Cara jitu Mengatasi kartu Memori yang tidak terbaca di HP Android anda

cara mengatasi microSD yang tidak terbaca

Cara paling ampuh memperbaiki kartu memori yang rusak- pada artikel kali ini saya akan coba memberikan beberapa tips untuk memperbaiki kartu memori yang rusak sehingga anda tak perlu lagi membeli kartu memori yang baru, nah sebelum kita memperbaikinya ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu masalah atau penyebab kerusakan pada kartu memori anda. karena sebenarnya kerusakan kartu memori secara fisik jarang terjadi karena menginat bentuknya yang kecil adapun yang memungkinkan menjadi penyebab kerusakan adalah biasanya kartu memori anda terkena suhu tinggi atau terbakar namun hal tersebut jarang terjadi bukan? Maka wajar jika para produsen pembuat kartu memori memberikan garansi seumur hidup untuk memori buatannya.

Mungkin kerusakan lebih sering terjadi pada data atau file yang ada didalam kartu memori tersebut yang bisa dibilang lebih penting dari harga kartu memorinya nah untuk memperbaikinya ada baiknya kita telusuri dulu penyebab rusaknya kartu memori anda, dan beberapa kemungkinan penyebab kerusakan seperti pada point berikut ini :

Sering pasang cabut kartu memori

Ini yang seringkali orang lakukan ketika bergonta ganti hp maupun ketika akan melakukan transfer data dan file pada smartphone dengan perangkat lain padahal dengan menggunakan kabel data pun sudah cukup bisa terbaca di Laptop maupun PC anda. karena dengan sering mencabut kartu memori maka MicroSD anda akan rentan terkena goresan dan error karena sering bergonta ganti device sehingga harus menyesuaikan dengan sistem operasi yang baru ketika di hubungkan pada perangkat lain yang baru.

Terkena cairan atau kotoran

Ketika memegang kartu memori anda terlebih ketika menyentuh bagian element konektor pada kartu memori anda usahakan tangan anda bersih dari kotoran minyak atau yang lainnya serta dalam keadaan kering sehingga ketika dihubungkan dengan perangkat lain pada Card Reader maka kartu memori akan mudah terbaca.

Kesalahan cara mencabut memori

Hal ini sering kali terjadi karena pengguna terburu buru dalam mencabut kartu memori yang terpasang pada hp maupun ketika mencabutnya dari CardReader terlebih anda mecabutnya ketika memori tersebut sedang bekerja mentransfer data, maka kemungkinan kartu memori anda akan korup atau data tidak terbaca. Usahakan ketika akan mencabut memori biarkan terlebih dahulu sekitar 10-20 detik baru anda bisa mencabut kartu memorynya

Terkena Virus

Hal ini disebabkan seringnya aktifitas gonta ganti hp untuk satu memori maupun cardreader yang terhubung dengan laptop/PC sehingga virus yang ada di PC malah tersebar ke memory anda dan menyebabkan kartu memori error maupun tidak terbaca atau malah berdampak pada kinerja hp anda yang menjadi lambat karena ikut terkena virus hasil dari transfer data dengan perangkat yang sudah berisi banyak virus seperti ketika anda menghubungkannya dengan PC di warnet yang cenderung terinfeksi banyak virus.untuk menghindarinya ada baiknya anda jangan mentransfer data di tempat sembarangan ataupun mengunduh file disitus situs yang kurang kredible.

nah jika penyebabnya sudah diketahui maka akan lebih mudah memperbaiki ataupun mengatasinya, ingat memori hanya perangkat kecil yang menyimpan data yang rentan kerusakan ada baiknya anda membackup data atau mengupload file penting anda langsung via google drive maupun media lain seperti harddisk eksternal dll.

 

Cara mengatasi kartu memori yang tidak terbaca

cara pertama

  • Cabut memori dari HP dan pastikan hp sudah dalam keadaan mati sebelumnya
  • Gosoklah lempengan konektor tembaga yang ada pada kartu memori anda dengan menggunakan karet penghapus pensil, gosok dan bersihkan secara pelan pelan dan jangan sampi mengenai menyentuh bagian lempengan tersebut setelah dibersihkan.
  • Coba anda masukan lagi kartu memori kedalam slot memory hp dan coba cek apakah masih belum terbaca atau sudah berfungsi dengan normal.
  • Jika masih belum terdeteksi bisa lakukan cara yang kedua berikut ini

Cara kedua

  • Dimenu samrtphone android anda masuklah ke setting dan pilih storage atau memory klik Erase Sdcard dengan melakukan ini memory anda akan kembali seperti baru dengan resiko semua datanya hilang hal ini mirip seperti memformat USB flashdisk
  • Cek lagi status kartu memori anda apakah sudah terbaca atau masih belum, jika belum coba cara berikut ini

Cara ketiga

  • Dengan menyambungkan smartphone anda ke PC/Laptop dengan kabel data
  • Setelah terhubung pastikan smartphone anda dalam mode mass storage dan bukan mode media transfer, setelah itu pada laptop/PC anda klik window Explorer untuk membuka menu pada my computer kemudian pilih drive kartu memory hp anda klik kanan dan pilih properties kemudian pilih Tools, error Checking dan tunggu hingga selesai kemudian centang saja semua pilihannya seperti pada pada gambar ini.
  • Setelah selesai Eject drive kartu memori dan cabut semua kabel data dan sambungannya
  • Kemudian cek di smartphone anda apakah masih belum terbaca atau sudah terbaca.

Cara Keempat

  • Hampir mirip dengan cara ketiga diatas yakni dengan melakukan tiga langkah pertama seperti cara diatas, jika memang kartu memori anda benar benar bermasalah nampaknya dalam hal ini kartu memori tidak terbaca di hp/smartphone tapi bisa terbaca di laptop anda, maka cara mengatasinya adalah dengan cara sebagai berikut.
  • Buat lah folder backup sebagai tempat penyimpanan sementara dari folder memori yang bermasalah ini untuk berjaga jaga jika memori anda kehilangan data, selagi masi bisa terbaca lebih baik amankan dulu data pentingnya bukan.
  • Setelah isi memori disalin ke folder baru tadi, anda format kartu memori dengan cara format memori seperti biasa yaitu
  • Pilih kartu memori anda dengan kursor kemudian klik kanan dan pilih format
  • Kemudian pilih/centang bagian FAT16 dan klik start format kemudian tunggu hingga selesai
  • Setelah memori terformat coba anda salin lagi data yang sudah backup di folder yang baru anda buat tadi kedalam kartu memori yang sudah anda format.
  • Cek lagi kartu memori anda dengan memasukannya ke slot di hp anda dan lihat apakah masih bermasalah, besar kemungkinan sudah bisa terbaca, jika masih belum terbaca mungkin masalah bukan hanya di kartu memori anda tetapi di slot kartu memori pada hp anda.

Nah demikian tips cara ampuh mengatasi kartu memori yang tidak terbaca pada artikel kali ini , semoga tips diatas bisa memperbaiki kerusakan pada kartu memori anda. semoga bermanfaat.

Cara jitu Mengatasi kartu Memori yang tidak terbaca di HP Android anda | alifajar | 4.5