Cara mengatasi RAM HP android yang cepat penuh

Tips mengatasi masalah RAM Smartphone yang kepenuhan – mungkin anda pernah mengalami dimana saat ketika sedang asyik menggunakan smartphone tiba tiba HP jadi terasa kurang lancar atau istilahnya Lemot. Kinerja HP yang tiba-tiba menjadi lemot tersebut bisa disebabkan banyak faktor mulai dari Kapasitas RAM HP android anda memang kecil dan tidak sanggup melayani banyaknya aplikasi yang berjalan, bisa juga RAM bekerja ektra karena banyaknya aplikasi yang running secara bersamaan sehingga kinerja HP jadi semakin lambat.

Banyak hal yang menyebabkan kinerja HP jadi lambat ataupun RAM HP yang kepenuhan, bisa jadi hal tersebut dikarenakan Internal memory pada HP sudah terlalu penuh dan tinggal tersisa sedikit ruang penyimpanan.padahal idealnya minimal kita harus menyediakan 30% dari kapasitas internal memory untuk dibiarkan kosong agar kinerja HP tetap optimal dan tidak terlalu membebani hardware smartphone dan tentu saja hal tersebut akan berpengaruh pada kinerja yang semakin optimal dan tidak nge lag ketika digunakan memainkan berbagai aplikasi sekaligus.

Pada kesempatan kali Tim Detikgadget.com akan memberikan Tips bagaimana caranya agar RAM pada hp android anda tidak cepat penuh dan tentu saja tips ini sangat mudah diaplikasikan langsung pada smartphone anda.

Tips 1: Uninstall Aplikasi yang Jarang Dipakai

Yap dengan menguninstall tentu saja kapasitas internal memory jadi semakin lega, lalu kenapa harus diUninstall? Ya dikarenakan aplikasi tersebut jarang digunakan dan tentu saja memakan kapasitas memory serta RAM, nah daripada terlalu banyak aplikasi yang tidak penting lebih baik hapus atau uninstall saja aplikasi tersebut.

Cara menguninstall aplikasi tentu saja cukup mudah dengan masuk ke menu setting/pengaturan dan klik apps kemudian  pilih downloaded/unduhan dan pilih aplikasi tadi kamudian clear data dan clear cache sebelum menguninstallnya setelah itu lakukan pencopotan/unistall aplikasi. Dengan mengclear cache atau clear data tentu saja file dan berkas sampah bisa benar benar dibersihkan dari smartphone anda.

Tips ke 2 Install Aplikasi RAM Manager

Mengintall aplikasi tambahan untuk memonitor kinerja RAM memang cukup efektif untuk menghindari kapasitas RAM yang kepenuhan. Dengan menginstall aplikasi RAM manager pada smartphone android anda maka anda bisa menyesuaikan kebutuhan penggunaan RAM dengan settingan yang ada seperti settingan balance untuk penggunaan standar sehari hari atau More Free Memory untuk kapasitas RAM yang lebih lega dan Multitasking mode untuk anda yang sering bergelut dengan berbagai aplikasi sekaligus namun tetap menginginkan performa yang lancar lalu ada pula settingan Hard Gaming yang memang dikhususkan untuk anda yang hobby main game dengan smartphone dan menginginkan performa mantap.

Aplikasi RAM manager ini tersedia dua versi di google playstore yakni versi free dan versi pro yang tentu saja fitur yang paling banyak tersedia ada di aplikasi versi Pro dan juga iklan yang terpasang akan dihilangkan pada aplikasi versi berbayarnya ini.

Tips ke 3 dengan Menginstall Aplikasi Xbooster

Aplikasi yang pada pertama kali kemunculannya dikhususkan untuk para pengguna smartphone sony Xperia ini awalnya dinamai Boost myExperia namun seiiring perkembangannya aplikasi ini akhirnya berkembang menjadi Xbooster dan bisa digunakan dibanyak smartphone berbasis android.

Aplikasi Xbooster ini berfungsi melakukan boosting pada RAM Android sehingga kinerjanya akan lebih lancar dan lebih ringan. Prosedur aplikasi ini mirip dengan Task killer hanya saja optimasi RAM menjadi fitur utama sehingga  kinerja aplikasi Xbooster ini lebih bagus untuk meringankan kerja smartphone yang berimbas pada optimalnya penyerapan daya.

Tips ke 4 hindari penggunaan live wallpaper dan Widget

Mungkin anda salah satu pengguna smartphone yang menginstall aplikasi Live wallpaper pad smartphone anda sehingga tampilan wallpaper pada HP android bisa berubah ubah layaknya animasi yang hidup, namun tahukah anda penggunaan live wallpaper dan juga widget cuaca ataupun news widget dll cukup memakan kapasitas RAM. Karena aplikasi akan terus bekerja meskipun HP sedang standby menjadikan smartphone jadi bekerja ekstra keras. Jadi mulai sekarang batasi penggunaan live walpaper dan juga widget pada smartphone android anda oke.

Tips ke 5 Non aktifkan aplikasi bawaan yang tidak bisa diuninstall

Smartphone android memang sudah dari pabrikannya terinstall aplikasi aplikasi tambahan sebagiai aplikasi pendukung yang biasanya aplikasi tersebut berasal dari google selaku pengembang OS anndroid ataupun  dari pihak vendor smartphone atau istilahnya aplikasi bloatware yang tentu saja ketika akan diuninstall aplikasi tersebut malah tidak bisa dihapus atau diuninstall padahal aplikasi tersebut jarang digunakan.

Untuk menguninstall aplikasi tersebut sebetulnya bisa saja asalkan HP android anda dalam keadaan Rooted namun jika smartphone anda masih dalam keadaan normal tentu saja hal tersebut tidak bisa dilakukan.namun dengan cara menonaktifkannya saja sudah cukup membantu meringankan kinerja RAM serta kapasitas internal memory. Caranya dengan masuk ke menu setting dan klik aplikasi kemudian pilih aplikasi yang dimaksud dan klik tombol uninstall update/copot pembaharuan setelah itu klik pilihan disable. Dengan langkah ini maka aplikasi yang running di belakang layar akan lebih sedikit dan tentu saja kinerja RAM lebih ringan

Tips ke 6 dengan membersihkan cache dan Junk Files secara berkala

Pada smartphone android cache bisa semakin menumpuk seiring penggunaan smartphone itu sendiri makin lama biasanya makin menumpuk junk file tersebut dan jika dibiarkan maka akan membebani internal memory dan RAM sehingga kinerjanya jadi kurang optimal untuk itu lakukan pembersihan secara berkala dan rutin minima sehari sekali.

Untuk membersihkan cache ataupun junkfile dengan mudah anda bisa menguninstallnya dengan bantuan aplikasi pembersih seperti Ccleaner ataupun aplikasi sejenis lainnya yang bisa didownload secara free di google playstore.

 

Cara mengatasi RAM HP android yang cepat penuh | alifajar | 4.5