan keamanan. Dokumen pdf adalah pilihan terbaik apabila kalian ingin mengirim suatu dokumen yang sudah fix dan tidak ingin diubah ubah. Seperti e-book, laporan kantor ataupun tugas sekolah.

Baca Juga :

. Cara mengecilkan ukuran file PDF

2 Cara Mudah Menggabungkan File PDF

File pdf memang identik dengan file yang tidak bisa diutak atik, namun tetap saja mengutak atik file pdf bukanlah suatu hal yang mustahil. Kalian masih bisa mengedit isi file pdf dengan software khusus dengan catatan file pdf yang kalian ingin edit isinya merupakan teks bukan gambar.

Yang kedua, banyak juga orang yang bingung dan mencari cara menggabungkan file pdf. Yap, terkadang memang ada kondisi tertentu yang mengharuskan kalian untuk menggabungkan 2 atau lebih file pdf yang berbeda sekaligus. So, jika kalian masih bingung, berikut adalah penjelasan beberapa cara menggabungkan file pdf versi detikgadget.

Menggabungkan File PDF dengan Software Adobe Acrobat

Adobe acrobat merupakan software besutan adobe yang bisa digunakan untuk mengedit file pdf, salah satunya adalah mengedit untuk menggabungkan file pdf dan juga memisahkan file pdf sesuai dengan keinginan kita. Cara menggabungkan file pdf dengan adobe acrobat adalah sebagai berikut:

  1. Buka Adobe Acrobat. Jika di laptop kalian belum memiliki software Adobe Acrobat, bisa menginstallnya terlebih dahulu.
  2. Klik tombol Create lalu pilih menu Combine Files into a single PDF.
  3. Klik Browse untuk memilih file mana saja yang ingin kalian gabungkan lalu klik OK. Selanjutnya, layar adobe acrobat akan menampilkan isi file pdf yang kalian pilih tadi.
  4. Kalian bisa mengatur ulang letak atau susunan halaman pdf nya dengan menggunakan tombol Remove, Move up, dan Move Down.
  5. Jika urutan atau susunan halaman dokumen penggabungan sudah sesuai dengan keinginan kalian, klik tombol combine files, lalu klik OK.
  6. Tunggu proses penggabungan file pdf nya selesai. Lama atau tidaknya proses penggabungan terhantung dari ukuran file pdfnya. Jika sudah selesai, klik Save As dan namai file pdf baru sesuai keinginan kalian.
  7. Selesai. Kini file pdf sudah berhasil digabung.

Menggabungkan File PDF Dengan Web Online PDF

Cara menggabungkan file pdf yang kedua ini cukup efektif terutama untuk kalian yang tidak mau repot menginstall aplikasi/software di laptop. Syaratnya, kalian hanya perlu terkoneksi dengan internet. Namun cara yang kedua ini hanya kami anjurkan bagi kalian yang memiliki akses internet bagus dan kencang. Karena jika akses internet kalian lamban, proses penggabungan file pdf nantinya akan memakan waktu cukup lama. Langsung saja berikut tutorialnya:

  1. Buka website smallpdf.com lalu pilih menu menggabungkan pdf.

2. Klik tombol Pilih File. Pilihlah file pertama pdf yang akan digabung.

3. File pertama akan diupload terlebih dahulu. Sambil menunggu selesai,  kalian bisa klik tombol Tambah File Lagi yang ada di bagian bawah file yang sudah di upload.

4. Browse file kedua yang akan digabung dan tunggu proses upload dokumennya selesai. Step ke-4 ini bisa dilakukan berulang ya jika kalian ingin menggabungkan lebih dari 2 file.

5. Jika semua file sudah terupload, klik tombol Gabungkan PDF!

6. Tunggu prosesnya selesai. Lama proses penggabungan tergantung dari size file pdf yang kalian upload tadi.

7. Klik tombol download untuk mendowload pdf yang sudah digabung.

Nah, itu tadi 2 cara Menggabungkan file pdf yang paling mudah dan cepat.

demikianlah tips dan trik kali ini untuk anda yang kebingungan bagaimana cara mengedit atau menggabungkan 2 file atau lebih dari file pdf mungkin cara diatas bisa anda lakukan. jangan lupa share atau bookmark website kami detikgadget.com untuk informasi seputar tekno dan gadget setiap harinya..semoga bermanfaat

2 Cara Menggabungkan File PDF Tercepat Dan Termudah | Choerunnisa | 4.5