Google Tandai Website non HTTPS, Amankan Website dengan Sertifikat SSL!

Saat melakukan pencarian menggunakan Chrome dan mengunjungi website, Anda mungkin sering menemui gambar gembok di bagian URL bar, yang berarti koneksi Anda ke website tersebut aman.

Namun tak jarang juga Anda akan menemukan website dimana terdapat tanda tidak aman pada bagian URL bar. Google tidak menyarankan Anda untuk memasukkan informasi sensitif seperti data diri, password, dan finansial seperti kartu kredit karena bisa saja terjadi kejahatan cyber. Website ditandai tidak aman karena belum dilengkapi dengan HTTPS encryption.

harga SSL di hostinger

Google sudah mendorong website-website tidak aman ini untuk mengamankan website selama beberapa tahun terakhir hingga akhirnya mulai Juli 2018 Google resmi menandai website-website non HTTPS ini sebagai “tidak aman” di URL bar.

Menjaga keamanan website penting dilakukan, apapun jenis websitenya. HTTPS mampu memberikan perlindungan keamanan untuk website dan juga pengguna website. Bahkan beberapa browser juga mewajibkan penggunaan HTTPS.

Menurut Google ada beberapa alasan penting mengapa Anda harus mengamankan website dengan enkripsi HTTPS.

  • HTTPS melindungi website

Penggunaan HTTPS mampu mencegah penyusup website mengganggu segala komunikasi antara website dan browser pengguna website. Penyusup biasanya berusaha memanfaatkan komunikasi yang tidak terjaga ini dan mengelabui pengunjung website untuk memberikan informasi penting dan personal, menginstall malware dan menambahkan iklan di website. Penyusup juga bisa dengan mudah mengeksploitasi semua informasi dan data yang terjadi antara website dan pengunjung seperti cookies, script, HTML, gambar.

  • HTTPS melindungi privasi dan keamanan pengguna website

Banyak sekali yang beranggapan bahwa HTTPS tidak penting terutama jika website tidak melibatkan informasi personal dengan pengguna website. Namun pada kenyataannya penyusup website dapat melihat aktivitas pengunjung website dan menyimpulkan perilaku dan intensi dari pengguna. Penggunaan HTTPs akan mencegah para penyusup memata-matai komunikasi antara pengunjung dan website Anda.

  • Membantu SEO Ranking Website

Website dengan sertifikat SSL memiliki insentif positif karena bisa menaikkan posisi SEO website jika dibandingkan dengan website tanpa sertifikat SSL.

  • Meningkatkan Kepercayaan Pengunjung

Untuk bisa membangun website yang sukses, maka Anda perlu membangun kepercayaan dengan pengunjung website, salah satunya dengan memastikan bahwa koneksi aman dari kejahatan cyber.

Mengamankan Website

Agar bisa mengamankan website, Anda membutuhkan sertifikat SSL yang terinstall secara benar di server.

Sertifikat SSL ini menjamin keamanan koneksi antara pengunjung dan website. SSL (Secure Sockets Layer) adalah standar pengamanan untuk membangun link terenkripsi antara server dan klien seperti web browser atau mail server.

Pada HTTP, semua data antar browser dan website server dikirim menggunakan plain text yang memiliki potensi untuk digunakan oleh pihak-pihak tidak bertanggung jawab. HTTPS hadir menawarkan koneksi yang lebih aman. Dengan SSL informasi sensitif seperti kartu kredit, data personal, dan password bisa dikirim secara aman.

Cara Kerja SSL

Saat Anda ingin mengunjungi suatu website, web browser akan mengecek apakah website memiliki sertifikat SSL/TLS. Jika website memiliki sertifikat tersebut maka akan terjadi proses yang bisa disebut SSL handshake.

Pada proses tersebut, browser Anda akan melakukan pemeriksaan untuk memastikan validitas sertifikat ssl dan website sudah terkonfirmasi. Sertifikat SSL memiliki public key dan private key yang mengurusi enkripsi dan dekripsi.

Klien kemudian mengkonfirmasi bahwa sertifikat valid dan membuat session key, yang akan digunakan disepanjang koneksi. Pada akhir proses SSL handshake, secure connection akan terbangun.

Sertifikat SSL

Sertifikat SSL biasanya disediakan di perusahaan web hosting, sehingga Anda tidak perlu menggunakan pihak lain lagi untuk mengamankan website.

harga SSL di Hostinger

 

Harga sertifikat SSL bisa dibilang cukup murah mengingat keuntungan yang akan Anda rasakan untuk website dan pengguna, jadi tidak ada lagi alasan untuk tidak memasang SSL di website. Hostinger menawarkan dua paket SSL yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan.

Paket Lifetime SSL Security berlaku seumur hidup sehingga Anda tidak perlu melakukan perpanjangan. Anda cukup mengeluarkan sekali di awal, sedangkan Pro SSL Security menawarkan perlindungan website yang bersifat tahunan. Perbedaan lain dari kedua paket sertifikat SSL ini adalah paket lifetime SSL menawarkan level keamanan standar, sedangkan Pro SSL memberikan level keamanan profesional dan memberikan jaminan hingga $10,000.

Tipe SSL mana yang dibutuhkan kembali lagi pada kebutuhan website Anda. Untuk website personal maka paket lifetime SSL sudah lebih dari cukup. Untuk website yang sensitif dengan data sensitif pengunjung website seperti e-commerce maka Pro SSL bisa dijadikan opsi untuk mengamankan website.

demikianlah tips dari kami mengenai SSL dan pengaruhnya terhadap website anda, semoga dengan tips pada artikel ini bisa memberikan wawasan dan manfaat untuk anda.

Google Tandai Website non HTTPS, Amankan Website dengan Sertifikat SSL! | alifajar | 4.5