Aplikasi Android yang bisa melacak dan menemukan Smartphone yang hilang

cara melacak hp android yang hilang

Cara menemukan hp android yang hilang dengan bantuan aplikasi – mungkin anda pernah mengalami kejadian yang buruk terhadap smartphone android kesayangan anda seperti tertinggal disuatu tempat yang mungkin anda lupa meneruhnya  atau malah berpindah tangan seperti dicuri oleh orang . tenang saja karena kali ini kita akan bagikan informasi tips sederhana untuk mengetahui lokasi dimana hp android yang hilang sehingga anda bisa menemukannya hanya dengan aplikasi sederhana bawaan OS android. Simak dan perhatikan langkah langkah sederha untuk mengetahui lokasi dimana HP anda berada atau disembunyikan.berikut caranya.

Sebelumnya anda harus mengetahui dulu apa saja yang harus disiapkan atau diaktifkan seperti mengaktifkan fitur aplikasi dari android yakni google setting.

cara melacak hp yang hilang detikgadget

Jadi jika anda belum mengakaktifkan fitur tersebut bisa dibilang akan sulit menenukan HP android yang hilang tersebut karena untuk menemukan lokasi HP anda membutuhkan sistem yang terhubung langsung dengan GPS di HP anda, nah jadi untuk anda yang belum mengalami hal tersebut dan semoga tidak sampai terjadi, maka mengaktifkan fitur dari google ini sangatlah wajib untuk berjaga jaga jika terjadi hal yang tidak diinginkan.  Perhatikan langkah langkahnya berikut ini

  • Klik aplikasi google setting di smartphone android anda
  • Kemudian masuk kemenu utama dan klik device manager setelah itu pilih atau centang “remote locate this device” serta “allow remote lock and factory reset”
  • Oke setelah pilihan dicentang langkah selanjutnya adalah mengaktifkan GPS samrtphone android anda dan koneksi data pada smatrphone anda harus dalam keadaan ON atau terhubung
  • Setelah selesai langkah langkah diatas, mari kita test dengan menyembunyikan atau membawa HP android tadi ketempat yang jauh atau berbeda untuk memastikan apakah fitur yang tadi sudah diaktifkan atau dicentang berfungdi dengan baik, karena sebelumnya saya sudah mencobanya dan berhasil.

Untuk mencobanya maka harus dibutuhkan device lain seperti PC/laptop atau smartphone android untuk melacak, nah untuk mencobanya kali ini kita akan gunakan Laptop untuk mengetahui atau memonitor lokasi dimana hp android yang sudah disetting tadi, caranya seperti dibawah ini

  • Silahkan klik disini
  • Pada situs tersebut tampilan home page nya akan seperti ini

cara melacak hp yang hilang detikgadget 2

  • Pada langkah awalnya anda harus log in ke akun google yang sama yang anda gunakan pada hp android yang tadi sudah disetting (dan coba dihilangkan untuk dilacak) masukan email dan password akun google (gmail) anda. biasanya akun tersebut anda gunakan untuk mendapatkan aplikasi-aplikasi di google play storevia smartphone anda
  • Setelah masuk ke akun google anda via website, anda akan disuguhkan dengan tampilan pencarian untuk perangkat atau HP anda. biarkan beberapa saat untuk proses pencarian yang sedang berjalan, jika prosesnya belum berhasil coba anda klik tanda GPS seperti yang dilihatkan pada gambar berikut ini.

cara melacak hp yang hilang detikgadget 3

  • Jika prosesnya sudah berhasil maka tampilannya akan seperti dibawah ini yang akan menunjukan lokasi dimana anda meletakkan hp android anda, seperti pada gambar dibawah ini yang coba saya test untuk hp android saya dan coba untuk di search dan akhirnya berhasil.

cara melacak hp yang hilang detikgadget 4

  • Pada photo diatas terdapat warna biru dan tanda panah yang menunjukan lokasinya tepat berada di daerah tempat saya tinggal, dan tanda panah tadi merupakan lokasi atau area coverage untuk GPS di tempat saya.
  • Ada beberapa pilihan untuk mengaktifkan fitur notifikasi atau memberitahukan lokasi dari aplikasi google ini yakni dengan Ringtone, yaitu HP anda akan secara tiba tiba berdering untuk beberapa menit meskipun HP anda dalam silent mode sebelumnya tapi tetap saja akan berdering dengan volume maksimal. Setelah itu ada fitur Lock yang berfungsi untuk mengunci smartphone anda secara permanent sehingga tidak ada yang bisa membukanya. Setelah itu ada juga fitur Hapus yang berfungsi menghilangkan semua data pada HP anda sehingga file file penting seperti photo maupun video serta data lainnya tidak sempat bocor ke pihak lain yang tidak diinginkan.

Nah demikian Tips sederhana untuk menemukan smartphone android anda yang hilang atau untuk berjaga jaga bilamana smartphone kesayangan beserta file dan datanya berpindah kepihak lain, maka anda tinggal menerapkan langkah langkah sederhana seperti diatas. Semoga tips kali ini bermanfaat untuk anda. silahkan simak tips yang lain untuk smartphone android anda pada artikel yang lain di website ini. terima kasih

Aplikasi Android yang bisa melacak dan menemukan Smartphone yang hilang | alifajar | 4.5