Cara Mengatasi Sayangnya Aplikasi Telah Berhenti di HP Android

Cara Mengatasi Sayangnya Aplikasi Telah Berhenti di HP Android Para pengguna android tentunya pernah mengalami masalah yang terjadi di hp android milikinya, mulai dari layar yang sering lag, mati tiba – tiba atau bahkan muncul notifikasi sayangnya aplikasi telah terhenti. Admin sendiri pernah mengalami hal ini. Awalnya pasti bingung ketika hal ini terjadi, apa yang harus kita lakukan. Ternyata untuk masalah ini tidak terlalu serius, kita bisa mengatasinya dengan mudah.

Penyebab error semacam ini biasanya bermasalah di kinerja RAM yang hampir penuh sehingga mengakibatkan aplikasi terhenti paksa. Ketikan kamu mengalami hal ini maka segera kamu cek RAM sudah hampir penuh atau tidak ? jika masih kosong maka di akibatkan oleh hal lainnya. Apa saja yang membuat notifikasi Sayangnya aplikasi telah terhenti ? atau jika settinagn hp android anda masih bahasa Inggris maka akan muncul Unfortunately, Force Closes has stopped. Tidak perlu khawatir kamu pilih saja OK.

Hal yang harus kamu ketahui ketika hal ini terjadi yaitu penyebab utamanya. Apa saja ? Mari kita lihat dibawah ini.

Penyebab Muncul Notifikasi Sayangnya Aplikasi Telah Terhenti di Android

RAM Telah Penuh

Seperti yang telah kita sunggung di atas, apalagi RAM Penuh maka sistem akan menghentikan kinerja aplikasi yang sedang berjalan secara paksa, akibatnya aplikasi yang sedang anda jalankan, misalnya bermain game akan langsung terhenti. Untuk sementara aplikasi tidak bisa di mainkan sebelum ada beberapa aplikasi yang anda hapus. Sebaiknya hapus aplikasi yang sudah tidak kamu gunakan atau aplikasi yang tidak bermanfaat. Sehingga RAM kembali kosong.

Banyak Sampah Yang Tidak di Hapus / File Cache

Biasanya file cache ini di hasilkan dari beberapa aplikasi yang telah anda kunjungi lewat internet, semakin sering anda melakukan hal ini maka cache akan terus menumpuk, akibatkan kinerja RAM semakin berat. Tidak ada cara lain selain menghapus cache / sampah tersebut agar kinerja RAM menjadi ringan.

Download Aplikasi Yang Tidak Mendukung di OS Android Anda

Saat ini banyak sekali aplikasi bermunculan, tidak hanya game, aplikasi sosial media juga terus di update guna memuaskan para pecintanya. Nah, mungkin saja aplikasi yang kamu download tidak support dengan OS android hp kamu, pasalnya untuk aplikasi saat ini banyak yang di rekomedasikan untuk OS Marsmallow, Oreo serta OS lebih tinggi lainnya. Oleh karena itu buat kamu yang masih memiliki OS Android lama segera upgrade ke versi OS saat ini.

Nah, itulah penyebab aplikasi tehenti paksa, lalu bagaimana untuk mengatasinya ? Yuk kita lihat saja dibawah ini.

Cara Mengatasi Sayangnya Aplikasi Telah Berhenti

Lakukan Restart Ulang

Jika hp kamu mengalai hal ini, maka cara yang paling mudah di lakukan adalah restart ulang hp kamu. Silahkan kamu masuk di menu settingan, lalu pilih restart, maka semua aplikasi pada hp akan berjalan seperti biasanya. Agar hal ini tidak terulang lagi, sebaiknya kamu cek RAM kosongkan minimali 200MB sebelum penuh.

Install Ulang Aplikasi

Ada banyak faktor yang membuat aplikasi berhenti paksa, jika setelah kamu coba cara di atas dan hasilnya tetap sama, sebaiknya install ulang aplikasi tersebut, misalnya saja aplikasi Mobile legends, ketikan kamu mainkan berhenti dan selalu seperti itu maka silahkan install ulang aplikasinya.

Hapus Cache / Sampah

Seperti yang telah kita bahas di atas, mengenai caranya silahkan kamu masuk di menu pengaturan, lalu pilih Penyimpanan, lalu pilih pembersihan, dan pilih Tab bersihkan.

Nanti cache akan terhapus secara otomatis, kemudian anda bisa restart HP android anda agar sistem kembali seperti semula dan cache dan junk telah bersih.

Nah, itulah sobat cara mengatasi sayangnya aplikasi telah terhenti, kamu bisa mencoba salah satunya caranya yang telah kami ulas. Semoga bermanfaat.

Cara Mengatasi Sayangnya Aplikasi Telah Berhenti di HP Android | alifajar | 4.5