Cara Mengecilkan Ukuran File PDF Termudah Dan Tercepat

Cara Mengecilkan Ukuran File PDF – E-book berformat PDF merupakan salah satu format file yang paling banyak digunakan oleh orang-orang di seluruh dunia. PDF mampu menyatukan dokumen berupa tulisan, gambar maupun grafik dalam satu file yang isinya tidak bisa sembarangan diubah oleh orang lain. Beberapa contoh penggunaan file pdf adalah biasa digunakan sebagai laporan kerja, laporan tugas sekolah, berbagai e-book bahkan sampai e-novel.

cara mudah mengurangi ukuran file pdf

Untuk kalian terutama para pekerja kantor dan juga pelajar maupun mahasiswa, sudah pasti pernah diminta untuk membuat laporan dan mengirimkannya via email. Nah, sudah pasti juga ada beberapa yang mengalami ukuran file pdf nya terlalu besar sehingga tidak bisa dikirim melalui email. Jangan pusing dan frustasi dulu, karena ada loh cara mengecilkan ukuran file pdf.

Cara mudah Mengecilkan Ukuran File PDF tanpa ribet

Ada beberapa cara mengecilkan ukuran file Pdf yang terlalu besar agar ukurannya menjadi sesuai dengan keinginan kalian. Faktor yang membuat ukuran file pdf kalian menjadi terlalu besar adalah gambar yang ada di dalam file pdf milik kalian. Bisa jadi ada terlalu banyak gambar dalam satu file atau resolusi gambar yang kalian taruh dalam file terlalu besar sehingga membuat ukuran file pdfnya membengkak. Dan berikut ini adalah cara mengecilkan ukuran file pdf yang biesa kalian lakukan.

Menggunakan Software Adobe Acrobat

Pada tutorial sebelumnya, Adobe Acrobat muncul sebagai software terfavorit untuk melakukan berbagai macam pengeditan pada file pdf. Dan kali ini, Adobe acrobat juga bisa digunakan untuk mengecilkan ukuran file pdf. Caranya adalah sebagai berikut:

Buka aplikasi Adobe Acrobat, lalu open file pdf yang ingin kalian kecilkan ukurannya.

Setelah terbuka, klik File >> Save As Other >> Reduced Size PDF.

Setelah itu akan muncul kotak dialog, pilih Retain existing pada pilihan Make compatible with. Setelah itu klik OK.

Pilih lokasi folder yang kalian inginkan untuk menyimpan file PDF yang ukuranya sudah di perkecil. Setelah itu klik Save.

Menggunakan Software Compress File PDF

Cara kedua untuk mengecilkan file pdf adalah dengan menggunakan aplikasi khusus pengompress file pdf yang bisa kalian install terlebih dahulu di laptop/pc kalian. Opsi ini bisa kalian ambil jika kalian terkendala menginstall software adobe acrobat. Dan beberapa pilihan aplikasi/softwarenya adalah:

  1. Nitro PDF
  2. Orpalis PDF Reducer

Cara mengecilkan ukuran file pdf menggunakan Nitro PDF:

1.Buka nitro pdf lalu open file pdf yang ingin kalian reduce ukuran filenya.

2. Klik menu File >> Optimize PDF >> Reduced Size >> Optimize.

3. Tunggu hingga proses kompres selesai. Jika proses compress sudah selesai, akan muncul pop up window yang menampilkan perbandingan ukuran file pdf asli dengan file pdf yang telah dicompress. klik Accept.

4. File yang telah kalian compress akan otomatis terbuka. Berikutnya, klik file >> save untuk menyimpan file tersebut ke lokasi folder yang kalian inginkan.

Cara Mengecilkan Ukuran file pdf menggunakan Orpalis PDF Reducer:

  1. Buka aplikasi orpalis PDF lalu pilih file PDF yang ingin kalian compres dengan cara klik icon titik tiga pada bagian source. 

2. Klik icon titik tiga pada bagian Destination untuk memilih lokasi folder untuk menyimpan file yang telah terkompres nantinya.

3. Klik Start batch untuk memulai proses kompresing,

4. Tunggu hingga proses kompres selesai. Setelah selesai akan muncul Pop Up window yang menunjukan bahwa proses berhasil.

Via Website Online SmallPDF (Tanpa Software)

Cara mengecilkan ukuran file pdf berikutnya lebih mudah dan tak perlu banyak waktu untuk menginstall software di laptop/pc kalian. Tapi syaratnya kalian harus terkoneksi dengan internet yang stabil dengan kecepatan internet yang mumpuni.

  1. Kunjungi situs smallpdf.com, lalu pilih Compress PDF.
  2. Klik Choose file lalu pilih file mana yang ingin kalian perkecil ukurannya.
  3. Tunggu hingga proses kompres selesai. Lama dari proses ini bergantung pada besar kecilnya ukuran file pdf kalian. Maka dari itu kalian harus terkoneksi dengan internet yang stabil agar proses compress file nya tidak terputus di tengah jalan.
  4. Setelah proses compres selesai, klik unduh file sekarang dan pilih lokasi folder yang kalian sukai untuk menyimpan hasil compress file tadi.

Nah itu tadi 3 cara mengecilkan ukuran file pdf yang bisa kalian coba. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian yang membacanya.

Cara Mengecilkan Ukuran File PDF Termudah Dan Tercepat | Choerunnisa | 4.5