Kebon Vintage Cars: Surga Pecinta Mobil Klasik di Bali

detikgadget.com – Bali dikenal tidak hanya karena keindahan alam dan budayanya, tetapi juga memiliki daya tarik bagi para pecinta otomotif. Kebon Vintage Cars Bali adalah destinasi yang wajib dikunjungi bagi traveler yang mencintai mobil klasik. Terletak di sebuah garasi besar, tempat ini menampung 190 mobil antik yang menjadi daya tarik tersendiri.

” Baca Juga: Implementasi Sistem Bayar Tol Tanpa Setop Dimulai Oktober 2024 “

Read More

Koleksi Mobil Klasik yang Mengesankan

Kebon Vintage Cars Bali adalah hasil kerja keras Jos Dharmawan, seorang kolektor mobil klasik yang mulai mengoleksi sejak tahun 1996. Awalnya, Jos hanya memiliki sebuah garasi pribadi untuk menyimpan koleksinya. Namun, pandemi Covid-19 memberikan inspirasi untuk mengubah garasi tersebut menjadi sebuah museum yang terbuka untuk umum, sehingga masyarakat bisa menikmati keindahan mobil-mobil klasik tersebut.

Saat ini, Kebon Vintage Cars menampung 190 mobil antik dari total 250 mobil yang dimiliki oleh Jos. Beberapa mobil lainnya masih dalam proses persiapan untuk dipamerkan. Koleksi yang ada di sini sangat beragam, mulai dari Dodge Brothers Spesial Series 116 Four Door tahun 1924, Austin A90 Atlantic tahun 1949-1952, Packard 200 8 Cylinder tahun 1951, Cadillac Fleetwood 75 Limousine tahun 1953, hingga Volvo 960 Limousine tahun 1991.

Mobil Tertua dan Kisah Spesial di Baliknya

Salah satu mobil tertua di Kebon Vintage Cars adalah Ford Model T berwarna biru yang diproduksi tahun 1917. Meskipun sudah berusia 107 tahun, mobil ini masih berfungsi dengan baik dan dapat digunakan. Ini menunjukkan betapa terawatnya koleksi mobil-mobil di sini.

Baca Juga :   Bali: Menjelajahi Wisata di Desa Kesiman Kertalangu

Selain itu, ada juga mobil yang memiliki nilai sejarah khusus, seperti Plymouth Hudson Hornet tahun 1948 yang pernah dimiliki oleh Fatmawati, istri presiden pertama Indonesia, Sukarno. Mobil ini dibeli oleh Jos pada tahun 2006 dengan harga Rp 9 juta. Keberadaan mobil ini menambah daya tarik dan nilai historis dari Kebon Vintage Cars.

Kondisi dan Pemakaian Mobil

Dari 190 mobil yang ada, 50% masih bisa menyala dan sekitar 30% dari total koleksi bisa digunakan untuk berkendara. Mobil-mobil ini tidak hanya dipajang, tetapi juga sering digunakan untuk touring ke berbagai daerah. Namun, sebelum digunakan untuk perjalanan jauh, setiap mobil akan diperiksa untuk memastikan kondisinya aman dan layak jalan.

” Baca Juga: Tragedi Serangan Israel Di Rafah “

Kebon Vintage Cars Bali bukan hanya tempat pameran, tetapi juga surga bagi para kolektor dan pecinta mobil klasik. Bagi traveler yang tertarik dengan otomotif klasik, tempat ini adalah destinasi yang tidak boleh dilewatkan. Tetap patuhi aturan yang berlaku saat mengunjungi tempat ini untuk menjaga kenyamanan bersama.

Related posts