Menikmati Sensasi di Situ Cileunca Pangalengan, Bandung

detikgadget.com – Kabupaten Bandung dikenal memiliki panorama alam yang tak kalah menakjubkan dibandingkan dengan daerah-daerah lainnya di Indonesia. Salah satu wilayah yang terkenal adalah Lembang di Kabupaten Bandung Barat, yang selalu ramai dikunjungi wisatawan saat musim liburan tiba. Namun, tidak hanya Lembang yang menjadi primadona wisatawan, wilayah selatan Bandung juga menawarkan pengalaman liburan yang tak kalah seru dan menarik. Salah satu destinasi wisata yang patut untuk dijajal adalah arung jeram di Situ Cileunca, Pangalengan, Jawa Barat. Aktivitas ini menawarkan sensasi memacu adrenalin yang bisa dinikmati bersama teman atau keluarga.

” Baca Juga: Luke Shaw Optimistis Bisa Tampil untuk Inggris di Euro 2024 “

Read More

Petualangan di Sungai Palayangan

Arung jeram ini berlangsung di Sungai Palayangan, yang menjadi rute utama untuk wisata arung jeram di kawasan Situ Cileunca. Pengalaman berarung jeram dimulai dari beberapa titik yang dikelola oleh penyedia jasa arung jeram yang tersebar di sepanjang Situ Cileunca. Perahu karet berwarna-warni kemudian melaju bergantian menyusuri jalur arung jeram yang dipenuhi tantangan. Perjalanan ini dimulai dengan dua orang pemandu yang bertugas membawa perahu, sementara satu orang lagi bersiap di sepanjang jalur untuk memastikan keselamatan peserta.

Di sepanjang Sungai Palayangan, para peserta dapat menikmati pemandangan yang indah, dengan pepohonan rimbun dan deretan penginapan serta kafe di pinggir sungai. Sensasi petualangan semakin terasa ketika perahu karet meluncur cepat mengikuti arus sungai yang deras, terutama saat air sedang pasang. Jeram-jeram dengan ketinggian bervariasi menambah keseruan dan membuat adrenalin terpacu ketika perahu melintasinya. Suara riuh peserta yang berteriak menambah semarak suasana, terutama ketika tubuh mereka terkena percikan air sungai yang dingin.

Baca Juga :   Liburan dengan Pesona Ciremai Land Glamping

Pengalaman Wisatawan

Anggit Rahmawan, seorang wisatawan asal Cimahi, mengungkapkan bahwa pengalaman arung jeram di Situ Cileunca sangat luar biasa dan menyenangkan. Ia merasa bahwa arus sungai yang deras menambah tingkat ekstrem dari aktivitas ini, menjadikannya pengalaman yang sangat seru dan memacu adrenalin. Meskipun perjalanan yang dilakukan Anggit tidak sempat berhenti untuk istirahat, ia merasa senang karena pengalaman tersebut memberikan sensasi yang berbeda, meskipun melelahkan karena banyak berteriak selama arung jeram.

Miranti Putri, seorang wisatawan lain, juga mengungkapkan kegembiraannya setelah mencoba arung jeram untuk pertama kalinya. Menurutnya, sensasi yang ditawarkan sangat menyenangkan meskipun memerlukan banyak tenaga. Ia menceritakan bahwa perahunya hampir terbalik karena menabrak batu di tengah sungai. Namun, Miranti merasa aman karena mereka menggunakan life vest dan arus sungai meskipun deras tidak terlalu dalam.

Peningkatan Animo Wisatawan

Rangga, salah satu pemandu arung jeram di Situ Cileunca, menyebutkan bahwa minat wisatawan untuk mencoba arung jeram di Sungai Palayangan meningkat pesat belakangan ini. Tidak hanya wisatawan dari wilayah Bandung Raya, tetapi juga dari luar daerah. Saat ini, pengelolaan arung jeram juga lebih tertata sehingga menarik lebih banyak pengunjung. Setiap perahu karet dapat menampung minimal empat orang dengan usia minimal tiga tahun, dan maksimal enam orang. Namun, jumlah tersebut bisa disesuaikan dengan postur tubuh wisatawan untuk menjaga kenyamanan dan keselamatan.

” Baca Juga: Kunjungan ke Workshop Sarop Do Mulana “

Untuk menikmati wisata ekstrem ini, wisatawan cukup membayar antara Rp140 ribu hingga Rp250 ribu per orang. Tarif ini dapat disesuaikan dengan paket yang diinginkan, termasuk fun games dan makanan berat setelah selesai berarung jeram. Dengan pengaturan yang baik dan peralatan keselamatan seperti rompi dan helm, arung jeram di Situ Cileunca menjadi pilihan wisata yang menarik dan menantang bagi para pencari sensasi.

Baca Juga :   Promo Libur di Rivera Outbound Bogor: Tiket Mulai Rp 65.000

Related posts