Bali: Menjelajahi Wisata di Desa Kesiman Kertalangu

detikgadget.com – Bali, yang juga dikenal sebagai Pulau Dewata, selalu menjadi destinasi favorit bagi wisatawan yang ingin menghabiskan waktu liburan mereka. Salah satu destinasi yang cocok untuk keluarga dan memberikan pengalaman edukatif adalah Desa Wisata Kesiman Kertalangu. Desa ini tidak hanya menawarkan pemandangan alam yang menakjubkan, tetapi juga menyediakan berbagai kegiatan edukatif dan budaya yang menarik.

” Baca Juga: Pria Gantung Diri di Jalan Gatot Subroto Jakarta Selatan “

Read More

Pesona Desa Wisata Kesiman Kertalangu

Desa Wisata Kesiman Kertalangu, yang juga dikenal sebagai Desa Budaya Kertalangu, menawarkan pengalaman wisata yang unik dengan kawasan persawahan yang luas, mencapai sekitar 80 hektar. Desa ini berada di tengah kota, tetapi masih berhasil mempertahankan dan melestarikan keindahan alamnya. Pemerintahan desa memiliki inisiatif untuk menjadikan area ini sebagai objek wisata yang dikenal dengan nama Wisata Edukasi Subak TeBa Majalangu.

Wisata Edukasi Subak TeBa Majalangu

Wisata Edukasi Subak TeBa Majalangu menjadi daya tarik utama Desa Wisata Kesiman Kertalangu. Di sini, pengunjung, khususnya kelompok pelajar, dapat belajar mengenai sistem irigasi tradisional yang disebut subak, yang merupakan sistem pengairan yang khas di Bali. Pengunjung juga diajarkan berbagai tahapan dalam bercocok tanam padi, mulai dari proses pembibitan, pengolahan lahan, penanaman padi, perawatan tanaman, hingga proses panen.

Tidak hanya fokus pada tanaman, wisata edukasi ini juga memperkenalkan pengunjung pada beberapa hewan ternak seperti sapi, kelinci, dan bebek. Interaksi langsung dengan hewan-hewan ini memberikan pengalaman yang mendidik sekaligus menyenangkan bagi anak-anak dan pelajar.

Baca Juga :   Liburan dengan Pesona Ciremai Land Glamping

Kegiatan Menarik Lainnya di Desa Budaya Kertalangu

Selain wisata edukasi di persawahan, Desa Budaya Kertalangu juga menawarkan berbagai aktivitas lain yang tak kalah menarik. Pengunjung dapat menikmati berbagai kegiatan outbond yang dirancang untuk meningkatkan kerja sama tim dan kemandirian. Selain itu, ada kelas-kelas belajar yang mengajarkan cara membuat canang (sarana upacara yang penting dalam budaya Bali), serta mengenal lebih dalam tentang tanaman organik.

Bagi mereka yang tertarik dengan kuliner, terdapat kelas memasak yang memungkinkan peserta belajar tentang masakan tradisional Bali. Pengalaman ini tidak hanya mendidik, tetapi juga memungkinkan peserta untuk merasakan langsung proses memasak dan menikmati hasil masakan mereka.

Camping dan Wisata Sejarah

Desa Wisata Kesiman Kertalangu juga menyediakan fasilitas untuk camping, yang cocok untuk keluarga atau kelompok yang ingin merasakan pengalaman bermalam di alam terbuka. Selain itu, ada wisata sejarah yang sangat menarik di Museum Subak Mini. Museum ini berisi berbagai peralatan pertanian kuno yang digunakan oleh masyarakat Bali pada masa lalu. Melalui museum ini, pengunjung dapat belajar tentang sejarah pertanian di Bali dan bagaimana subak telah menjadi bagian integral dari budaya Bali selama berabad-abad.

” Baca Juga: Viral Video Remaja Ejek Penderitaan Palestina “

Kesimpulan

Desa Wisata Kesiman Kertalangu di Bali menawarkan lebih dari sekadar pemandangan alam yang indah. Dengan berbagai kegiatan edukatif dan budaya yang ditawarkan. Desa ini memberikan pengalaman yang kaya dan mendidik bagi pengunjung dari segala usia. Baik untuk belajar tentang pertanian tradisional, mengenal hewan ternak, atau menikmati kegiatan outbond dan kuliner, Desa Wisata Kesiman Kertalangu menjadi pilihan yang sempurna untuk liburan keluarga yang bermakna dan menyenangkan.

Baca Juga :   Petualangan Seru Wisata Rainbow Slide di Malang Raya

Related posts